Topic outline
DESKRIPSI MATA KULIAH
Mata kuliah Pendidikan Matematika Kelas Tinggi merupakan mata kuliah wajib prasyarat yang harus dipelajari oleh mahasiswa S1 PGSD. Pembahasan yang ada di dalamnya, meliputi Pecahan; Bangun datar; Keliling dan luas; Bangun ruang; Luas Permukaan dan Volume bangun ruang; Simetri; Pengukuran I; Pengukuran II; Pengolahan data; Merancang pembelajaran matematika di SD.
CAPAIAN PEMBELAJARAN
CPL-PRODI yang dibebankan pada MK:
1. S5_Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain.
2. P3_Menguasai pengetahuan konseptual bidang studi di sekolah dasar meliputi Bahasa Indonesia, Matematika, IPA, IPS, PKn, SBdP, dan PJOK.
3. KU3_Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni
4. KK3_Mampu menerapkan pengetahuan konseptual bidang studi di sekolah dasar meliputi Bahasa Indonesia, Matematika, IPA, IPS, PKn, SBdP, dan PJOK melalui perancangan dan pelaksanaan pembelajaran dengan metode saintifik sesuai dengan etika akademik.
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK):
1. Mahasiswa mampu menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain.
2. Mahasiswa mampu menguasai pengetahuan konseptual bidang studi matematika di sekolah dasar
3. Mahasiswa mampu mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya 4. Mahasiswa mampu mampu menerapkan pengetahuan konseptual bidang studi matematika di sekolah dasar melalui perancangan dan pelaksanaan pembelajaran dengan metode saintifik sesuai dengan etika akademik.
4. Mahasiswa mampu mampu menerapkan pengetahuan konseptual bidang studi matematika di sekolah dasar melalui perancangan dan pelaksanaan pembelajaran dengan metode saintifik sesuai dengan etika akademik.
JADWAL PERKULIAHAN
Silahkan kalian cermati jadwal perkuliahan Mata Kuliah Pendidikan Matematika Kelas Tinggi
Diharapkan kepada seluruh mahasiswa untuk tepat waktu dalam pelaksanaan perkuliahan
PERTEMUAN 1: PECAHAN
Assalamualaikum
Semangat untuk kita semua, Saya berharap kalian dalam kondisi yang sehat sehingga bisa mengikuti perkuliahan ini dengan baik.
Sebelum memulai perkuliahan hari ini, mari kita berdoa sesuai kepercayaan masing-masing.
Sebelum memulai pembahasan materi pada pertemuan hari ini, kita harus memahami RPS pada Mata Kuliah Pendidikan Matematika Kelas Tinggi
Setelah memahami RPS, kita akan membahas materi pertemuan hari ini adalah PECAHAN
Rencana Perkuliahan Semester (RPS) ini sebagai panduan kalian dalam melaksakan perkuliahan Mata Kuliah Pendidikan Matematika Kelas Tinggi selama satu semester.
Silahkan kalian download dan pahami RPS di mata kuliah ini.
Pada pertemuan hari ini, materi kita adalah PECAHAN
Silahkan kalian download kemudian pahami materi pecahan berikut
Jika ada materi yang kurang dipahami, silahkan ajukan pertanyaan pada saat zoom meeting
Untuk mempermudah pemahaman kalian dan menambah wawasan kalian dalam materi pecahan di lingkungan sekolah dasar, kalian dapat membaca referensi Buku Panduan Guru Matematika Kelas IV pada halaman 89 - 120 dan Buku Panduan Guru Matematika Kelas V pada halaman 97 - 112
Setelah kalian memahami materi pada pertemuan hari ini, Silahkan kalian bergabung pada zoom meeting pada pukul 13.30 WIB untuk mendiskusikan materi yang kurang dipahami
ID Rapat: 834 0174 8467
Kode Sandi: inzj7N
PERTEMUAN 2: PECAHAN
Assalamualaikum
Semangat untuk kita semua, Saya berharap kalian dalam kondisi yang sehat sehingga bisa mengikuti perkuliahan ini dengan baik.
