Topic outline

  • Pendahuluan


    Assalamu'alaikum Wr. Wb.

    Selamat datang dimata kuliah Aljabar Linear.

    Mata kuliah ini merupakan mata kuliah wajib program studi Pendidikan matematika yang diikuti oleh mahasiswa semester pertama Universitas Muhammadiyah Kupang dan mahasiswa semester tiga Institut Pendidikan Soe.

    Identitas Mata Kuliah

    Mata Kuliah                            : Aljabar Linear
    Kode Mata Kuliah                  : 023-25211
    Beban SKS                               : 3 SKS
    Semester                                 : 1
    Program Studi                        : Pendidikan Matematika
    Fakultas/Perguruan Tinggi  : FKIP/Universitas Muhammadiyah Kupang

    Deskripsi Mata Kuliah

    Mata kuliah ini bertujuan untuk memberikan pemahaman tentang konsep dasar Aljabar Linear.  Pada perkuliahan ini mahasiswa akan mempelajari tentang struktur aljabar linear, operasi matriks, dan sistem persamaan linear.

    Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL)

    • CPL 1 :  Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri
    • CPL 2 : Menguasai konsep teoretis pedagogi dan konsep pengetahuan matematika untuk melaksanakan pembelajaran matematika di pendidikan tingkat menengah.
    • CPL 3 : Menguasai konsep teoretis matematika meliputi logika matematika, matematika diskrit, aljabar, analisis, geometri, teori peluang dan statistika, prinsip-prinsip pemodelan matematika, program linear, persamaan diferensial, dan metode numerik yang mendukung pembelajaran matematika di pendidikan menengah serta untuk studi lanjut.
    • CPL 4 : Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang pendidikan matematika.
    • CPL 5 : Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur
    • CPL 6 : Mampu merencanakan, mengimplementasi, dan mengevaluasi pembelajaran matematika secara inovatif dengan mengaplikasikan konsep pedagogi-didaktik matematika dan keilmuan matematika serta memanfaatkan berbagai sumber belajar dan IPTEKS yang berorientasi pada kecakapan hidup.

    Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK)

        • CPMK 1 : Mampu menunjukkan penguasaan konsep teoritis dan konsep pengetahuan dalam menyelesaikan masalah terkait konsep aljabar linear sebagai bentuk sikap tanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahlian secara mandiri. (CPL-1, CPL-2, CPL-3)
        • CPMK 2 : Mampu menjelaskan dan menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis dan inovatif dalam konsep aljabar linear yang dipelajari (CPL-4)
        • CMPK 3 : Mampu menyelesaikan masalah-masalah terkait konsep aljabar linear dengan kinerja mandiri, bermutu dan terukur (CPL-5)
        • CPMK 4 : Mampu menerapkan konsep Aljabar Linear yang berorientasi pada kecakapan hidup dengan merencanakan, mengimplementasikan dan mengevaluasi pembelajaran matematika secara inovatif dengan memanfaatkan berbagai sumber belajar dan IPTEKS (CPL-6)

    Bahan Kajian

    1. Sistem persamaan linear
    2. Operasi Baris Elementer
    3. Eliminasi Gauss Jordan
    4. Matriks dan operasi matriks
    5. Determinan
    6. Ekspansi Kofaktor dan aturan cramer
    7. Vektor pada ruang dimensi 2 dan ruang dimensi 3
    8. Ruang Vektor Dimensi
    9. Ruang Vektor Umum

    Skema (Rencana) Perkuliahan

    Perkuliahan ini dilaksanakan secara Syncronous dan asyncronous melalui LMS.  Pembelajaran menerapkan pendekatan student centered learning dengan metode case method.

