Topic outline

  • ASSALAMU ALAIKUM WW & SELAMAT PAGI


    Salam Sejahtera untuk kita semua


    Hasil gambar untuk anak berbakat

    Agar anak berbakat yang mempunyai potensi unggul tersebut dapat mengembangkan potensinya dibutuhkan program dan layanan pendidikan secara khusus. Mereka lahir dengan membawa potensi luar biasa yang berarti telah membawa kebermaknaan hidup. Oleh karena itu, tugas pendidikan adalah mengembangkan kebermaknaan tersebut secara optimal sehingga mereka dapat berkiprah dalam memajukan bangsa dan negara.

    Dalam perkuliahan ini, anda akan mengkaji tentang karakteristik dan pendidikan anak berbakat. Secara terperinci mencakup definisi, karakteristik, kebutuhan pendidikan, dan jenis layanan bagi anak berbakat.

    Dosen Pengampu


    Dr. Usman, M.Si
    Zulfitrah, S.Pd., M.Pd

                                          

    • PERTEMUAN KE - 1 KONTRAK KULIAH

    • PERTEMUAN KE - 2 DEFINISI, KARAKTERISTIK, TERMINOLOGI ANAK BERBAKAT


      Salam Sejahtera Untuk Kita Semua


      Pemahaman yang memadai mengenai anak berbakat akan mendukung keberhasilan layanan pendidikan bagi anak-anak tersebut. Pengertian anak berbakat dalam perkembangannya telah mengalami perubahan dari pengertian yang berdasarkan pada pendekatan faktor tunggal (berdasarkan IQ) ke pendekatan yang bersifat multi dimensional (faktor jamak). Faktor tunggal menggunakan kriteria keberbakatan berdasarkan inteligensia yang tinggi; sedangkan faktor jamak menggunakan kriteria keberbakatan tidak semata-mata ditentukan oleh faktor inteligensia, tetapi juga hasil perpaduan atau hasil interaksi dengan lingkungan. Demikian pula dalam memandang tentang karakteristik anak berbakat yang tidak hanya ditinjau dari keberbakatan akademik, tetapi ditinjau pula dalam keberbakatan sosial, emosional, penampilan dan pemeliharaan kesehatan. Dalam kegiatan belajar ini kita akan mengkaji definisi dan karakteristik anak berbakat secara luas. Fokuskan perhatian Anda pada uraian dan latihan sehingga Anda dapat menguasai kemampuan yang diharapkan.

      Penguasaan Anda terhadap materi ini diharapkan akan melancarkan tugas Anda sebab tidak mustahil anak-anak berbakat ini hadir di kelas Anda dan belajar bersama-sama dengan anak biasa (normal). Oleh sebab itu, setelah menyelesaikan modul ini Anda diharapkan dapat menjelaskan: 

        • definisi berbakat; 
        • karakteristik anak berbakat; 
        • kebutuhan pendidikan anak berbakat; 
        • jenis layanan bagi anak berbakat.

      Semangat Belajar Semoga Sukses 😄💪

      • TUGAS PERTEMUAN 2 Assignment
        Restricted Not available unless: You belong to any group
    • PERTEMUAN KE - 3 PENGEMBANGAN KREATIVITAS DAN KEBERBAKATAN

      • Restricted Not available unless: You belong to any group
      • GLOSARIUM PERTEMUAN KE-3 Glossary
        Restricted Not available unless:
        • The activity Label is marked complete
        • You belong to any group
      • UMPAN BALIK Forum
        Restricted Not available unless:
        • The activity Label is marked complete
        • The activity GLOSARIUM PERTEMUAN KE-3 is marked complete
        • You belong to any group
      • TUGAS INDIVIDU TOPIK 3 Assignment
        Restricted Not available unless:
        • The activity Label is marked complete
        • The activity GLOSARIUM PERTEMUAN KE-3 is marked complete
        • The activity UMPAN BALIK is marked complete
    • PERTEMUAN KE - 4 FAKTOR PENDUKUNG DAN PENGHAMBAT PENGEMBANGAN KEBERBAKATAN

                                                                                                       


      KOMPETENSI DAN INDIKATOR pada mata kuliah ini diharapkan mahasiswa dapat memahami konsep dasar pengembangan kreativitas dan keberbakatan, Hubungan kreativitas dan kecerdasan manusia, Faktor pendukung dan penghambat pengembangan kreativitas, Kebutuhan dan startegi anak terhadap aktivitas kreatif, Pengembangan kreativitas melalui menciptakan produk, melalui imajinasi, melalui eksplorasi dan eksperimen, melalui proyek dan bahasa, serta melalui musik dan lagu dan mampu mempraktekkan hasil dari pengembangan kreativitas. 