Sebelum memulai perkuliahan hari ini, mari kita berdoa sesuai kepercayaan masing-masing.
Pada pertemuan hari ini kita memahami materi PECAHAN yang merupakan kelanjutan materi pada pertemuan perkuliahan pertama
Pada pertemuan hari ini, materi kita adalah PECAHAN
Silahkan kalian download kemudian pahami materi pecahan berikut
Jika ada materi yang kurang dipahami, silahkan ajukan pertanyaan pada saat zoom meeting
Untuk mempermudah pemahaman kalian dan menambah wawasan kalian dalam materi pecahan di lingkungan sekolah dasar, kalian dapat membaca referensi Buku Panduan Guru Matematika Kelas VI pada halaman 19 - 49
Setelah kalian memahami materi pada pertemuan hari ini, Silahkan kalian bergabung pada zoom meeting pada pukul 12.45 WIB untuk mendiskusikan materi yang kurang dipahami. Berikut Meeting ID dan passcode zoom meeting pada pertemuan hari ini:
Meeting ID: 849 2009 7017
Passcode: inzj7N
Jika ada sebagian mahasiswa yang mengalami kendala dalam mengakses link zoom meeting, maka saya akan memberikan link zoom meeting di WA Grup.
PERTEMUAN 3: BANGUN DATAR
Assalamualaikum
Semangat untuk kita semua, Saya berharap kalian dalam kondisi yang sehat sehingga bisa mengikuti perkuliahan ini dengan baik.
Sebelum memulai perkuliahan hari ini, mari kita berdoa sesuai kepercayaan masing-masing.
Pada pertemuan hari ini kita memahami materi BANGUN DATAR
Pada pertemuan hari ini, materi kita adalah BANGUN DATAR
Silahkan kalian download dan pahami materi bangun datar berikut
Jika ada materi yang kurang dipahami, silahkan ajukan pertanyaan pada saat zoom meeting
Untuk mempermudah pemahaman kalian dan menambah wawasan kalian dalam materibangun datar di lingkungan sekolah dasar, kalian dapat membaca referensi Buku Panduan Guru Matematika Kelas VI pada halaman 174 - 214
Setelah kalian memahami materi pada pertemuan hari ini, Silahkan kalian bergabung pada zoom meeting pada pukul 12.30 WIB untuk mendiskusikan materi yang kurang dipahami
Meeting ID: 871 4743 1151
Passcode: inzj7N
Jika ada sebagian mahasiswa yang mengalami kendala dalam mengakses link zoom meeting, maka saya akan memberikan link zoom meeting di WA Grup.
PERTEMUAN 4: KELILING DAN LUAS BANGUN DATAR
Assalamualaikum
Semangat untuk kita semua, Saya berharap kalian dalam kondisi yang sehat sehingga bisa mengikuti perkuliahan ini dengan baik.
Sebelum memulai perkuliahan hari ini, mari kita berdoa sesuai kepercayaan masing-masing.
Pada pertemuan hari ini kita akan memahami materi KELILING DAN LUAS BANGUN DATAR melalui video pembelajaran
Setelah memahami materi, silahkan kalian kerjakan tugas pada pertemuan hari ini
Silahkan kalian simak dan pahami video pembelajaran materi keliling dan luas bangun datar berikut
Untuk mempermudah pemahaman kalian dan menambah wawasan kalian dalam materi luas dan keliling bangun datar di lingkungan sekolah dasar, kalian dapat membaca dan memahami referensi Buku Pendidikan Matematika II dengan penerbit Universitas Terbuka. Kalian juga bisa mendownload, kemudian memahami Buku Panduan Guru Matematika Kelas V pada halaman 113 - 245
Jika terdapat materi yang belum kalian memahami dalam video pembelajaran dan referensi yang sudah disajikan, kalian dapat mengajukan pertanyaan melalui forum diskusi ini.
Forum diskusi dapat kalian gunakan mulai pukul 13.00 -13.40 WIB
Setela, kita selesai diskusi pada forum diskusi, kalian kerjakan tugas berikut untuk mengukur pemahaman kalian
Petunjuk Pengerjaan!