    Rencana Asesmen

    Penilaian Kehadiran + Sikap (PS)                              = 10%
    Aktifitas Partisipatif (Case Mathod+Tugas)  (AP) = 50 %
    UTS                                                                                    = 20%
    UAS                                                                                    = 20%

    Dokumen Rencana Pembelajaran Semester (RPS)


    Informasi Dosen Pengampu

    Mata Kuliah ini akan diampuh oleh 4 dosen yaitu:

    Nama               : Nur Hasanah Syarief, S.Pd., M.Pd
    Instansi            : Universitas Muhammadiyah Kupang
    NIDN                  : 1502069701
    Email                 : nurhasanahsyarief@gmail.com
    Nomor Kontak : 082341096171

    Nama               : Maria Martini Aba, S.Pd., M.Pd
    Instansi            : Universitas Muhammadiyah
    NIDN                  : 0811089002
    Email                 : martiniaba11@gmail.com
    Nomor Kontak : 085333946970

    Nama               : Uke Ralmugiz, S.Si., M.Si
    Instansi            : Universitas Muhammadiyah
    NIDN                  : 0818119201
    Email                 : Ukeralmugiz@unmuhkupang.ac.id
    Nomor Kontak : 085339035699

    Nama               : Netty J. Marlin Gella, S.Si., M.Si
    Instansi            : Institut Pendidikan Soe
    NIDN                  : 0831039001
    Email                 :
    Nomor Kontak : 082145003851

    Referensi

    1. Anton, Howard. 2004. Aljabar Linear Elementer Edisi ke-8 Jilid 1. Jakarta: Erlangga

    2. Zulfikar, R.N. 2008. Aljabar Linear. Kupang : Tangguh Denara Jaya 


    • PERTEMUAN 1

      Assalamu'alaikum wr. wb.

      Selamat Pagi,

      Pada Pertemuan ini, Kita akan membahas Rencana Perkuliahan Semester. 

      Capaian Pembelajaran pada minggu ini adalah:

      a) Mahasiswa mengetahui garis besar materi selama 1 semester

      b) Mahasiswa mengetahui sistem penilaian mata kuliah ini.

      Skenario Pembelajaran:
      Pada pertemuan ini pembelajaran dilakukan secara syncronous melalui Video Conference. Pertemuan ini akan diikuti oleh mahasiswa UMK dan IPS dan dihadiri oleh seluruh dosen pengampu mata kuliah. pada pertemuan ini mahasiswa akan dijelaskan tentang RPS, dan cara menggunakan LMS unmuh Kupang.

    • PERTEMUAN 2

      Assalamu'alaikum wr. wb.

      Selamat Pagi, 

      Pada pertemuan ini, kita membahas materi Sistem Persamaan LinearMateri yang diajarkan meliputi: Konsep persamaan Linear dan sistem Persamaan Linear, Bentuk persamaan linear dan menentukan solusi sistem persamaan Linear menggunakan Operasi Baris Elementer (OBE)

      Sub CPMK: 

      Mampu membedakan konsep teoritis dan konsep pengetahuan Sistem Persamaan Linier (SPL) dan matriks dengan tepat dan menyelesaikan masalah secara mandiri (C5, C3, A2)

      Capaian Pembelajaran pada minggu ini adalah:

      1. Mahasiswa mampu membedakan konsep persamaan linear dan sistem persamaan linear
      2. Mahasiswa mampu menguraikan bentuk persamaan linear dan susunannya
      3. Mahasiswa mampu menghitung solusi sistem persamaan linear menggunakan Operasi Baris Elementer (OBE)

      Skenario Pembelajaran:

      Pada pertemuan ini Pembelajaran dilakukan secara syncronous melalui Video Conference dengan metode Case Method. Pada pertemuan ini, mahasiswa diberikan satu kasus yang berkaitan dengan sistem persamaan linear untuk di selesaikan. 

      Untuk memudahkan dalam memahami materi, Berikut Bahan pembelejaran yang bisa dipelajari. 


    • PERTEMUAN 3

      Assalamu'alaikum wr. wb.

      Selamat Pagi, 

      Pada pertemuan ini, kita akan membahas materi Sistem Persamaan Linear Materi yang diajarkan meliputi: Konsep SPL homogen dan non homogen dan menghitung solusi SPL homogen dan non homogen menggunakan eliminasi Gauss, subsitusi mundur dan eliminasi Gauss Jordan.

