Topic outline
KONSEP DASAR INOVASI PEMBELAJARAN
Konsep Dasar Inovasi Pembelajaran
Tujuan Pembelajaran
Setelah mengikuti perkuliahan, mahasiswa diharapkan mampu menjelaskan konsep dasar inovasi dalam pembelajaran
Materi Ajar
Video Pembelajaran
PEMBELAJARAN ABAD 21
PEMBELAJARAN ABAD 21
Tujuan Pembelajaran
Setelah mengikuti perkuliahan, mahasiswa diharapkan mampu;
-
Menjelaskan karakteristik pembelajaran abad 21
-
Membedakan beberapa keterampilan yang diperlukan dalam pembelajaran abad 21
-
Menjelaskan kualitas karakter yang diperlukan dalam pembelajaran
Materi Ajar
Silahkan baca meteri berikut ini;
Video PembelajaranUntuk memahami kompetensi literasi dalam pembelajaran abad 21, silahkan simak video berikut;
Untuk memahami mengenai kompetensi 4Cs, silahkan simak video berikut;-
Tuliskan tiga istilah yang berhubungan dengan Pembelajaran abad 21
LITERASI SAINS
LITERASI SAINS
TUJUAN PEMBELAJARAN
1. Menjelaskan pendekatan literasi sains dalam pembelajaran
2. Merancang pembelajaran pendekatan literasi sains
MATERI AJARBaca dan pahamilah materi berikut ini;
VIDEOSimaklah video berikut ini;
Tuliskan tiga istilah yang berhubungan dengan literasi sains
1. Tentukan satu Kompetensi Dasar pada KI.3 Kuirikulu 13.
Buatlah skenario pembelajaran pada KD yang dipilih dengan menggunakan pendekatan literasi sains.
Skenario pembelajaran harus menunjukkan aktivitas guru dan aktivitas siswa.
2. Buatlah 3 soal pilihan ganda berorientasi literasi sains sesuai dengan KD yang telah dipilih
SOCIOSCIENTIFIC ISSUE BASED INSTRUCTION
SOCIOSCIENTIFIC ISSUE BASED INSTRUCTION
TUJUAN PEMBELAJARAN
-
Menjelaskan socioscientific issue based instruction (CPMK-4)
-
Merancang socioscientifc issue bases instruction (CPMK-4)
MATERI AJAR
Baca dan pahamilah materi tentang socioscientifc issue bases instruction berikut;
VIDEO
Simaklah video tentang implikasi socioscientifc issue bases instruction dalam pembelajaran berikut;
-
Tuliskan tiga istilah yang berhubungan dengan SSI, lengkap dengan deskripsinya.
Tentukan satu Kompetensi Dasar pada KI.3 Kuirikulu 13.
Buatlah skenario pembelajaran pada KD yang dipilih dengan menggunakan pendekatan SSI.
Skenario pembelajaran harus menunjukkan aktivitas guru dan aktivitas siswa serta melampirkan issues dan panduan pengerjaannya.
PEMBELAJARAN DIGITAL
PEMBELAJARAN DIGITAL
TUJUAN PEMBELAJARAN
-
Ketepatan menjelaskan pembelajaran digital
-
Ketepatan rancangan e-learning
-
Ketepatan menjelaskan blended/hybr id learning
-
Ketepatan rancangan pembelajaran digital
-
Ketepatan penerapan pembelajaran digital
MATERI
a. E-Learning
b. Blended Learning
VIDEO
a. E-Learning
b. Blended Learning
-
Tuliskan tiga istilah yang berhubungan dengan pembelajaran digital, lengkap dengan deskripsinya.
BRAIN BASED INSTRUCTION
NEUROSAINS/ BRAIN BASED INSTRUCTION
TUJUAN PEMBELAJARAN
-
Menjelaskan brain based instruction/neurosains (CPMK-6)
-
Merancang brain based instruction/neurosains (CPMK-6
MATERI AJAR
Baca dan pahamilah materi berikut;
VIDEO
Simaklah video berikut;
-
Tuliskan tiga istilah yang berhubungan dengan brain based instruction, lengkap dengan deskripsisnya.