1. Kerjakan tugas berikut pada selembar kertas
2. Tuliskan nama, NIM, Prodi, Nama Perguruan Tinggi di pojok kiri atas
3. Silahkan kerjakan soal tersebut dilengkapi dengan proses (cara) penyelesaiannya
4. Waktu pengerjaan tugas mulai pukul 13.40 - 14.40 WIB
5. Silahkan kalian scan tugas kalian kemudian kumpulkan kembali di LMS
6. Pengumpulan tugas dalam bentuk 1 file pdf dengan ukuran file maksimal 500 kb
Rubrik Penilaian
Indikator
SKOR
Jawaban benar dan proses penyelesaian benar 100%
5
Jawaban salah dan proses penyelesaian benar 100 %
4
Jawaban salah dan proses penyelesaian benar 75%
3
Jawaban salah dan proses penyelesaian benar 50%
2
Jawaban salah dan proses penyelesaian benar 25%
1
Jawaban salah dan proses penyelesaian salah
0
SELAMAT MENGERJAKAN
- This topic
PERTEMUAN 5: BANGUN RUANG
Assalamualaikum
Semangat untuk kita semua, Saya berharap kalian dalam kondisi yang sehat sehingga bisa mengikuti perkuliahan ini dengan baik.
Sebelum memulai perkuliahan hari ini, mari kita berdoa sesuai kepercayaan masing-masing.
Pada pertemuan hari ini kita memahami materi BANGUN RUANG melalui video pembelajaran
Setelah memahami materi, silahkan kalian kerjakan tugas pada pertemuan hari ini
Setelah mempelajari Materi ini:
Mahasiswa mampu menjelaskan bidang banyak dan bangun ruang.
Mahasiswa mampu menjelaskan jaring-jaring bangun ruang.Untuk mempelajari materi segi banyak dan bangun ruang pada pertemuan ini, silahkan klik, simak dan pelajari video berikut ini.
- Pastikan semua langkah dikerjakan dengan rapi dan jelas.
- Periksa kembali pekerjaan Anda sebelum diserahkan untuk memastikan tidak ada yang terlewat.
- Upload kembali tugas yang telah selesai pada LMS
- Jangan ragu untuk bertanya jika ada bagian yang kurang jelas.
Selamat mengerjakan tugas!
Skor Maksimum 100
Keterangan Penilaian:
• Pemilihan Bangun Ruang (5 poin): Pastikan mahasiswa memilih satu bangun ruang
dengan benar.
• Pembuatan Jaring-Jaring (25 poin): Penilaian meliputi ketepatan dalam pembuatan,
kerapihan pemotongan dan pelipatan, serta penandaan sisi yang jelas.
• Analisis (20 poin): Kejelasan definisi dan ketepatan perhitungan elemen bangun
ruang.
• Dokumentasi (20 poin): Penilaian berdasarkan kejelasan foto dan presentasi dalam
lembar kerja digital.
• Pengumpulan (15 poin): Ketepatan waktu dan kelengkapan pengumpulan (digital dan
fisik).
• Kreativitas & Kerapihan (15 poin): Meliputi kerapihan pekerjaan dan kreativitas
dalam menyajikan tugas.
Jika ada yang kurang dimengerti dari video pembelajaran dan referensi yang disajikan. Silahkan ajukan pertanyaan pada Forum Diskusi Ini.
PERTEMUAN 6: LUAS PERMUKAAN DAN VOLUME BANGUN RUANG (KUBUS DAN BALOK)
Assalamualaikum
Semangat untuk kita semua, Saya berharap kalian dalam kondisi yang sehat sehingga bisa mengikuti perkuliahan ini dengan baik.
Sebelum memulai perkuliahan hari ini, mari kita berdoa sesuai kepercayaan masing-masing.
