Topic outline

  • Perkenalan

    Hallo rekan-rekan mahasiswa, selamat datang di perkuliahan Robot Cerdas.

    Perkuliahan daring ini dapat tersaji atas dukungan dari Tim Belmawa melalui hibah Pengembangan dan Penyelenggaraan Pembelajaran Digital (P3D) Tahun 2024. Kami tim pengajar ucapkan terima kasih atas kepercayaan yang diberikan, semoga matakuliah ini dapat dimanfaatkan oleh peserta/mahasiswa yang mengikutinya.

    Matakuliah Robot Cerdas ini merupakan MK berbasis project (project-based learning) oleh karena itu diharapkan setelah mengikuti perkuliahan, mahasiswa mampu merancang dan membangun Robot Cerdas khususnya robot otonom yang dapat mengenali jalur / jalan

    Untuk mendukung mahasiswa dalam proses pembelajaran, kami siapkan dan bagikan slide presentasi beserta video pembelajaran untuk setiap materinya. 

    Adapun output dari perkuliahan ini adalah:

    1. buku ajar robot Cerdas
    2. robot autonomous car, berbasis Raspberry Pi
    3. Puluhan Video Pembelajaran 
    4. Info grafis 
    5. Hak Kekayaan Intelektual (HKI)

    Selain itu, izinkan kami memperkenalkan Dosen pengampu pada perkuliahan Robot Cerdas ini:

    Nama: Muh Pauzan, S.Si., M.Sc.

    email: pauzan.muh@gmail.com

    Jika anda ingin bertanya, silahkan hubungi via email.

    Sekali lagi, selamat bergabung di perkuliahan ini and dont hesitate to ask, Semangat!!!

    • Capaian Pembelajaran, Peta Kompetensi dan Kontrak Perkuliahan

      APAIAN PEMBELAJARAN

      Capaian Pembelajaran Matakuliah Robot Cerdas diambil dari dokumen Kurikulum Prodi Teknik Komputer, adapun capaian pembelajarannya adalah sebagai berikut:

      1. Mahasiswa mampu merancang robot beroda dengan mempertimbangkan kebutuhan perangkat keras
      2. Mahasiswa mampu melakukan pengambilan data collection pada robot berupa image jalur
      3. Mahasiswa mampu melakukan pengolahan data input berupa gambar jalur menjadi data collection/data training
      4. Mahasiswa mampu menerapkan algoritma Neural Network pada robot otonom pengikut arah jalur

      Bagaimana, menarik kan CPMKnya. Anda siap memulai perkuliahan? 

      PETA KOMPETENSI

      Berikut adalah peta kompetensi matakuliah Robot Cerdas, alur yang disajikan bermuara pada Capaian Pembelajaran yang sudah disampaikan di atas. Lebih jelas mengenai peta jalan dapat dilihat pada ilustrasi berikut ini:

      KONTRAK PERKULIAHAN

      Ketentuan penilaian pada perkuliahan ini adalah sebagai berikut:

      1. Keaktifan : 10%
      2. Tugas: 25%
      3. UTS: 10%
      4. UAS: 20%
      5. Project: 35%

      Pada akhirnya dengan segala CPMK dan subCPMKnya, anda dapat membuat Robot Cerdas yang dapat mengikuti jalur, ini bentuk Robot yang akan anda hasilkan:

      So, pastikan anda mengikuti kuliah ini dengan mode terbaik anda yaa!

      • Tahapan Persiapan Pembelajaran Robot Cerdas

        Panduan Sebelum Mengikuti Perkuliahan

        Sebelum mengikuti perkuliahan, silahkan lakukan langkah-langkah berikut ini:

        Mahasiswa Log in ke laman Spada melalui akun masing-masing.