STEAM
PEMBELAJARAN BERBASIS STEAM
TUJUAN PEMBELAJARAN
-
Menjelaskan pembelajaran STEAM
-
Merancang pembelajaran STEAM
MATERI AJAR
Baca dan pahamilah materi berikut;
VIDEO
Simaklah video berikut;
-
Tuliskan tiga istilah yang berhubungan dengan STEAM, lengkap dengan deskripsinya
Tentukan satu Kompetensi Dasar pada KI.3 Kuirikulum 13.
Buatlah skenario pembelajaran pada KD yang dipilih dengan menggunakan pembelajaran berbasis STEAM.
Skenario pembelajaran harus menunjukkan aktivitas guru dan aktivitas siswa serta menyusun LKPD berbasis STEAM.
MEDIA 2 DIMENSI
MEDIA DUA DIMENSI
TUJUAN PEMBELAJARAN
1. Menjelaskan karakteristik media 2 dimensi (CPMK-8)
2. Menjelaskan karakteristik media 3 dimensi (CPMK-8)
3. Membuat media pembelajaran 2 dan 3 dimensi (CPMK-8)
MATERI AJAR
VIDEO PEMBELAJARAN
MEDIA 3 DIMENSI
MEDIA TIGA DIMENSI
TUJUAN PEMBELAJARAN
1. Menjelaskan karakteristik media 3 dimensi (CPMK-8)
3. Membuat media pembelajaran 3 dimensi (CPMK-8)
MATERI AJAR
VIDEO PEMBELAJARAN
ASESMEN ABAD 21
ASESMEN ABAD 21
TUJUAN PEMBELAJARAN
1. Menjelaskan pengertian asesmen keterampilan abad 21 (CPMK-9)
2. Menyusun asesmen keterampilan abad 21 (keterampilan berpikir kritis, keterampilan berpikir kreatif, (CPMK-9)
3. Menjelaskan pengertian asesmen online (CPMK-10
4. Merancang asesmen online (CPMK-10)
MATERI AJAR
VIDEO PEMBELAJARAN
ASESMEN ONLINE
ASESMEN ONLINE
TUJUAN PEMBELAJARAN
1. Menjelaskan pengertian asesmen online (CPMK-10
2. Merancang asesmen online (CPMK-10)
MATERI AJAR
VIDEO PEMBELAJARAN
PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN INOVATIF DENGAN PENDEKATAN GOLDEN CIRCLE
GOLDEN CIRCLE
TUJUAN PEMBELAJARAN
Setelah mengikuti perkuliahan, mahasiswa diharapkan mampu mendesain pembelajaran inovatif dengan metode Golden Circle dan Pendekatan LSLC (CPMK-11)
MATERI AJAR
VIDEO PEMBELAJARAN
PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN INOVATIF DENGAN PENDEKATAN LESSON STUDY
LESSON STUDY
TUJUAN PEMBELAJARAN
Setelah mengikuti perkuliahan, mahasiswa diharapkan mampu mendesain pembelajaran inovatif dengan Pendekatan LSLC (CPMK-11)
MATERI AJAR
VIDEO PRESENTASI
PROJECT PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN INOVATIF
Sebagai tugas akhir mata kuliah ini, mahasiswa diharapkan mampu mengembangkan pembelajaran inovatif sesuai dengan permasalahan yang dihadapi peserta didik. Kegiatan project dikerjakan secara berkelompok (sesuai dengan kelompok sebelumnya) Berikut beberapa poin penting yang harus kalian lakukan untuk menyelesaikan project ini.
1. Tentukan satu sekolah sebagai tempat observasi analisis kesulitan dan kebutuhan belajar peserta didik
2. Buatlah angket analisis kesulitan dan analisis kebutuhan yang berhubungan dengan inovasi pembelajaran
3. Observasi kesulitan dan kebutuhan belajar dengan menggunakan angket yang telah dikembangkan
4. Analisis hasil observasi, tentukan permasalahan yang akan diselesaikan (harus berhubungan dengan inovasi pembelajaran)
5. Rancanglah pembelajaran inovatif sesuai dengan permasalahan yang akan anda selesaikan
6. Buatlah artikel literatur review sesuai dengan rancangan anda
Catatan:
1. Project dilaksanakan selama dua pekan
2. Setiap hari perkembangan project akan dipantau melalui WA grup
3. Hasil project akan dipresentasikan pada akhir perkuliahan semester ini