Pada pertemuan hari ini kita memahami materi LUAS PERMUKAAN DAN VOLUME BANGUN RUANG (KUBUS DAN BALOK) melalui video pembelajaran
Setelah memahami materi, silahkan kalian kerjakan kuis pada pertemuan hari ini
Silahkan kalian simak dan pahami video pembelajaran materi luas permukaan dan volume bangun ruang (balok dan kubus) berikut
Untuk mempermudah pemahaman kalian dan menambah wawasan kalian dalam materi luas permukaan dan volume bangun ruang (kubus dan balok), kalian dapat membaca referensi Buku Pendidikan Matematika II dengan penerbit Universitas Terbuka. Kalian juga bisa mendownload, kemudian memahami referensi berikut
Setelah kalian memahami materi, silahkan kerjakan kuis berikut untuk mengukur pemahaman kalian
Kuis dilahksanakan pada pukul 13.40 - 14.40 WIB
Kuis berisi soal sebanyak 15 soal dalam bentuk pilihan ganda
Rubrik Penilaian
Indikator
SKOR
Jawaban benar
1
Jawaban salah
0
Jika terdapat materi yang belum kalian memahami dalam video pembelajaran dan referensi yang sudah disajikan, kalian dapat mengajukan pertanyaan melalui forum diskusi ini.
Forum diskusi dapat kalian gunakan mulai pukul 13.00 -13.40 WIB
PERTEMUAN 7: LUAS PERMUKAAN DAN VOLUME BANGUN RUANG (PRISMA DAN SILINDER)
Assalamualaikum
Semangat untuk kita semua, Saya berharap kalian dalam kondisi yang sehat sehingga bisa mengikuti perkuliahan ini dengan baik.
Sebelum memulai perkuliahan hari ini, mari kita berdoa sesuai kepercayaan masing-masing.
Pada pertemuan hari ini kita akan mempelajari materi LUAS PERMUKAAN DAN VOLUME BANGUN RUANG (PRISMA DAN SILINDER) melalui video pembelajaran
Setelah memahami materi, silahkan kalian kerjakan tugas pada pertemuan hari ini
Silahkan kalian simak dan pahami video pembelajaran materi luas permukaan dan volume bangun ruang (Prisma dan Silinder) berikut
Untuk mempermudah pemahaman kalian dan menambah wawasan kalian dalam materi luas permukaan dan volume bangun ruang (kubus dan balok), kalian dapat membaca referensi Buku Pendidikan Matematika II dengan penerbit Universitas Terbuka. Kalian bisa mendownload, kemudian membaca referensi berikut
Setelah kita selesai diskusi pada forum diskusi, kalian kerjakan tugas berikut untuk mengukur pemahaman kalian
Tugas dilahksanakan pada pukul 13.40 - 14.40 WIB
Petunjuk Pengerjaan!
1. Kerjakan tugas berikut pada selembar kertas
2. Tuliskan nama, NIM, Prodi, Nama Perguruan Tinggi di pojok kiri atas
3. Silahkan kerjakan soal tersebut dilengkapi dengan proses (cara) penyelesaiannya
4. Waktu pengerjaan tugas mulai pukul 13.40 - 14.40 WIB
5. Silahkan kalian scan tugas kalian kemudian kumpulkan kembali di LMS
6. Pengumpulan tugas dalam bentuk 1 file pdf dengan ukuran file maksimal 500 kb
Rubrik Penilaian
Indikator
SKOR
Jawaban benar dan proses penyelesaian benar 100%
3
Jawaban salah dan proses penyelesaian benar 100 %
2
Jawaban salah dan proses penyelesaian benar 50%
1
Jawaban salah dan proses penyelesaian salah
0
SELAMAT MENGERJAKAN
Jika terdapat materi yang belum kalian memahami dalam video pembelajaran dan referensi yang sudah disajikan, kalian dapat mengajukan pertanyaan melalui forum diskusi ini.
Forum diskusi dapat kalian gunakan mulai pukul 13.00 -13.40 WIB
PERTEMUAN 8
Assalamualaikum
Semangat untuk kita semua, Saya berharap kalian dalam kondisi yang sehat sehingga bisa mengikuti perkuliahan ini dengan baik.