        1. Mahasiswa melakukan enroll mata kuliah Robot Cerdas melalui akun masing-masing, gunakan enrolment key berikut ini: robotcerdas.
        2. Mahasiswa wajib membaca dan mempelajari RPS sebelum melakukan aktivitas pembelajaran.
        3. Mahasiswa wajib membaca Modul Ajar berupa presentasi power point sebelum mengikuti perkuliahan.
        4. Mahasiswa di setiap pertemuan wajib untuk :
          • Mempelajari materi pada masing-masing pokok bahasan yang disajikan melalui info grafis, powerpoint atau video eksplainer.
          • Mengerjakan evaluasi berupa soal latihan pada setiap pertemuan untuk mengukur ketercapaian sub CPMK dan CPMK.
          • Mengumpulkan jawaban evaluasi maksimal 6 hari setelah perkuliahan dilakukan.
          • Mahasiswa disediakan forum diskusi untuk menyampaikan pertanyaan terkait pokok bahasan yang telah dipelajari
        5. Mahasiswa akan mendapatkan pengalaman belajar menggunakan metode PBL (Project-Based Learning) dengan membuat projek self-driving robot berbasis penerapan algoritma Neural Network.

        Demikian petunjuk pembelajaran mata kuliah Robot Cerdas. Semoga rekan-rekan  mahasiswa dapat mengikuti seluruh rangkaian pembelajaran yang telah disusun oleh tim pengajar dengan baik, dan semoga diberi kelancaran dalam mempelajari materi-materi yang telah disiapkan. Akhir kata, selamat belajar dan tetap semangat dalam menuntut ilmu.

        RPS dan Buku Referensi

        Sebelum mengikuti perkuliahan ini ada baiknya anda membaca dengan seksama RPS kita selama satu semester perkuliahan, anda bisa mengetahui detail materi per pertemuan beserta capaian pembelajaran yang akan anda peroleh. Selain RPS, disertakan juga buku referensi sebagai referensi utama dalam pembelajaran. Yuk langsung saja lihat RPS dan bukunya:

      • Pertemuan I: Python Refresher

        Selamat datang di perkuliahan perdana kita, bagaimana kabar anda hari ini? semoga tetap sehat dan semangat ya, karena tanpa semangat kita tidak bisa maksimal dalam menuntut ilmu. Siapkan diri anda dan fokus pada materi yang kami sampaikan ya.

        pada pertemuan pertama, Capaian pembelajaran Mata Kuliah (CPMK) yang diharapkan adalah:

        CPMK032
        • Mahasiswa mampu melakukan pengambilan data collection pada robot berupa input gambar jalur

        Adapun sub CPMK yang ditargetkan pada pertemuan ini adalah:

        Sub CPMK0321
        • Mampu memahami bahasa pemrgoraman Python

        Materi

        Untuk mencapai subCPMK0321, kami sajikan beberapa materi yang bersifat mengulang/mereview bahasa Pemrograman python, materi-materinya adalah:

        1. Tuple
        2. Decision
        3. Fungsi
        4. Looping
        5. Module

        Bagaiamana? siap mulai mengikuti pembelajaran? ayoo kita mulai

      • Pertemuan II: NumPy (Numerical Python)

        Selamat datang di pertemuan II, bagaimana kabar anda hari ini? semoga tetap sehat dan semangat ya, yuk berlanjut ke materi dasar lainnya yaitu konsep NumPy (Numerical Python). Kenapa kita perlu mempelajari NumPy? yups, NumPy adalah konsep pengolahan data array yang lebih baik jika dibandingkan dengan list maupun tuple pada Python.  Jadi tak heran ya CPMKnya masih sama dengan pertemuan pertama, yaitu tentang pemahaman Bahasa Python.

        Capaian pembelajaran Mata Kuliah (CPMK) yang dimaskudkan pada pertemuan II adalah:

        CPMK032
        • Mahasiswa mampu melakukan pengambilan data collection pada robot berupa input gambar jalur

        Adapun sub CPMK yang ditargetkan pada pertemuan ini adalah:

        Sub CPMK0321
        • Mampu memahami Bahasa pemrgoraman Python

        Materi

        Untuk mencapai subCPMK0322, kami sajikan beberapa materi yang berakitan dengan NumPy, materi-materinya adalah:

        1. install dan Import library NumPy
        2. konversi array Python ke array NumPy
        3. indexing positif dan negatif
        4. array NumPy 1,2 dan 3 dimensi
        5. slicing array NumPy
        6. Tipe data dan slicingnya pada array NumPy
        7. Copy() vs view()

        siap memulai pembelajaran? yuk langsung saja kita mulai!

