Deskripsi Perkuliahan

Webinar concept illustration

Teknis dan Kontrak Perkuliahan

Pada bagian ini kita akan menyepakati bersama teknis dan kontrak perkuliahan Mikroteknik untuk tahun ajaran 2022/2023.  Sebelum masuk ke dalam hal tersebut, mari kita bermuhasabah diri, merenungkan kembali apa niat kita saat ini ketika mengikuti perkuliahan di semester ini. Mari kita memikirkan kembali kenapa kita perlu bersusah payah menuntut ilmu.

Pada sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Ahmad, Rasulullah SAW bersabda bahwa ilmu merupakan suatu bekal utama apabila kita ingin menggenggam dunia sekaligus tidak melupakan akhirat, dan sebaliknya. Ilmu apapun apabila dilandasi dengan pondasi agama yang kuat akan memberikan banyak keberkahan bagi pemiliknya. Keberkahan terebut adalah memiliki kehidupan yang tenteram di dunia maupun di akhirat kelak. Teman-teman ketika mengikuti perkuliahan ini diharapkan memiliki niat yang lurus dalam menuntut ilmu karena Allah SWT, karena ilmu yang teman-teman dapatkan bisa jadi akan menolong teman-teman kelak di dunia maupun di akhirat nanti.

Perkuliahan mikroteknik ini akan diampu oleh 3 dosen yaitu Bapak Arif Bimantara, M.Biotech selaku Penanggung Jawab (PJ) mata kuliah, dengan team teaching Ibu Nosa Septiana Anindita, M.Biotech. dan Ibu Sahrfina Mutia Syarifah, M.Eng.Tech.Bio. Pembagian materi dan jadwal dapat teman-teman lihat pada Timeline dan RPS yang diupload sebagai lampiran pertemuan ini.

KONTRAK PERKULIAHAN

Kontrak perkuliahan ini terdiri dari proporsi penilaian dan peraturan atau tata tertib perkuliahan. Untuk proporsi penilaian yang ditawarkan kepada teman-teman adalah sebagai berikut :

  • Tugas 25%
  • Praktikum 25%
  • UTS 25%
  • UAS 25%

Jika teman-teman ada usulan perubahan proporsi penilaian silahkan disampaikan pada forum bagian Diskusi.

Kemudian untuk tata tertib perkuliahan adalah sebagai berikut :

  1. Perkuliahan melalui LENSA UNISA untuk memfasilitasi peserta MBKM, akan ada video penyampaian materi perkuliahan untuk beberapa pertemuan.
  2. Silahkan ditunjuk penanggungjawab kelas angkatan 2019 dan 2020, dan sampaikan kepada dosen PJ MK (Bapak Arif Bimantara) untuk emudahkan komunikasi selama perkuliahan.
  3. Presensi melalui QR Code dibantu oleh Dosen Pengampu, mahasiswa yang tidak melakukan presensi di sistem LENSA UNISA dianggap tidak hadir.
  4. Tugas wajib mengumpulkan (jika ada kendala wajib menyampaikan kepada Dosen PJ MK atau Dosen Pengampu)
  5. PJ Mahasiswa mengganti jadwal di SIM Jadwal apabila terjadi pergantian jadwal

File kontrak perkuliahan bisa teman-teman akses dengan klik gambar di bawah ini:

Signing a contract concept illustration

Jika teman-teman ada usulan perubahan tata tertib silahkan disampaikan pada forum bagian Diskusi.

Demikian teknis dan kontrak penilaian perkuliahan mikroteknik selama satu semester ini.

"thank you" in different languages background


Last modified: Thursday, 1 December 2022, 10:52 AM