Topic outline

  • Pengembangan Produk


    Dosen Pengampu

      Nama : ARIEF RAHMAWAN
    Email: arief.rahmawan@unida.gontor.ac.id

    Mata Kuliah   :   Pengembangan Produk
    Kode   :   TIP5129
    Program Studi   :   S1 Teknologi Industri Pertanian
    Perguruan Tinggi   :   Universitas Darussalam Gontor

    Mata kuliah Pengembangan Produk adalah mata kuliah kompetensi utama yang berkontribusi pada capaian pembelajaran prodi dalam mengembangkan gagasan moslem technopreneur dan mampu merancang prototype produk agroindustri. Mata kuliah ini mempelajari mengenai konsep dasar pengembangan produk, pengembangan produk dalam sudut pandang maqasid syariah, tahapan pengembangan produk dan metode Quality Function Deployment. Mata kuliah ini menunjang profil lulusan menjadi technopreneur dan menjadi ahli di bidang riset dan pengembang produk agroindustri

    Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK)

    1. Mampu menjabarkan konsep dasar pengembangan produk di bidang agroindustri
      • Mampu menjelaskan definisi inovasi, produk, dan tantangan pengembangan produk
      • Mampu menghubungkan konsep pengembangan produk dengan prinsip maqashid syariah
      • Mampu menguraikan struktur organisasi dalam pengembangan produk agroindustri dan pengelolaannya
    2. Mampu menganalisis penjadwalan suatu proyek pengembangan produk agroindustri
      • Mampu menggambar diagram jalur pada suatu proyek pengembangan produk agroindustri
      • Mampu menentukan jalur kritis (critical path) pada suatu proyek pengembangan produk agroindustri
    3. Mampu mempraktekkan tahapan dalam mengembangkan produk agroindustri
      • Memahami siklus hidup produk dan level produk agroindustri
      • Mampu menganalisis teknik menyeleksi dan memilih ide
      • Mampu memahami teknik pengembangan dan pengujian produk agroindustri
    4. Mampu mempraktekkan metode pengembangan produk agroindustri
      • Mampu menganalisis submatriks dalam House of Quality (HoQ): Technical Response dan Relationship
      • Mampu menganalisis submatriks dalam House of Quality (HoQ): Planning Matrix dan Technical Matrix
    5. Mampu mempraktekkan pengujian dan komersialisasi produk agroindustri
      • Mampu memformulasikan dan mengevaluasi pengujian sensoris
      • Mampu mendefinisikan tahapan komersialisasi produk
  • Pertemuan ke-1

    Pengantar Pengembangan Produk

    Assalaamu’alaikum Warahmatullahi wa Barakaatuh

    Apa kabar para mahasiswa? Semoga dalam keadaan sehat dan selalu diberikan kemudahan di setiap langkah dalam menuntut ilmu ya.

    Materi pembelajaran pertemuan ke-1 mata kuliah Pengembangan Produk adalah tentang Pengantar Pengembangan Produk. Pokok bahasan materi di antaranya:

    1. Definisi inovasi, produk, dan pengembangan produk
    2. Tujuh dimensi kualitas produk
    3. Faktor pendukung dan penghambat pengembang produk di bidang agroindustri

    Adapun capaian pembelajaran yang diharapkan setelah mengikuti pertemuan ini yaitu:

    1. Mahasiswa mampu menjabarkan definisi inovasi, produk, dan pengembangan produk
    2. Mahasiswa mampu mengidentifikasi faktor pendukung dan penghambat pengembangan produk di bidang Agroindustri

     Tata Cara pelaksanaan pertemuan ke-1:

    1. Silahkan mahasiswa mengakses link video berikut
    2. Anda harus menyimak video pembelajaran secara keseluruhan hingga tuntas
    3. Pada saat melihat video, anda diwajibkan untuk menjawab soal quiz yang ada pada video tersebut.
  • Pertemuan ke-2

    Pengembangan Produk Agroindustri dalam Islam

    Assalaamu’alaikum Warahmatullahi wa Barakaatuh

    Apa kabar para mahasiswa? Semoga dalam keadaan sehat dan selalu diberikan kemudahan di setiap langkah dalam menuntut ilmu ya.

    Materi pembelajaran pertemuan ke-2 mata kuliah Pengembangan Produk adalah tentang Pengembangan Produk Agroindustri dalam Islam. Pokok bahasan materi di antaranya:

    1. Definisi Maqashid Syariah
    2. Lima hal inti Maqashid Syariah menurut Imam Asy-Syatibi
    3. Hubungan Maqashid Syariah dengan pengembangan produk

    Adapun capaian pembelajaran yang diharapkan setelah mengikuti pertemuan mahasiswa mampu menjabarkan konsep pengembangan produk dari sudut pandang Maqashid Syariah

    Tata Cara pelaksanaan pertemuan ke-2:

    1. Silahkan mahasiswa mengakses link video berikut
    2. Anda harus menyimak video pembelajaran secara keseluruhan hingga tuntas
    3. Pada saat melihat video, anda diwajibkan untuk menjawab soal quiz yang ada pada video tersebut
  • Pertemuan ke-3

