PENDIDIKAN IPA DI SD
Assalamualaikum warahmatullahii wabarakatuh...
Selamat datang di kelas daring mata kuliah PENDIDIKAN IPA DI SD.
Mata kuliah ini memfasilitasi, mahasiswa S1 PGSD untuk mampu mengkaji materi tentang kemampuan merancang, melaksanakan, dan mengevaluasi proses dan hasil pembelajaran sains dengan menggunakan pendekatan, metode dan alat bantu pembelajaran yang sesuai dengan materi dan indikator yang harus dicapai seperti yang tercantum pada kurikulum dengan memperhatikan perkembangan dan karakteristik siswa. Mata kuliah ini berisi pokok bahasan Teori Belajar dalam Pembelajaran, Pendekatan dalam Pembelajaran IPA SD, Metode dalam Pembelajaran IPA SD, Keterampilan Proses IPA di SD, Media dan Alat Peraga dalam Pembelajaran IPA, Pembelajaran IPA Terintegrasi, Evaluasi Proses dan Hasil Belajar IPA, Telaah Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan 2013 dan Penjabarannya dalam Rancangan Pembelajaran IPA di Tingkat SD/MI dan Merancang Pembelajaran IPA. Untuk mengukur kompetensi yang diperoleh mahasiswa dilakukan evaluasi melalui Tugas Tutorial dan UAS.
Pada kelas daring ini, silakan Anda perhatikan fitur progress bar dan fitur level up.. Pada fitur progress bar akan terlihat berbagai jenis kegiatan yang harus Anda ikuti. Kemudian pada fitur level up, Anda dapat meningkatkan level Anda pada mata kuliah ini dengan mengikuti berbagai kegiatan dalam kelas daring ini secara aktif.
Keaktifan Anda dalam kelas daring adalah sama halnya dengan keaktifan di dalam kelas tatap muka.
Jika Anda menemukan hambatan atau kendala dalam mata kuliah ini, silakan hubungi dosen pengampu perkuliahan,
- Dr. Andi Makkasau, M.Pd.
- Dr. Erma Suryani Sahabudin, M.Pd.
- Muhammad Irfan, S.Pd., M.Pd
- Hotimah, S.Pd.Si., M.Pd.
- Siti Raihan, S.Pd., M.Pd.
Adapun materi perkuliahan yaitu:
- Hakikat Pembelajaran IPA di SD
- Keterampilan Berpikir dalam Pembelajaran IPA di SD
- Keterampilan Proses Dasar dan Keterampilan Proses Lanjut/Terintegrasi
- Analisa Kurikulum dan Silabus (Pemetaan Kompetensi IPA) di SD
- Pembelajaran IPA Abad 21
- Perencanaan Pembelajaran IPA di SD
- Pengembangan Bahan Ajar
- Perencanaan Kegiatan Praktikum IPA di SD
- Pengembangan LKPD dan Media Pembelajaran
- Pengembangan Evaluasi Pembelajaran IPA di SD
- Implementasi Pembelajaran IPA di SD
Referensi:
- Gillespie, H. & Gillespie, R. 2007. Science for Primary School Teachers. London: McGrawHill and Open University.
- Boehm, R.G. & Webb, B. 2002. Skills Handbook Using Social Studies.Columbus, OH: SRA/McGraw-Hill.
- Hall, M.A. 2008. Plants are the Strangest People: Brain. Tersedia: http://plantsarethestrangestpeople.blogspot.com. [28 Januari 2011].
- LIFE. 2002. Hayman Fire. Tersedia: http://www.life.com/image/793111. [28 Januari 2011].
- Santrock, John W. 2008. Educational Psychology, 2nd Edition Edisi Terjemahan. Jakarta: Kencana.
- Sternberg, Robert J. 2008. Cognitive Psychology, Fourth Edition Edisi terjemahan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.