Topic outline

  • PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS RENDAH

    Selamat datang dan selamat bergabung dengan Kuliah Daring Bahasa Indonesia Kelas Rendah bersama saya Dewi Tryanasari dan Tim. Kami adalah dosen aktif di IKIP PGRI Madiun yang bergerak dalam bidang bahasa Indonesia dan pembelajarannya di SD.

    Pada dasarnya Bahasa adalah salah satu kompetensi wajib yang harus dikuasasi oleh manusia sebagai maklhuk sosial untuk mampu berinteraksi dengan sesamanya. Dengan penguasaan kompetensi berbahasa yang mumpuni seseorang akan mampu eksis di dunia ini. Sayangnya pembelajaran bahasa Indonesia di SD seringkali dianggap tidak penting oleh masyarakat kita sebab ditengarai bahwa saat ini bahasa Indonesia telah dikuasai oleh siswa bahkan sebelum mereka ada pada masa sekolah. Orang tua di era modern cenderung memajankan bahasa Indonesia kepada putra-putrinya sebagai bahasa Ibu yang digunakan untuk komunikasi sehari-hari. Sehingga pengajaran bahasa Indonesia kepada anak berusia dini cenderung mengarah pada pemerolehan bahasa dari pembelajaran bahasa. Keuntungan utama yang diperoleh adalah anak menjadi komunikatif dalam menggunakan bahasa Indonesia namun konteks komunikasi yang dikuasai tentu merupakan komunikasi tidak resmi. Akbatnya kemampuan yang bersifat formal pada keterampilan berbahasa seringkali terabaikan karena siswa merasa jenuh dengan bahasa itu sendiri.

    Kenyataan di lapangan, tentang budaya dan kemampuan literasi bangsa Indonesia sangat memprihatinkan. Berdasarkan penilaian Programme for International Assessment of Adult Competencies (PIAAC) yang baru pertama kali diikuti Indonesia tahun 2016 ini, menujukkan hasil yang memprihatinkan. Dari 34 negara anggota Organization for Economic Co-operation and Development(OECD), penilaian kemampuan numerasi, literasi, serta kemampuan memecahkan masalah para responden masyarakat dewasa ini di Jakarta, ternyata Indonesia berada di peringkat paling bungsu (dikutip dari sini)

    Bertitik tolak dari hal tersebut maka dalam perkuliahan ini akan disajikan paradigma pembelajaran bahasa Indonesia secara umum, pembelajaran bahasa Indonesia di kelas rendah, serta literasi inovatif yang bisa diterpkan di lapangan sebagai bekal calon guru SD menghadapi perubahan. Keseluruhan konten dalam perkuliahan tersebut akan terbagi ke dalam 8 sub topik yang dilengkapi dengan diskusi sekaligus latihan soal.

    Sekali lagi selamat bergabung, harapan kami materi ini dapat memperluas wawasan mahasiswa tentang gambaran pembelajaran Bahasa Indonesia di lapangan. Untuk RPS lengkap bisa dilihat pada file PDF di bawah ini:

  • TOPIK 1. PARADIGMA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SD

    • MATERI File 400.1KB PDF document Uploaded 22/11/16, 23:09
  • TOPIK 2. PERKEMBANGAN BAHASA ANAK

    Topik ini membahas perkembangan bahasa anak secara umum

    • MATERI File 394.6KB PDF document Uploaded 23/11/16, 16:20
  • TOPIK 3. TEORI PENGAJARAN BAHASA DI SD KELAS RENDAH

    Dalam sebuah proses pembelajaran tentu membutuhkan teori yang melandasi pembelajaran tersebut agar tetap terkontrol dan berada pada koridor akademik yang relevan. Oleh sebab itu, teori tentang pengajaran bahasa di SD kelas rendah penting untuk dipelajari dan dipahami lebih lanjut.

    • MATERI File 325.4KB PDF document Uploaded 29/11/16, 14:27
  • TOPIK 4. KETERAMPILAN RESEPTIF SESUAI PERKEMBANGAN BAHASA ANAK

    Pada topik ini dijelaskan tentang keterampilan reseptif ditinjau dari pengertian, perbedaan, hingga jenis dan manfaatnya. Hal tersebut tentu saja didasarkan pada perkembangan kompetensi bahasa anak yang berbeda sesuai tahap perkembangannya, yang dalam hal ini terkonsentrasi pada kelas rendah di sekolah dasar. Untuk lebih memahami topik ini ada baiknya Anda membaca dan memahami penelitian terbaru mengenai keterampilan reseptif dalam literasi untuk kelas rendah di sekolah dasar.

    • MATERI File 304KB PDF document Uploaded 29/11/16, 14:27
  • TOPIK 5. KETERAMPILAN PRODUKTIF SESUAI PERKEMBANGAN BAHASA ANAK

    Pada topik ini dijelaskan tentang keterampilan produktif ditinjau dari pengertian, perbedaan, hingga jenis dan manfaatnya. Hal tersebut tentu saja didasarkan pada perkembangan kompetensi bahasa anak yang berbeda sesuai tahap perkembangan, yang dalam hal ini terkonsentrasi pada kelas rendah di sekolah dasar. Untuk lebih memahami topik ini ada baiknya Anda membaca dan memahami penelitian terbaru mengenai keterampilan produktif dalam literasi untuk kelas rendah di sekolah dasar.

  • TOPIK 6. LITERASI DI TINGKAT DASAR

    Topik ini membahas tentang kemampuan literasi yang ada di Sekolah Dasar

  • TOPIK 7. MENCIPTAKAN LINGKUNGAN LITERAT DI SD

    Topik ini membahas tentang lingkungan literat yang mendukung kegiatan literasi di sekolah.

  • TOPIK 8. PENGEMBANGAN KEGIATAN LITERASI INOVATIF DI SD KELAS RENDAH

    Topik yang dibahas dalam pertemuan ini merupakan pengembangan dari topik penciptan lingkungan literat di SD. Pada topik ini akan disajikan tentang bagaimana kegiatan literasi yang bisa dilakukan di sekolah dengan ketersediaan lingkungan literat.