Topic outline

  • Profil Mata Kuliah

    Assalamu'alaikum wr. wb.

    Selamat datang teman-teman semua di sistem e-learning mata kuliah Mikroteknik. Semoga teman-teman semua senantiasa dalam keadaan sehat wal'afiat sehingga dapat mengikuti perkuliahan ini dengan baik. Aaamiiin.

    Mata kuliah Mikroteknik merupakan salah satu mata kuliah yang wajib diambil teman-teman semua pada semester kelima ini.


    Mata kuliah ini memiliki kode BIO5026 serta beban 3 SKS dengan rincian 2 SKS teori dan 1 SKS praktikum. Forum pada LMS ini hanya untuk materi teori saja, sedangkan materi praktikum terpisah pada forum lain.

    Dosen pengampu mata kuliah ini adalah:
    1. Arif Bimantara, S.Pi., M.Biotech.
    2. Nosa Septiana Anindita, S.Pt., M.Biotech.
    3. Sharfina Mutia Syarifah, B.Sc., M.Eng.

    Semoga mata kuliah ini bermanfaat bagi teman-teman semua sebagai bekal ilmu yang mendukung pemenuhan kompetensi Sarjana Bioteknologi.
    Selamat mengikuti perkuliahan!

    Wassalamu'alaikum wr. wb.
    Penanggungjawab Mata Kuliah Mikroteknik
    Arif Bimantara, S.Pi., M.Biotech.

  • PERTEMUAN 1 KONTRAK PERKULIAHAN DAN RUANG LINGKUP MIKROTEKNIK

    Bismillah Kaligrafi Islam Stiker Dinding Vinyl Seni Decal Vinyl Arab Stiker  Dinding untuk Dekorasi Dinding Rumah Removable Wallpaper 220|Wall Stickers|  - AliExpressAssalamu'alaikum wr. wb.

    Selamat pagi, salam sejahtera untuk kita semua. Alhamdulillahirabbil'alamin, kita dipertemukan kembali dalam forum perkuliahan di Semester Gasal, lebih tepatnya di semester 5, pada mata kuliah Mikroteknik. Shalawat serta salam semoga selalu tercurahkan kepada junjungan kita Nabi Muhammad SAW, kepada keluarga, sahabat serta pengikut-pengikutnya, dan semoga kita semua mendapatkan syafaat beliau kelak di Yaumul Akhir, Aaamiin.

    Pada pertemuan pertama ini, teman-teman akan mendapatkan informasi mengenai teknis perkuliahan mikroteknik, bersama-sama menyepakati kontrak perkuliahan dan memahami ruang lingkup dari mikroteknik.

    Semoga perkuliahan mikroteknik ini dapat berjalan lancar tanpa ada kendala suatu apapun. Semoga teman-teman sehat dan semangat selalu ya.

    Aamiin,

    Wassalamu'alaikum wr. wb.


  • PERTEMUAN 2. SAINS MIKROTEKNIK DALAM ISLAM

    Arti Bismillahirrahmanirrahim, Pahami Keistimewaan dan Manfaatnya  Sehari-Hari - Hot Liputan6.com

    Assalamualaikum wr wb

    Selamat datang kembali di perkuliahan mikroteknik pertemuan kedua ya teman-teman semua. Setiap ilmu sejatinya diciptakan untuk melahirkan kebaikan. Hal tersebut mengindikasikan bahwa sebenarnya apabila semua ilmu yang ada di dunia ini dijalankan sesuai dengan fitrah ilmu tersebut diciptakan, maka dunia ini akan jauh lebih baik, menjadi dunia yang benar-benar aman, damai dan tenteram. Akan tetapi nampaknya beberapa oknum masih memanfaatkan ilmu tanpa didasari pemahaman yang baik mengenai jati diri ilmu yang sesungguhnya sesuai dengan kehendak Sang Pencipta. Hal ini umumnya dikarenakan oknum tersebut belum memahami betul keterkaitan antara ilmu dengan ajaran agama.

    Semua agama tentunya mengajarkan hal yang baik kepada para pengikutnya. Pada pertemuan kali ini kita akan menggali lebih dalam mengenai keterkaitan ilmu mikroteknik dengan ajaran agama Islam. Semua ilmu tentunya memiliki perspektif dari sudut pandang hadits dan Al Quran. Nah kita akan mencoba bersama-sama memahami bagaimana sejatiya ilmu mikroteknik apabila dikatikan dengan kedua sumber utama ajaran Islam tersebut.

    Untuk memperdalam pemahaman tersebut, pada pertemuan ini akan saya berikan gambaran mengenai keterkaitan mikroteknik dengan ajaran Islam secara umum, kemudian teman-teman akan saya berikan tugas untuk mengeksplorasi analisis teman-teman ya.

    SELAMAT BELAJAR!!!

    Wassalamu'alaikum wr wb

    9+ Meme Mager yang Bikin Kamu Makin Semangat buat Nggak ke Mana-Mana. Eits,  Jangan Baca di Hari Senin!

  • PERTEMUAN 3. PERSIAPAN SAMPEL: FIKSASI DAN FIKSATIF

  • PERTEMUAN 4. PREPARAT WHOLE MOUNT

  • PERTEMUAN 5. PREPARAT SMEAR

  • PERTEMUAN 6. PREPARAT MASERASI

  • PERTEMUAN 7. PREPARAT MASERASI DAN POLEN

    Assalamu'alaikum wr.wb.

    Selamat datang di Pertemuan 7&8 - MK Mikroteknik

    Forum "Diskusi" - di sini teman-teman bisa meninggalkan komentar dan pertanyaan mengenai teori yang saya sampaikan.

    Wassalamu'alaikum wr.wb.


    Selamat mengikuti pertemuan ke-7&8 kuliah E-learning Mikroteknik. Untuk fokus pada hari ini adalah tentang
    preparat maserasi dan polen.

  • UJIAN TENGAH SEMESTER TAHUN AJARAN 2022/2023

    Assalamu'alaikum wr. wb.

    Akhirnya tiba juga di Ujian Tengah Semester (UTS).
    UTS kali ini berisifat OPEN BOOK!
    Akan tetapi perlu diingat, ujian ini bersifat individual, sehingga dilarang bekerjasama/membagikan jawaban/berdiskusi dengan teman yang lain.
    Terimakasih

    Wassalamu'alaikum wr. wb.