      Sub CPMK

      Mampu membedakan konsep teoritis dan konsep pengetahuan Sistem Persamaan Linier (SPL) dan matriks dengan tepat dan menyelesaikan masalah secara mandiri (C5, C3, A2)

      Capaian Pembelajaran pada minggu ini adalah:

      1. Mahasiswa mampu membedakan konsep sistem persamaan linear homogen dan non homogen
      2. Mahasiswa mampu menghitung solusi sistem persamaan linear homogen dan non homogen menggunakan Eliminasi Gauss dan subsitusi mundur serta eliminasi Gauss Jordan

      Skenario Pembelajaran:

      Pada pertemuan ini Pembelajaran dilakukan secara syncronous melalui Video Conference dengan metode Case Method. Pada pertemuan ini, mahasiswa diberikan satu kasus yang berkaitan dengan sistem persamaan linear untuk di selesaikan. 

      Untuk memudahkan dalam memahami materi, Berikut Bahan pembelejaran yang bisa dipelajari.


    • PERTEMUAN 4

      Assalamu'alaikum wr. wb.

      Selamat Pagi, 

      Pada pertemuan ini, kita akan membahas materi Matriks. Materi yang diajarkan meliputi, Konsep matriks dan operasi-operasi pada matriks, penyelesaian masalah yang berkaitan dengan operasi matriks, dan beberapa jenis matriks seperti matriks diagonal, matriks segitiga dan matriks simetrik.

      Sub CPMK

      Mampu membedakan konsep teoritis dan konsep pengetahuan Sistem Persamaan Linier (SPL) dan matriks dengan tepat dan menyelesaikan masalah secara mandiri (C5, C3, A2)

      Capaian Pembelajaran pada minggu ini adalah:

      1. Mahasiswa mampu menbahas konsep matriks dan operasi matriks
      2. Mahasiswa mampu menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan operasi matriks
      3. Mahasiswa mampu mengidentifikasi beberapa bentuk matriks khusus

      Skenario Pembelajaran

      Pada pertemuan ini Pembelajaran dilakukan secara asyncronous melalui Video Pembelajaran dengan metode Case Method. Pada pertemuan ini, mahasiswa diberikan tugas berupa penyelesaan kasus yang berkaitan dengan operasi matriks.

      Untuk memudahkan dalam memahami materi, Berikut Bahan pembelejaran yang bisa dipelajari. 

    • PERTEMUAN 5

      Assalamu'alaikum wr. wb.

      Selamat Pagi, 

      Pada pertemuan ini akan membahas materi matriks. Materi yang diajarkan meliputi konsep Invers, aturan aritmatika matriks, matriks elementer, metode menentukan Invers dan hasil lebih lanjut pada sistem persamaan dan keterbalikan.

      Sub CPMK

      Mampu membedakan konsep teoritis dan konsep pengetahuan Sistem Persamaan Linier (SPL) dan matriks dengan tepat dan menyelesaikan masalah secara mandiri (C5, C3, A2)

      Capaian Pembelajaran pada minggu ini adalah:

      1. Mahasiswa mampu menjelaskan konsep invers matriks dan membedakan sifat-sifat aritmatika matriks
      2. Mahasiswa mampu menjelaskan konsep matriks elementer dan menghitung invers matrik menggunakan OBE
      3. Mahasiswa mampu menghitung solusi SPL menggunakan invers matriks

      Skenario Pembelajaran

      Pada pertemuan ini Pembelajaran dilakukan secara syncronous melalui Video Conference dengan metode Case Method. Pada pertemuan ini, mahasiswa diberikan satu kasus yang berkaitan dengan sistem persamaan linear untuk di selesaikan. 

      Untuk memudahkan dalam memahami materi, Berikut Bahan pembelejaran yang bisa dipelajari. 

    • PERTEMUAN 6

      Assalamu'alaikum wr. wb.

      Selamat Pagi, Pada pertemuan ini, kita akan membahas materi Determinan. Materi yang diajarkan meliputi konsep determinan, sifat-sifat determinan, dan menghitung determinan dengan aturan sarus dan reduksi baris.