      • Restricted Not available unless: You belong to any group
      • Ulasan Video saudara Assignment
        Restricted Not available unless:
        • The activity Pahami video yang disajikan, berikan ulasan Saudar... is marked complete
        • You belong to any group
      • TEKA TEKI File
        Restricted Not available unless:
        • The activity Pahami video yang disajikan, berikan ulasan Saudar... is marked complete
        • You belong to any group
    • PERTEMUAN KE - 5: LINGKUNGAN YANG MERANGSANG PERKEMBANGAN BAKAT & KREATIVITAS ANAK

      .

      Fokus topik pertemuan 5 ini adalah tentang Lingkungan yang merangsang perkembangan bakat & kreativitas anak. Konteks lingkungan perkembangan mengacu pada teori Bronfenbrenner dlm Ecological Psychology yang melukiskan lingkungan perkembangan anak dengan istilah Konteks yang memiliki level, yaitu lingkungansebagai suatu sistem dari tempat tinggal, mulai dari interaksi yang langsung dengan orang lain sampai pada hal-hal yang bersifat umum, yang kesemuanya melibatkan sistem-sistem kepercayaan kultural. Selain itu, topik 5 ini juga berisi tentang peran orang tua, guru & masyarakat serta kerjasama diantara ketiganya dalam memupuk bakat & kreativitas anak.

       

      • GLOSARIUM PERTEMUAN KE-5 KLS 2B Glossary
        Restricted Not available unless: The activity Label is marked complete
      • UMPAN BALIK KLS 2B Forum
        Restricted Not available unless:
        • The activity Label is marked complete
        • The activity GLOSARIUM PERTEMUAN KE-5 KLS 2B is marked complete
      • TUGAS PERTEMUAN KE-5 (CHAPTER REPORT) Assignment
        Restricted Not available unless:
        • The activity Label is marked complete
        • The activity GLOSARIUM PERTEMUAN KE-5 KLS 2B is marked complete
        • The activity UMPAN BALIK KLS 2B is marked complete
    • PERTEMUAN KE - 6: KONSEP KREATIVITAS KEBERBAKATAN

      .

      .


      Fokus topik pertemuan ini adalah tentang konsep Kreativitas keberbakatan yang berisi tentang definisi kreativitas dalam beberapa perpektif ahli, ciri berpikir kreatif, kreatifivitas dalam perspektif Neurosains, strategi penelitian kreativitas serta konsep kreativitas keberbakatan dalam perspektif Clark & Renzullli

      • UMPAN BALIK Forum
        Restricted Not available unless: The activity Label is marked complete
      • GLOSARIUM PERTEMUAN 6 (KLS 02) Glossary
        Restricted Not available unless:
        • The activity Label is marked complete
        • The activity UMPAN BALIK is marked complete
      • TUGAS INDIVIDU PERTEMUAN 6 Assignment
        Restricted Not available unless:
        • The activity Label is marked complete
        • The activity UMPAN BALIK is marked complete
        • The activity GLOSARIUM PERTEMUAN 6 (KLS 02) is marked complete
    • PERTEMUAN KE - 7: KURIKULUM BERDIFERENSIASI UNTUK SISWA BERBAKAT

      Kurikulum secara umum mencakup semua pengalaman yang diperoleh siswa di sekolah, di rumah, dan di dalam masyarakat dan yang membantunya mewujudkan potensi-potensinya.  jika kurikulum umum bertujuan untuk dapat memenuhi kebutuhan pendidikan anak-anak pada umumnya, maka kurikulum berdiferensiasi merupakan jawaban terhadap perbedaan dalam minat dan kemampuan anak didik (Utami Maanandar, 1992).  Untuk melayani kebutuhan pendidikan anak berbakat perlu diusahakan pendidikan yang berdiferensiasi, yaitu yang memberi  pengalaman  pendidikan  yang disesuaikan dengan minat dan kemampuan intelektual siswa (Ward, 1980). Satu hal yang tidak boleh dilupakan Iyalah  keberbakatan tidak akan muncul apabila kegiatan belajar terlalu mudah dan tidak mengandung tantangan bagi anak berbakat sehingga kemampuan mereka yang unggul tidak akan tampil (Stanley,  di di kutip Utami Munandar,1992). 



