Topic outline

  • Pemrograman Bergerak

    Tampilan Dosen Pengampu

    Dosen Pengampu


    Foto Dosen
    KRISTINA ANNATASIA BR SITEPU

    Email: kannatasia88@gmail.com

    No WA: 082285606131

    HERU SAPUTRA

    Email: herusaputra@metamedia.ac.id

    No WA: 082211000456

    Foto Dosen
    Mata Kuliah : Pemrograman Bergerak
    Kode : MKPS44602
    Program Studi : S1 Sistem Informasi
    Perguruan Tinggi : STMIK Kaputama

    Selamat datang di mata kuliah Pemrograman Bergerak.

    Mata kuliah ini memberi pengetahuan tentang teori dan dasar pembuatan aplikasi bergerak dan beberapa tool/IDE untuk membuat aplikasi bergerak berbasis android. Mata kuliah ini melatih keterampilan mahasiswa dalam membuat program berbasis android untuk aplikasi stand alone, client-server serta aplikasi mobile untuk interfacing dengan perangkat keras.

    Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK)
    1. Mahasiswa dapat memahami konsep dasar pemrograman mobile
    2. Mahasiswa dapat memahami tentang konsep dasar pemrograman mobile dan dapat mengoperasikan software pengembangan aplikasi
    3. Mahasiswa dapat menggunakan Widget View
    4. Mahasiswa dapat menggunakan dialog, progress dialog dan notifikasi
    5. Mahasiswa dapat menggunakan activity dan intent
    6. Mahasiswa dapat menggunakan fragment
    7. Mahasiswa mampu menerapkan pembuatan menu
    8. Mahasiswa dapat menerapkan penyimpanan data
    9. Mahasiswa dapat menerapkan tentang pemrograman location based service

    Selamat belajar dan semoga sukses!


    Ikon PDFUnduh RPS

    Ikon PDFDownload Buku Pembelajaran 1

    Ikon PDFDownload Buku Pembelajaran 2

    Ikon PDFDownload Buku Pembelajaran 3

  • Pertemuan ke 1

    Capaian pembelajaran di pertemuan ke-1 ini adalah:

    • Mahasiswa mengetahui dan mampu mengikuti kontrak perkuliahan.
    • Mahasiswa mampu memahami mata kuliah yang akan dipelajari selama satu semester ke depan.
    • Mahasiswa mampu memahami dan menjelaskan tentang konsep dasar pemrograman mobile menggunakan OS Android dengan bahasa pemrograman Java.

    Sumber belajar yang bisa dipelajari:

    1. Teknologi Android:
      • Sejarah Telekomunikasi
      • Teknologi Java
      • Aplikasi & Komputasi Mobile
      • Konvergensi Teknologi
    2. Persiapan Android Programming:
      • Sejarah Android
      • Android SDK
      • Arsitektur Android
      • Fundamental Aplikasi
      • Versi Android
      • Instalasi Java
      • Instalasi Android
      • Instalasi Emulator
  • Pertemuan ke 2

    Capaian pembelajaran di pertemuan ke-2 ini adalah:

    1. Mahasiswa dapat memahami tentang konsep dasar pemrograman mobile.
    2. Mahasiswa dapat mengoperasikan software pengembangan aplikasi.

    Sumber belajar yang bisa dipelajari yaitu:

    1. Pembuatan program sederhana pada Android.
    2. Menjalankan aplikasi di virtual dan physical device.
    3. Komponen UI.
    4. Package, project structure, AndroidManifest.xml.
    5. Konsep activity.
    6. Siklus activity.
  • Pertemuan ke 3

    Capaian pembelajaran di pertemuan ke-3 ini adalah:

    Mahasiswa mampu memahami dan menjelaskan tentang struktur proyek dan antarmuka Android.


    Sumber belajar yang bisa dipelajari yaitu:

    1. Layout desain, komponen tipe, hierarki elemen layar, komponen aplikasi service dan activity, struktur XML.
    2. Mendesain layout:
      1. Linear Layout
      2. Absolute Layout
      3. Relative Layout
      4. Table Layout
      5. Frame Layout
      6. ScrollView
      7. TableRow
      8. Ticker
      9. Kombinasi Layout
    3. Toast.
  • Pertemuan ke 4

    Capaian pembelajaran di pertemuan ke-4 ini adalah:

    Mahasiswa mampu memahami dan menjelaskan tentang activity dan siklus hidup Android.


    Sumber belajar yang bisa dipelajari yaitu:

    1. Dasar pembuatan widget
    2. TextView
    3. EditText
    4. Button
    5. RadioButton
    6. RatingBar
    7. ImageButton
  • Pertemuan ke 5

    Capaian pembelajaran di pertemuan ke-5 ini adalah:

    Mahasiswa mampu memahami, menjelaskan, dan membuat layout-layout Android menggunakan emulator.


    Sumber belajar yang bisa dipelajari yaitu:

    1. AutoCompleteTextView
    2. MultiAutoCompleteTextView
    3. ListView
    4. GridView
    5. Date and Time
    6. MapView and WebView
    7. ImageView
    8. Spinner
  • Pertemuan ke 6

    Capaian pembelajaran di pertemuan ke-6 ini adalah:

    Mahasiswa dapat menggunakan Dialog, progress dialog, dan notifikasi.


    Sumber belajar yang bisa dipelajari yaitu:

    1. Dialog
    2. Progress Dialog
    3. Notifikasi
    4. Membuat aplikasi dengan dialog
  • Pertemuan ke 7

    Capaian pembelajaran di pertemuan ke-7 ini adalah:

    Mahasiswa dapat menggunakan Activity dan Intent.


    Sumber belajar yang bisa dipelajari yaitu:

    1. Memulai activity dengan/tanpa mengirim data
    2. Pindah antar activity
    3. Pengertian intent
    4. Implisit intent
    5. Explisit intent
    6. Membuat aplikasi multi activity dengan mengirim data antar activity
    7. Menggunakan intent untuk memanggil aplikasi lain