      Sub CPMK

      Mampu memberikan argumentasi tentang konsep determinan dengan tepat dan menerapkan pemikiran logis kritis dan inovatif dalam menghitung determinan. (C5, A2)

      Capaian Pembelajaran pada minggu ini adalah:

      1. Mahasiswa mampu menjelaskan konsep fungsi determinan, membedakan sifat-sifat determinan
      2. Mahasiswa mampu menghitung determinan dengan aturan sarus dan reduksi baris

      Skenario Pembelajaran

      Pada pertemuan ini Pembelajaran dilakukan secara syncronous melalui Video Conference dengan metode Case Method. Pada pertemuan ini, mahasiswa diberikan satu kasus yang berkaitan dengan sistem persamaan linear untuk di selesaikan. 

      Untuk memudahkan dalam memahami materi, Berikut Bahan pembelejaran yang bisa dipelajari. 

      • Determinan File
        Restricted Available until 30 January 2024, 11:00 PM
      • Tugas Determinan Metode Reduksi Baris Assignment
        Restricted Available until 10 November 2023, 11:00 PM
    • PERTEMUAN 7

      Assalamu'alaikum wr. wb.

      Selamat Pagi, 

      Pada pertemuan ini, kita akan membahas materi Determinan. Materi yang diajarkan meliputi menghitung determinan dengan menggunakan ekspansi kofaktor dan metode cramer,

      Sub CPMK

      Mampu memberikan argumentasi tentang konsep determinan dengan tepat dan menerapkan pemikiran logis kritis dan inovatif dalam menghitung determinan. (C5, A2)

      Capaian Pembelajaran pada minggu ini adalah:

      1. Mahasiswa mampu menghitung determinan menggunakan ekspansi kofaktor dan metode cramer
      2. Mahasiswa mampu menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan determinan matriks

      Skenario Pembelajaran

      Pada pertemuan ini Pembelajaran dilakukan secara asyncronous melalui Video Pembelajaran dengan metode Case Method. Pada pertemuan ini, mahasiswa diberikan tugas berupa penyelesaan kasus yang berkaitan dengan operasi matriks.

      Untuk memudahkan dalam memahami materi, Berikut Bahan pembelejaran yang bisa dipelajari. 

    • PERTEMUAN 8

      Assalamu'alaikum wr. wb.

      Selamat Pagi, 

      Pada pertemuan ini, kita melakukan Ujian Tengah Semester secara offline di masing-masing perguruan tinggi. Akan tetapi, jawaban tes dikumpulkan melalui LMS.


    • PERTEMUAN 9

      Assalamualaikum

      Pada pertemuan ke-9, kita akan belajar mengenai Vektor yang meliputi:
      1. Vektor pada ruang dimendi 2
      2. Vektor pada ruang dimensi 3
      3. Operasi-operasi pada vektor

      4. Norma suatu vektor  


      Deskripsi Materi Ajar

      • Materi Ajar : Vektor pada Ruang Dimensi 2 dan 3, Operasi-Operasi pada Vektor. 

      Pada pertemuan ini Mahasiswa menganalisis konsep vektor dan operasinya serta membuat ilustrasi berupa gambar dari masalah atau kasus yang diberikan dan menarik kesimpulan. 


      Sub CPMK 

      Mahasiswa mampu menerapkan konsep vektor dalam menyelesaikan masalah/kasus dalam kehidupan sehari-hari. (CPMK-4) 


      Indikator Capaian Pembelajaran 

      1. Mahasiswa mampu  membuat ilustrasi dalam bentuk gambar dari kasus/masalah yang diberikan dan menarik kesimpulan.
      2. Mahasiswa mampu memecahkan masalah yang diberikan dengan menerapkan konsep vektor dan operasi-operasinya.  
      3. Mahasiswa mampu menemukan masalah/ kasus yang ada disekitarnya yang penyelesaiannya menggunakan konsep vektor.   


      Skenario Pembelajaran

      Pembelajaran dilaksanakan secara asyncronous dengan metode case method by video pembelajaran. Setelah mempelajari materi ini mahasiswa diminta untuk dapat menyelesaikan kasus yang diberikan dengan penerapakn konsep vektor yang dipelajari, dan mahasiswa diminta untuk menemukan dan membuat contoh kasus yang ada disekitarnya yang penyelesaiannya menerapkan konsep vektor dan operasinya.  