Sebelum memulai perkuliahan hari ini, mari kita berdoa sesuai kepercayaan masing-masing.
Pada pertemuan hari ini, kita akan melaksanakan Ujian Tengah Semester (UTS)
Ujian Tengah Semester ini digunakan untuk melakukan evaluasi terhadap pemahaman kalian selama 7 pertemuan, sehingga materi yang harus dipelajari sebelum pelaksanaan UTS ini merupakan materi mulai dari pertemuan 1 sampai pertemuan 7.
UTS Dilaksanakan mulai pukul 12.10 - 13.50 WIB.
UTS ini berisi 20 soal dalam bentuk pilihan ganda.
Rubrik Penilaian
Indikator
SKOR
Jawaban benar
1
Jawaban salah
0
PERTEMUAN 9: LUAS PERMUKAAN DAN VOLUME BANGUN RUANG (LIMAS DAN KERUCUT)
Assalamualaikum
Semangat untuk kita semua, Saya berharap kalian dalam kondisi yang sehat sehingga bisa mengikuti perkuliahan ini dengan baik.
Sebelum memulai perkuliahan hari ini, mari kita berdoa sesuai kepercayaan masing-masing.
Pada pertemuan hari ini kita memahami materi LUAS PERMUKAAN DAN VOLUME BANGUN RUANG (LIMAS DAN KERUCUT) melalui PPT
Setelah itu, silahkan kalian join dalam forum diskusi melalui zoom meeting
Pada pertemuan kali ini, kita akan membahas Luas Permukaan dan Volume Bangun Ruang yakni, Limas dan Kerucut.
Silahkan download materi ini, baca dan pahami. Jika ada pertanyaan tentang materi, silahkan ditanyakan saat Zoom Meeting.
Setelah kalian memahami materi, silahkan bergabung dalam Zoom Meeting berikut pada jam 12.30 WIB
Meeting ID: 840 2812 9457
Passcode: 465960
Jika ada kendala masuk dalam room, saya akan bagikan link pada WA Group.
PERTEMUAN 10: LUAS PERMUKAAN DAN VOLUME BANGUN RUANG (BOLA)
Assalamualaikum
Semangat untuk kita semua, Saya berharap kalian dalam kondisi yang sehat sehingga bisa mengikuti perkuliahan ini dengan baik.
Sebelum memulai perkuliahan hari ini, mari kita berdoa sesuai kepercayaan masing-masing.
Pada pertemuan hari ini kita memahami materi LUAS PERMUKAAN DAN VOLUME BANGUN RUANG (BOLA) melalui PPT
Setelah itu, silahkan kalian join dalam forum diskusi melalui zoom meeting
Pada pertemuan hari ini, materi kita adalah LUAS PERMUKAAN DAN VOLUME BANGUN RUANG (BOLA)
Silahkan kalian download dan pahami materi LUAS PERMUKAAN DAN VOLUME BANGUN RUANG (BOLA) berikut
Jika ada materi yang kurang dipahami, silahkan ajukan pertanyaan pada saat zoom meeting
Untuk mempermudah pemahaman kalian dan menambah wawasan kalian dalam materi luas permukaan dan volume bangun ruang (bola), kalian dapat membaca referensi Buku Pendidikan Matematika II dengan penerbit Universitas Terbuka. Kalian juga bisa mendownload, kemudian memahami referensi berikut
Setelah kalian memahami materi pada pertemuan hari ini, Silahkan kalian bergabung pada zoom meeting pada pukul 12.30 WIB untuk mendiskusikan materi yang kurang dipahami
Meeting ID: 839 6262 7867
Passcode: 8N3q16
Jika ada sebagian mahasiswa yang mengalami kendala dalam mengakses link zoom meeting, maka saya akan memberikan link zoom meeting di WA Grup.
PERTEMUAN 11: SIMETRI
Assalamualaikum
Semangat untuk kita semua, Saya berharap kalian dalam kondisi yang sehat sehingga bisa mengikuti perkuliahan ini dengan baik.