    • PERTEMUAN KE - 9: MODEL BELAJAR MENGAJAR KREATIF

      • TUGAS PERTEMUAN 9 KLS 02 Assignment
        Restricted Not available unless:
        • The activity Label is marked complete
        • The activity Label is marked complete
        • The activity Label is marked complete
    • PERTEMUAN KE - 10: BERPIKIR & PEMECAHAN MASALAH SECARA KREATIF

      .Masalah adalah pertanyaan yang tidak bisa dijawab dengan segera. Masalah seringkali terbuka, paradoks dan terkadang tidak dapat dipecahkan, dan membutuhkan investigasi sebelum seseorang mendekati solusi. Masalah sering juga diartikan sebagai kesenjangan (discrepancy) antara kenyataan/fakta dengan harapan/yang seharusnya. Oleh karena itu umumnya masalah disadari "ada" saat seorang menyadari keadaan yang ia hadapi tidak sesuai dengan keadaan yang diinginkan/diharapkan.

      • Glosarium Pertemuan ke-10 Glossary
        Restricted Not available unless: The activity Label is marked complete
      • UMPAN-BALIK PERTEMUAN 10 Forum
        Restricted Not available unless:
        • The activity Label is marked complete
        • The activity Glosarium Pertemuan ke-10 is marked complete
      • TUGAS PERTEMUAN KE-10 Assignment
        Restricted Not available unless:
        • The activity Label is marked complete
        • The activity Glosarium Pertemuan ke-10 is marked complete
        • The activity UMPAN-BALIK PERTEMUAN 10 is marked complete
    • PERTEMUAN KE - 11: KENDALA DALAM PENGEMBANGAN KREATIVITAS

      • GLOSARIUM PERTEMUAN 11 Glossary
        Restricted Not available unless: The activity Label is marked complete
      • UMPAN-BALIK PERTEMUAN 11 KHUSUS UNTUK KLS 02 Forum
        Restricted Not available unless:
        • The activity Label is marked complete
        • The activity GLOSARIUM PERTEMUAN 11 is marked complete
      • TUGAS RESUME MATERI PERTEMUAN 11 Assignment
        Restricted Not available unless:
        • The activity Label is marked complete
        • The activity GLOSARIUM PERTEMUAN 11 is marked complete
        • The activity UMPAN-BALIK PERTEMUAN 11 KHUSUS UNTUK KLS 02 is marked complete
    • PERTEMUAN KE - 12: KEMAMPUAN OTAK BERBAKAT (THE GIFTED BRAIN)

      • TUGAS RESUME MATERI PERTEMUAN 12 Assignment
        Restricted Not available unless: The activity Label is marked complete
    • PERTEMUAN KE - 13: KECERDASAN JAMAK & PROSES INFORMASI MANUSIA

      • TUGAS RESUME PERTEMUAN 13 Assignment
        Restricted Not available unless: The activity Label is marked complete
    • PERTEMUAN KE - 14: MENGINTEGRASIKAN PROSES BERPIKIR TINGKAT TINGGI DALAM PROSES PEMBELAJARAN (Higher Order Thinking Skills/HOTS)

    • PERTEMUAN KE - 15: ANAK BERBAKAT KREATIF BERPRESTASI KURANG & KEBUTUHAN BIMBINGAN KONSELING

      • GLOSARIUM PERTEMUAN 15 Glossary
        Restricted Not available unless: The activity Label is marked complete
      • TUGAS RESUME MATERI PERTEMUAN 15 Assignment
        Restricted Not available unless:
        • The activity Label is marked complete
        • The activity GLOSARIUM PERTEMUAN 15 is marked complete
    • UAS: ANALISIS ARTIKEL