      Sumber Belajar

      Vektor merupakan besaran dalam fisika yang memiliki nilai dan arah, namun dalam matematika kita juga perlu mempelajari dan memahami konsep vektor dengan baik untuk dapat menyelesaikan masalah yang ada disekitar kita.  Berbicara tentang Vektor maka kita akan melihat dan mempelajarinya dalam konteks ruang dimensi 2 dan dimensi 3.

      Untuk lebih jelasnya, silakan pelajari sajian materi dari sumber belajar di bawah ini!

      Sumber Belajar di Luar LMS

      Agar lebih memahami materi ini teman-teman dapat menyimak video pembelajaran berikut ini.


    • PERTEMUAN 10

      Assalamu'alaikum wr. wb.

      Selamat Pagi, 

      Pada pertemuan ini, kita akan membahas materi Vektor. Materi yang diajarkan meliputi hasil kali titik, proyeksi, dan hasil kali silang

      Sub CPMK

      Mampu membedakan konsep vektor pada ruang berdimensi 2, ruang berdimensi 3, dan ruang berdimensi n dan menyelesaikan masalah vektor pada pada ruang berdimensi 2, ruang berdimensi 3 ruang berdimensi n dengan menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis. (C5, C3, A2)

      Capaian Pembelajaran pada minggu ini adalah:

      1. Membedakan konsep hasil kali titik dan hasil kali silang pada operasi vektor serta sifat-sifatnya.
      2. Menghitung hasil kali titik dan hasil kasi silang suatu vector

      Skenario Pembelajaran

      Pada pertemuan ini Pembelajaran dilakukan secara syncronous melalui Video Conference dengan metode Task-based learning. Pada pertemuan ini, mahasiswa dijelaskan materi kemudian diberikan tugas untuk diselesaikan.

      Untuk memudahkan dalam memahami materi, Berikut Bahan pembelejaran yang bisa dipelajari. 


    • PERTEMUAN 11

      Assalamu'alaikum wr. wb.

      Selamat Pagi, 

      Pada pertemuan ini, kita akan membahas materi vektor pada ruang berdimensi 2 dan berdimensi 3. Materi yang diajarkan meliputi Garis dan bidang pada ruang berdimensi 3

      Sub CPMK

      Mampu membedakan konsep vektor pada ruang berdimensi 2, ruang berdimensi 3, dan ruang berdimensi n dan menyelesaikan masalah vektor pada pada ruang berdimensi 2, ruang berdimensi 3 ruang berdimensi n dengan menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis. (C5, C3, A2)

      Capaian Pembelajaran pada minggu ini adalah:

      1. Mahasiswa mampu menguraikan persamaan garis dan bidang pada ruang berdimensi 3 menggunakan vektor
      2. Mahasiswa mampu menyelesaikan masalah geometri dasar menggunakan persamaan garis dan bidang.

      Skenario Pembelajaran

      Pada pertemuan ini Pembelajaran dilakukan secara asyncronous melalui Video Pembelajaran dengan metode Task-based learning. Pada pertemuan ini, mahasiswa diberikan video kemudian diberikan tugas untuk diselesaikan.

      Untuk memudahkan dalam memahami materi, Berikut Bahan pembelejaran yang bisa dipelajari. 


      • PERTEMUAN 12

        Assalamu'alaikum wr. wb.

        Selamat Pagi, 

        Pada pertemuan ini, kita akan membahas materi Vektor pada ruang berdimensi n. Materi yang diajarkan meliputi ruang berdimensi n Euclidean.

        Sub CPMK

        Mampu menerapkan konsep Aljabar Linear untuk menjelaskan dan menyelesaikan masalah vektor pada pada ruang berdimensi 2, ruang berdimensi 3 ruang berdimensi n dengan menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis.

        Capaian Pembelajaran pada minggu ini adalah:

        1. Mahasiswa mampu menjelaskan konsep vektor pada ruang berdimensi n
        2. Mahasiswa mampu menjelaskan sifat-sifat operasi vektor pada ruang berdimensi n
        3. Mahasiswa mampu menghitung norm dan jarak pada ruang berdimensi n

        Skenario Pembelajaran

        Pada pertemuan ini Pembelajaran dilakukan secara syncronous melalui Video Conference dengan metode Task Based Learning. Pada pertemuan ini, mahasiswa diberikan satu kasus yang berkaitan dengan sistem persamaan linear untuk di selesaikan. 

