Tugas Pertemuan Ke-12

Rancang Strategi STP dan Voice of Customer

Mahasiswa telah mempelajari mengenai strategi pemasaran dan Voice of Customer. Penugasan ini dikerjakan secara berkelompok dengan jumlah anggota 2 – 3 orang. Adapun instruksi kerja yang harus dilakukan untuk mengerjakan proyek ini dengan memperhatikan beberapa hal berikut:

  1. Identifikasi strategi STP dan bauran pemasaran 4P dari konsep produk yang akan dikembangkan. Tulislah hasilnya sesuai dengan format tabel berikut.

 

  1. Kumpulkan informasi terkait atribut produk Anda yang akan dinilai oleh responden yang berpotensi menjadi calon konsumen. Rancang kuesioner yang menunjukkan tingkat kepuasan konsumen dan harapan konsumen dengan menggunakan Skala Likert rentang 1 - 5. Minimal variabel yang diharapkan untuk masuk ke dalam list Voice of Customer yaitu 12 variabel. Pengambilan data dapat memilih beberapa opsi berikut:
    1. Focus group discussion (FGD). Lakukan FGD dengan beberapa konsumen potensial yang akan menjadi responden. Siapkan topik FGD yang tentunya berfokus pada fungsi produk. Topik FGD harus memuat tujuh dimensi kualitas menurut Kotler dan Armstrong
    2. Kuesioner. Rancang kuesioner mengenai ide produk yang akan Anda buat, untuk mendapatkan apa yang dibutuhkan konsumen dengan memperhatikan unsur dimensi kualitas menurut Kotler dan Armstrong. Kuesioner yang dirancang adalah berskala Likert 1 – 5 yang menunjukkan kinerja produk atau tingkat kepentingan atribut tersebut diperlukan
    3. Wawancara (face to face interaction). Menyiapkan materi pertanyaan yang akan diajukan dan mengundang langsung responden untuk dilakukan interview.
  1. Adapun responden yang akan Anda kumpulkan minimal 30 responden baik pengambilan data berupa FGD maupun kuesioner
  2. Atribut produk mencakup tujuh dimensi kualitas dengan jumlah minimal 18 atribut. Setiap dimensi terwakili oleh minimal satu atribut
  3. Tentukan Voice of Customer dari pengambilan data ke-30 responden tersebut dan tentukan prioritas dari semua atribut tersebut yang perlu diperbaiki
  4. Adapun matriks penilaian dari penugasan ini yaitu:

Aspek yang dinilai

BOBOT

KETERANGAN

Kelengkapan uraian strategi pemasaran

0.20

Strategi STP dan bauran pemasaran dijabarkan dengan spesifik sesuai produk yang dikembangkan, jelas dan lengkap, dilengkapi dengan data kuantitatif

Teknik pengumpulan informasi atribut

0.15

Menerapkan setidaknya satu dari tiga pilihan teknik pengumpulan informasi. Terdapat instruksi yang jelas untuk responden mengenai tata cara pelaksanaan survei tersebut. Minimal jumlah 30 responden terpenuhi

Kualitas atribut pertanyaan

0.2

Menerapkan skala Likert yang memiliki ilustrasi level item yang logis dan berjenjang. Minimal jumlah atribut adalah 18

Analisis voice of customer

0.35

Dapat menginterpretasi hasil survei dengan menemukan skala prioritas setiap atribut yang ada di semua dimensi kualitas. Dapat menjelaskan hasil interpretasi dengan baik dan komprehensif. Menerapkan lima langkah pengujian konsep yang dijabarkan secara komprehensif.

Kesesuaian format

0.1

Analisis ditulis di MS Word dengan format Cambria / 12pt / 1.15 space / justify. Penulisan mengikuti kaidah penulisan yang benar, sistematis, penggunaan ejaan yang tepat serta mengikuti format penulisan