Sebelum memulai perkuliahan hari ini, mari kita berdoa sesuai kepercayaan masing-masing.
Pada pertemuan hari ini kita memahami materi SIMETRI melalui video pembelajaran
Setelah kalian memahami materi, silahkan kalian kerjakan tugas pada pertemuan hari ini
Untuk mempermudah pemahaman kalian dan menambah wawasan kalian dalam materi simetri, kalian dapat membaca referensi Buku MODUL PELATIHAN SD KELAS TINGGI pada halaman 7 s.d halaman 17.
Setelah kita selesai diskusi pada forum diskusi, kalian kerjakan tugas berikut untuk mengukur pemahaman kalian. Tugas diserahkan kembali selambatnya pada Kamis, 21 November 2024 pada pukul 13.40 - 14.40 WIB
Petunjuk Pengerjaan!
- Kerjakan tugas berikut pada selembar kertas
- Tuliskan nama, NIM, Prodi, Nama Perguruan Tinggi di pojok kiri atas
- Waktu pengerjaan tugas mulai Rabu, 20 NOvember 2024 pukul 13.40 WIB
- Silahkan kalian scan tugas kalian kemudian kumpulkan kembali di LMS
- Pengumpulan tugas dalam bentuk 1 file pdf dengan ukuran file maksimal 1MB
Indikator Penilaian Umum:
-
Pemahaman Konsep (30%)
- Menunjukkan pemahaman terhadap konsep yang diuji (simetri putar, lipat, pencerminan, atau titik koordinat).
- Mampu menjelaskan dengan benar, menggunakan istilah yang sesuai.
-
Ketepatan Jawaban (40%)
- Jawaban sesuai dengan soal yang diberikan, baik dalam bentuk teks, gambar, maupun perhitungan.
- Jika melibatkan angka atau koordinat, hasilnya benar dan logis.
-
Kreativitas dan Contoh Nyata (20%)
- Mampu memberikan contoh aplikasi dari materi dalam kehidupan sehari-hari dengan relevansi yang baik.
- Memberikan penjelasan tambahan yang mendukung jawaban.
-
Kerapian dan Penyajian (10%)
- Jawaban disajikan dengan rapi, terstruktur, dan mudah dipahami.
- Gambar atau diagram (jika diperlukan) dibuat dengan jelas dan akurat.
Skor Penilaian:
- 85–100: Sangat Baik
Jawaban lengkap, benar, dan mendalam. Semua indikator terpenuhi. - 70–84: Baik
Jawaban benar, tetapi ada sedikit kekurangan dalam penyajian atau contoh. - 50–69: Cukup
Jawaban sebagian benar tetapi kurang detail atau terdapat beberapa kesalahan. - <50: Perlu Pembinaan
Jawaban kurang sesuai, banyak kesalahan, atau tidak menjawab secara signifikan.
Jika terdapat materi yang belum kalian memahami dalam video pembelajaran dan referensi yang sudah disajikan, kalian dapat mengajukan pertanyaan melalui forum diskusi ini.
Forum diskusi dapat kalian gunakan mulai pukul 13.00 -13.40 WIB
PERTEMUAN 12: PENGUKURAN 1
Assalamualaikum
Semangat untuk kita semua, Saya berharap kalian dalam kondisi yang sehat sehingga bisa mengikuti perkuliahan ini dengan baik.
Sebelum memulai perkuliahan hari ini, mari kita berdoa sesuai kepercayaan masing-masing.
Pada pertemuan hari ini kita memahami materi PENGUKURAN 1 melalui PPT
Setelah itu, silahkan kalian join dalam forum diskusi melalui zoom meeting
Pada pertemuan hari ini, materi kita adalah PENGUKURAN 1
Silahkan kalian download dan pahami materi Pengukuran I berikut
Jika ada materi yang kurang dipahami, silahkan ajukan pertanyaan pada saat zoom meeting
Setelah kalian memahami materi pada pertemuan hari ini, Silahkan kalian bergabung pada zoom meeting pada pukul 12.30 WIB untuk mendiskusikan materi yang kurang dipahami
Meeting ID: 738 2769 6877
Passcode: 6g3bKx
Jika ada sebagian mahasiswa yang mengalami kendala dalam mengakses link zoom meeting, maka saya akan memberikan link zoom meeting di WA Grup.