        Untuk memudahkan dalam memahami materi, Berikut Bahan pembelejaran yang bisa dipelajari. 


        • PERTEMUAN 13

          Assalamu'alaikum wr. wb.

          Selamat Pagi, 

          Pada pertemuan ini, kita akan membahas materi Ruang vektor Umum. Materi yang diajarkan meliputi ruang vektor real dan sub ruang.

          Sub CPMK

          Mampu menerapkan konsep Aljabar Linear untuk menbahas dan menyelesaikan masalah pada ruang vektor umum dengan tepat.

          Capaian Pembelajaran pada minggu ini adalah:

          1. Mahasiswa mampu menbedakan konsep ruang vektor real dan sub ruang vektor
          2. Mahasiswa mampu menentukan ruang vektor real dan sub ruang vector

          Skenario Pembelajaran

          Pada pertemuan ini Pembelajaran dilakukan secara asyncronous melalui Video Pembelajaran dengan metode Task-based learning. Pada pertemuan ini, mahasiswa diberikan materi kemudian diberikan tugas untuk diselesaikan.

          Untuk memudahkan dalam memahami materi, Berikut Bahan pembelejaran yang bisa dipelajari. 



          • PERTEMUAN 14

            Assalamu'alaikum wr. wb.

            Selamat Pagi, 

            Pada pertemuan ini, kita akan membahas materi Ruang Vektor Umum. Materi yang diajarkan meliputi kebebasan linear, basis dan dimensi.

            Sub CPMK

            Mampu menerapkan konsep Aljabar Linear untuk menbahas dan menyelesaikan masalah pada ruang vektor umum dengan tepat. (C5, C3, A2)

            Capaian Pembelajaran pada minggu ini adalah:

            1. Mahasiswa mampu menentukan kebebasan linear
            2. Mahasiswa mampu menjelaskan konsep basis dan dimensi
            3. Mahasiswa mampu menentukan basis dan dimensi dari suatu vektor

            Skenario Pembelajaran

            Pada pertemuan ini Pembelajaran dilakukan secara syncronous melalui Video Conference dengan metode Task Based Learning. Pada pertemuan ini, mahasiswa diberikan satu kasus yang berkaitan dengan sistem persamaan linear untuk di selesaikan. 

            Untuk memudahkan dalam memahami materi, Berikut Bahan pembelejaran yang bisa dipelajari. 


            • PERTEMUAN 15

              Assalamu'alaikum wr. wb.

              Selamat Pagi, 

              Pada pertemuan ini, kita akan membahas materi Ruang vektor umum. Materi yang diajarkan meliputi ruang baris, ruang kolom, ruang nul, rank dan nulitas.

              Sub CPMK

              Mampu menerapkan konsep Aljabar Linear untuk menbahas dan menyelesaikan masalah pada ruang vektor umum dengan tepat. (C5, C3, A2)

              Capaian Pembelajaran pada minggu ini adalah:

              1. Mahasiswa mampu membedakan konsep ruang baris, ruang kolom dan ruang null
              2. Mahasiswa mampu menentukan ruang baris, ruang kolom dan ruang null
              3. Mahasiswa mamou menentukan rank dan nulitas

              Skenario Pembelajaran

              Pada pertemuan ini Pembelajaran dilakukan secara asyncronous melalui Video Pembelajaran dengan metode Task-based learning. Pada pertemuan ini, mahasiswa diberikan materi kemudian diberikan tugas untuk diselesaikan.

              Untuk memudahkan dalam memahami materi, Berikut Bahan pembelejaran yang bisa dipelajari. 


              • PERTEMUAN 16

                Assalamu'alaikum wr. wb.

                Selamat Pagi, 

                Pada pertemuan ini, kita melakukan Ujian Akhir Semester secara offline di masing-masing perguruan tinggi. Akan tetapi, jawaban tes dikumpulkan melalui LMS.