      • Pertemuan III: OpenCV

        Selamat datang di pertemuan III, tidak terasa ya sudah pertemuan III, tentu materinya semakin dalam ya...
        Rekan-rekan mahasiswa yang saya banggakan, materi kita pada pertemuan ini adalah tentang OpenCV, kenapa OpenCV? yups, ini adalah library yang sangat penting dalam pembuatan robot cerdas self driving yang akan kita hasilkan pada perkuliahan ini. Ibarat manusia, materi ini adalah jantungnya, jadi silahkan diikuti perkuliahannya dengan fokus ya...jika Anda memahami materinya, maka pembuatan robot cerdas juga akan terasa mudah. Ikuti alur materi dan asesmennya supaya kami tim pengajar mendapatkan hasil pemahaman yang maksimal dari Anda.

        CPMK

        Apa saja Capaian Pembelajaran pada pertemuan III? CPMKnya adalah sebagai berikut:

        • [CPMK032] Mahasiswa mampu melakukan pengambilan data collection pada robot berupa input gambar jalur

        SubCPMK

        Adapun subCPMK yang diharapkan adalah sebagai berikut:

        • [SCPMK0322] Mampu memahami OpenCV beserta penggunaannya dalam machine learning

        Jangan lupa kerjakan quiz dan tugasnya juga, yuk kita mulai perkuliahnnya!

      • Pertemuan IV: Review Dasar Elektronika (Arus, Tegangan, Rangkaian Seri dan Paralel, Daya dan Energi Listrik, Baterai dan Kapasitasnya)

        Hallo rekan-rekan mahasiswa, apa kabar Anda hari ini? semoga tetap sehat dan semangat ya, tidak terasa perkuliahan kita sudah 1/3 jalan ya...apakah sejauh ini anda mengalami kesulitan? jika iya, jangan lupa memberikan feedbacknya di kolom diskusi ya...

        Pada pertemuan kali ini, kami sampaikan materi tentang elektronika yaa...tapi tidak semua materi disajikan, yang kami berikan adalah konsep-konsep yang akan anda gunakan untuk project pembuatan robot cerdas. Pada materi ini, kami berharap anda dapat mengidentifikasi fungsi, menganalisis kebutuhan daya, serta karakteristik perangkat keras yang digunakan untuk pembuatan robot cerdas.

        Sudah tidak sabar mengikuti perkuliahan? Yuk langsung saja download materi dan simak penjelasan videonya dengan khidmat. Selamat berkuliah!!!

      • Pertemuan V: Raspberry Pi, Instalasi OS Raspbian dan Instalasi OpenCV

        Halo rekan-rekan mahasiswa, bagaimana kabar Anda? apakah sudah memahami konsep-konsep dasar yang disampaikan pada pertemuan-pertemuan sebelumnya? Semoga sudah faham ya..

        Pertemuan IV dimulai dengan pertanyaan: "Kenapa harus Raspberry Pi"? Kami sajikan jawaban atas pertanyaan ini di infografis di bawah ini. Selanjutnya kita lebih banyak fokus ke aspek teknikal yaitu melakukan instalasi OS Raspbian GNU / Linux 10 (Buster) pada Raspberry Pi 3 B+, dan instalasi OpenCV pada Raspberrynya yaa..

