PROFIL MATAKULIAH & TEMPAT ABSEN
Assalamualaikum Wr. Wb.
Selamat datang para mahasiswa/i yang saya banggakan.
Dimanapun berada, semoga selalu dalam keadaan sehat dan dalam Lindungan Allah SWT.
Selamat datang di Mata kuliah Organisasi dan Arsitektur Komputer dengan Daring SPADA (Sistem Pembelajaran Daring).
Perkenalkan saya Arif Hidayat, S.T., M.Kom dari Prodi S1 Ilmu Komputer di Universitas Muhammadiyah Metro dan saya Muhammad Rizkillah, S.T., M.Eng dari Prodi Sistem dan Teknologi Informasi Universitas Muhammadiyah Mataram.
Mata kuliah Organisasi dan Arsitektur Komputer ini merupakan salah satu implementasi Pembelajaran Daring Kolaboratif (PDK).
Selamat mengikuti perkuliahan ini dengan baik,
Tetap setia pada proses dan tetap semangat !!
Wassalamu'alaikum Wr. Wb.
Dosen Pengampu
Arif Hidayat, S.T., M.Kom & Muhammad Rizkillah, S.T., M.Eng
Capaian Pembelajaran yang diharapkan dalam MK Daring Organisasi dan Arsitektur Komputer dalam SPADA (Sistem Pembelajaran Daring ) ini adalah:
- Pendahuluan
- Pengantar Organisasi & Arsitektur Komputer
- Hubungan Manusia dan Komputer
- Bilangan Biner & Gerbang logika (penjelasan gerbang logika & dsch2)
- Memahami Aritmatika
- Arsitektur Teknologi Jaringan Komputer
- Evalusi Kuis 1
- Ujian Tengah Semester (UTS)
- Memahami Sistem Operasi Komputer
- Alat Penyimpanan Data (Fisik, Cloud)
- Evalusi Kuis 2
- Memahami Teknik Recovery Data
- Review Jurnal Organisasi & Arsitektur Komputer
- Arsitektur teknologi virtualisasi
- Evaluasi Tugas Project & Laporan
- Ujian Akhir Semester (UAS)
Organisasi dan Arsitektur Komputer merupakan mata kuliah yang mengajarkan mahasiswa memahami organ perangkat keras komputer yang meliputi Input/Output, penyimpanan data serta implementasinya. Melalui mata kuliah ini mahasiwa dapat menjelaskan tentang pemahaman konsep Pengantar Organisasi & Arsitektur Komputer, Hubungan Manusia dan Komputer (Pengguna Dan Komputer, Karakteristik Utama Komputer, Pengenalan Hardware Dan Sofware, Perancangan Arsitektur), Bilangan Biner Dan Gerbang Logika (Penjelasan Gerbang & DSCH2), Aritmatika, Arsitektur Teknologi Jaringan Komputer, Sistem Operasi Komputer, Alat Penyimpanan Data (Fisik, Cloud), Model Recovery Data, Arsitektur Teknologi Virtualisasi
Secara garis besar, peta program pembelajaran yang akan kita lakukan adalah berdasarkan sesuai urutan dan dapat seperti gambar yang diatas:
Perkuliahan Organisasi dan Arsitektur Komputer dalam semester ini terlihat pada peta program perkuliahan, terdiri dari beberapa tahapan penyampaian materi pembelajaran yang dilakukan, baik dari sisi materi yang bertahap serta assesment yang dilakukan seperti, tugas/ quis, UTS maupun UAS.
Struktur Pelaksanaan Perkuliahan matakuliah Organisasi dan Arsitektur ini, diharapkan seluruh peserta didik dapat menyelesaikan mata kuliah ini dalam kurun waktu antara +- 4 bulan (1 Semester). Adapun struktur pelaksanannya adalah sebagai berikut:
- Peserta didik diwajibkan membaca setiap materi dan konten yang diberikan per pokok bahasan, yang diikuti dengan secara aktif berpartisipasi serta dapat mengerjaan kuis yang telah tersedia.
- Peserta didik dapat mengikuti UTS dan UAS dengan waktu yang telah ditentukan.
- Semua bentuk aktivitas selama perkuliahan harus terdata di LMS ini.
Dalam mengikuti perkuliahan ini, para mahasiswa harus mengadopsi paradigma dan mekanisme pembelajaran dengan prinsip-prinsip utama sebagai berikut:
Mahasiswa diharapkan untuk aktif melakukan proses pembelajaran mandiri melalui beraneka ragam cara yang tersedia dan memungkinkan, yaitu: (a) menggunakan referensi yang tersedia; (b) memanfaatkan berbagai sumber yang dapat diakses via internet; (c) melakukan komunikasi intensif antar sesama mahasiswa; (d) mengerjakan seluruh latihan dan tugas-tugas yang diberikan; (e) menghadiri sesi temu daring dengan dosen pengampu mata kuliah; dan (f) mengikuti ujian terjadwal yang telah ditetapkan. Paradigma pembelajaran daring adalah aktif dan mandiri, dimana keberhasilan mahasiswa akan ditentukan oleh intensitas pembelajaran yang dilakukannya sendiri, bukan bergantung pada pihak lain sebagaimana model perkuliahan konvensional berbasis tatap muka.
Mengingat bahwa capaian pembelajaran mahasiswa (standar kompetensi kelulusan) peserta program pendidikan jarak jauh harus sama dengan model pembelajaran berbasis tatap muka, maka model evaluasi atau penilaiannya akan jauh lebih ketat dan bersifat multi dimensi. Dalam penyelenggaraan matakuliah ini, dosen pengampu menilai mahasiswa dengan menggunakan berbagai instrumen dan indikator, seperti: (a) keaktifan dalam mengikuti forum diskusi; (b) keteraturan atau frekuensi dalam melakukan akses terhadap sumber daya pendidikan yang tersedia pada aplikasi learning management system yang dipakai; (c) kuantitas kehadiran dan kualitas interaksi dalam sesi komunikasi virtual dengan dosen; (d) kelengkapan pengumpulan tugas yang diberikan; (e) partisipasi aktif mengerjakan soal-soal latihan; dan (f) hasil ujian tengah semester/quis maupun ujian akhir semester. Keseluruhan kinerja mahasiswa melalui beragam model interaksi tersebut dijadikan sebagai bahan evaluasi dosen dalam memberikan penilaian akhir pencapaian mahasiswa dalam mata kuliah yang bersangkutan. Perlu diperhatikan bahwa bobot keseluruhan model interaksi dan evaluasi tersebut kurang lebih sama karena sifatnya yang holistik.
Model Assessment dalam perkuliahan ini, dapat dilihat pada tabel dibawah ini:
Peserta didik akan dievaluasi penguasaannya dan pemahamannya terhadap materi kuliah dengan menggunakan pendekatan sebagai berikut:
1. Diskusi, Latihan Soal, Tugas per Pokok Bahasan, Kuis (30%)
2. Ujian Tengah Semester (30%)
3. Ujian Akhir Semester (40%)
Identitas Diri :
Dosen 1
Nama
:
Arif Hidayat, S.T., M.Kom
NIDN
:
0229048901
TTL
:
Sekampung, 29 April 1989
Email
:
androidarifhidayat@gmail.com
Youtube
:
Indonesian Network
No Hp
:
082374920659
Dosen 2
Nama
:
Muhammad Rizkillah, S.T., M.Eng
NIDN
:
0824027802