PERTEMUAN 13: PENGUKURAN 2
Assalamualaikum
Semangat untuk kita semua, Saya berharap kalian dalam kondisi yang sehat sehingga bisa mengikuti perkuliahan ini dengan baik.
Sebelum memulai perkuliahan hari ini, mari kita berdoa sesuai kepercayaan masing-masing.
Pada pertemuan hari ini kita memahami materi PENGUKURAN 2 melalui PPT
Setelah itu, silahkan kalian join dalam forum diskusi melalui zoom meeting
PERTEMUAN 14: PENGOLAHAN DATA
Assalamualaikum
Semangat untuk kita semua, Saya berharap kalian dalam kondisi yang sehat sehingga bisa mengikuti perkuliahan ini dengan baik.
Sebelum memulai perkuliahan hari ini, mari kita berdoa sesuai kepercayaan masing-masing.
Pada pertemuan hari ini kita memahami materi PENGOLAHAN DATA melalui video pembelajaran
Setelah memahami materi, silahkan kalian kerjakan kuis pada pertemuan hari ini
PERTEMUAN 15: MERANCANG PEMBELAJARAN MATEMATIKA SD
-
Assalamualaikum
Semangat untuk kita semua, Saya berharap kalian dalam kondisi yang sehat sehingga bisa mengikuti perkuliahan ini dengan baik.
Sebelum memulai perkuliahan hari ini, mari kita berdoa sesuai kepercayaan masing-masing.
Pada pertemuan hari ini kita memahami materi MERANCANG PEMBELAJARAN MATEMATIKA SD melalui PPT
Setelah itu, silahkan kalian join dalam forum diskusi melalui zoom meeting
Pada pertemuan hari ini, materi kita adalah MERANCANG PEMBELAJARAN MATEMATIKA SD
Silahkan kalian download dan pahami materi MERANCANG PEMBELAJARAN MATEMATIKA SD berikut
Jika ada materi yang kurang dipahami, silahkan ajukan pertanyaan pada saat zoom meeting
Untuk menambah wawasan kalian dalam garis besar kurikulum merdeka, kalian dapat mendownload dan membaca referensi berikut
Referensi ini tentang Keputusan Kepala Badan Standar, Kurikulum dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Tentang Perubahan Atas Keputusan Kepala Badan Standar, Kurikulum Asesmen, Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan , Riset, dan Teknologi Nomor 008/H/KR/2022 Tentang Capaian Pembelajaran pada Pendidikan Anak Usian Dini, Jenjang Pendidikan Dasar dan Jenjang Pendidikan Menengah pada Kurikulum Merdeka.
Khusus mata pelajaran matematika, kalian dapat membaca pada halaman 93 - 101
Selain itu Referensinya berisi tentang Pedoman Penerapan Kurikulum dalam Rangka Pemulihan Pembelajaran
Untuk mempermudah kalian dalam merancang perangkat ajar, kalian bisa mendownload dan memahami Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) dan Modul Ajar dalam pembelajaran Matematika Kelas IV
Setelah kita selesai diskusi pada zoom meeting, kalian kerjakan tugas projek berikut untuk mengukur pemahaman kalian
Petunjuk Pengerjaan!
1. Kerjakan tugas berikut pada word dengan lay out A4
2. Halaman pertama buatlah cover dengan berisikan Judul Tugas (Modul Ajar Matematika Kelas IV), logo PT, nama, NIM, Prodi, Nama Perguruan Tinggi dan tahun
3. Halaman 2 dan seterusnya berisi hasil tugas kalian berupa modul ajar
4. Pengumpulan tugas dalam bentuk 1 file pdf dengan ukuran file maksimal 500 kb
5. Pengumpulan Tugas Terakhir tanggal 19 Desember 2024 pukul 24.00 WIB
-