        Pada sesi ini, berikut adalah CPMK yang diharapkan diperoleh oleh mahasiswa:

        CPMK

        • CPMK031: Mahasiswa mampu merancang robot beroda dengan mempertimbangkan kebutuhan perangkat keras
        • CPMK032: Mahasiswa mampu melakukan pengambilan data collection pada robot berupa input gambar jalur

        Sedangkan, subCPMKnya adalah sebagai berikut:

        SCPMK

        • SCPMK0311: Mampu mengidentifikasi fungsi, menaganlisis kebutuhan daya, serta karakteristik perangkat keras yang digunakan

        • SCPMK0322: Mampu memahami OpenCV beserta penggunaannya dalam machine learning

        Anda siap memulai perkuliahan dan masih bertanya-tanya, kenapa menggunakan Raspberry Pi untuk membuat Robot? Yuk perhatikan infografis berikut ini sebagai bekal awal sebelum melakukan instalasi! 

      • Pertemuan VI: Mengontrol Motor DC

        Halo rekan-rekan mahasiswa, bagaimana kabar Anda hari ini? jangan lupa review dulu ya materi pada pertemuan-pertemuan sebelumnya. Nah pada kali ini kita akan membahas bagaimana cara mangontrol motor DC menggunakan Raspberry Pi. Pada materi ini, kami dari pengajar berharap Anda mampu mengidentifikasi fungsi, menganalisis kebutuhan daya serta karakteristik perangkat keras yang digunakan. 

        Lalu apa saja yang harus anda siapkan? Tenang semua kebutuhan perangkat kerasnya sudah kami sediakan, yang paling penting adalah Anda dapat memahami pembelajaran kita dengan dalam ya karena perkuliahan ini tidak hanya teori tapi praktek.

        Oya tugasnya jangan lupa dikerjakan ya...ingat dikerjakan per kelompok, bukan sendiri-sendiri. Selamat mengikuti perkuliahan!!!!

      • Pertemuan VII: Assembly Robot

        Rekan-rekan mahasiswa yang saya banggakan, akhirnya sampai juga kita pada bagian yang ditunggu-tunggu. Yupz pada kali ini kita tidak memberikan materi perkuliahan tapi kalian akan melakukan assembly robot yaa...untuk semua komponen dan bahan yang diperlukan, silahkan Anda ambil di ruangan saya di kampus. Lalu apa sih yang diharapkan dari pertemuan ini? Kami mengharapkan Anda mampu mengidentifikasi fungsi, menganalisis kebutuhan daya serta karakteristik perangkat keras yang digunakan. 

        Tunggu apa lagi? yuk segera buat robotnya...selamat mencoba!!!!

      • UTS (Ujian Tengah Semester)

        Hallo rekan-rekan mahasiswa, akhirnya kita sudah sampai pada pertengahan perkuliahan robot cerdas. Oleh karena itu kami selaku pengajar perlu untuk melakukan assesment guna mengukur ketercapaian CPMK yang sudah kami rancang terhadap tingkat pemahaman mahasiswa. Harapan kami dengan adanya penilaian tengah semester ini, kami menemukan letak kekurangan perkuliahan ini terutama pada aspek materi seperti metode penyampaiannya, sehingga ke depan pelaksanaan perkuliahannya semakin efektif dan semakin baik. Baiklah selamat mengerjakan UTS ya!

      • Pertemuan VIII: Kontrol Robot dengan Joystick

        Hallo rekan-rekan mahasiswa, bagaimana feeling setelah mengikuti UTS? Optimis nilainya bagus? semoga ya dan yang tidak kalah penting adalah memahami materi-materi yang diajarkan. 

        Pada pertemuan kali ini, kita akan mencoba mengontrol gerak robot menggunakan Joystick. Pengajar akan menjelaskan sintaks kode bagaimana cara kerja joystick dapat mengontrol gerakan robot. Jadi kalian perlu mereview lagi terkait pemahaman bahasa pemrograman Python which is sudah kami sampaikan pada pertemuan pertama. Selain itu, tujuan akhirnya adalah nanti kita memanfaatkan materi pada pertemuan ini pada saat melakukan pengambilan data latih di pertemuan berikutnya. Jadi pastikan anda bisa mengontrol gerak robot ya...jika anda bermasalah pada pertemuan ini, maka anda tidak bisa melakukan pengambilan data collection (data latih). Selamat mengikuti dan mencoba!