    Organisasi dalam Pengembangan Produk

    Assalaamu’alaikum Warahmatullahi wa Barakaatuh

    Apa kabar para mahasiswa? Semoga masih semangat untuk terus mencari ilmu dan kita semua selalu dalam keadaan sehat dimudahkan di setiap langkah dalam mencari dan melakukan kebaikan ya. Setiap perusahaan atau enterprise dalam menjalankan aktivitasnya tentu memerlukan sumber daya manusia yang memiliki tanggung jawab dan pekerjaan yang berbeda. Mereka saling berkoordinasi dan bekerja sama antar fungsinya masing-masing untuk mencapai tujuan perusahaan. Oleh karena itu, merancang struktur organisasi sangatlah penting, sebagai upaya perusahaan untuk mencapai tujuan mereka. Nah sekarang kita akan belajar mengenai Organisasi dalam Pengembangan Produk. Pokok bahasan materi di antaranya:

    1. Pentingnya struktur organisasi dalam sebuah perusahaan
    2. Konsep struktur organisasi secara umum
    3. Manajemen organisasi dalam pengembangan produk

    Adapun capaian pembelajaran yang diharapkan setelah mengikuti pembelajaran ini mahasiswa mampu:

    1. Mampu menguraikan macam-macam struktur organisasi dalam suatu perusahaan
    2. Mampu menjabarkan acuan tertentu dalam organisasi pengembangan produk
    3. Mampu merancang struktur organisasi pengembangan produk agroindustri secara mandiri

     Tata Cara pelaksanaan pertemuan ke-3:

    1. Silahkan mahasiswa mengakses link e-module
    2. Anda harus membaca dengan seksama semua materi hingga tuntas
  • Pertemuan ke-4

    Penjadwalan Proyek pada Pengembangan Produk: Konsep Dasar Path Diagram pada Critical Path Method

    Assalaamu’alaikum Warahmatullahi wa Barakaatuh

    Semoga kita selalu dalam perlindungan Allah dan masih diberikan semangat untuk terus mencari ilmu. Semoga kita semua selalu dalam keadaan sehat dimudahkan di setiap langkah dalam mencari dan melakukan kebaikan ya.

    Sebuah enterprise perlu untuk melaksanakan pengembangan produk perlu menentukan durasi waktu setiap tahapan dalam pengembangan produk. Terdapat sebuah metode yang dilakukan untuk menggambarkan sebuah proyek dan urutan kegiatan yang dibutuhkan untuk menyelesaikan proyek pengembangan produk tersebut. Pertemuan kali ini kita akan belajar mengenai penjadwalan proyek dengan menggunakan path diagram. Pokok bahasan materi di antaranya:

    1. Definisi dan fungsi dari Critical Path Method (CPM)
    2. Kaitannya CPM dengan path diagram (diagram jalur)
    3. Langkah-langkah perancangan path diagram dengan studi kasus

    Adapun capaian pembelajaran yang diharapkan setelah mengikuti pembelajaran ini  mahasiswa mampu menggambar diagram jalur pada suatu proyek pengembangan produk agroindustri.

    Tata Cara pelaksanaan pertemuan ke-4:

    1. Akses video di bawah ini dan pelajari dengan seksama semua pokok bahasan
    2. Setelah melihat video, kerjakan tugas kelompok dan pelajari tata cara melakukan tugas tersebut
  • Pertemuan ke-5

    Analisis Critical Path Method pada Proyek Pengembangan Produk Agroindustri

    Assalaamu’alaikum Warahmatullahi wa Barakaatuh

    Apa kabar para pencari ilmu? Semoga kita selalu dalam perlindungan Allah, diberikan semangat untuk terus mencari ilmu. Semoga kita semua selalu dalam keadaan sehat dimudahkan di setiap langkah dalam mencari dan melakukan kebaikan ya.

    Pada pertemuan sebelummnya kita belajar mengenai penjadwalan proyek dengan menggunakan path diagram. Pada kesempatan kali ini kita akan membahas lebih mendalam mengenai bagaimana menentukan jalur kritis (critical path) dalam sebuah rangkaian urutan proyek. Adapun bahasan materi yang dipelajari di antaranya:

    1. Konsep dasar Critical Path Method (CPM)
    2. Langkah penyelesaian teknik CPM
    3. Menentukan earliest dan latest time, serta slack activities
    4. Studi kasus teknik CPM pada proyek pengembangan produk agroindustri

    Adapun capaian pembelajaran yang diharapkan setelah mengikuti pembelajaran ini mahasiswa mampu menentukan jalur kritis (critical path) pada suatu proyek pengembangan produk agroindustri

    Tata Cara pelaksanaan pertemuan ke-5:

    1. Silahkan mahasiswa mengakses link e-module
    2. Anda harus membaca dengan seksama semua materi hingga tuntas
    3. Join zoom untuk berdiskusi dengan saya di link kuliah online ini.
  • Pertemuan ke-6

    Siklus Hidup Produk pada Produk Agroindustri

    Assalaamu’alaikum Warahmatullahi wa Barakaatuh

    Apa kabar para cendekiawan muda? Semoga kita senantiasa diberikan kesehatan, dimudahkan setiap langkah kita dalam melakukan kebaikan dan dalam mencari ilmu. Tak terasa sudah memasuki pertemuan keenam dari pembelajaran mata kuliah Pengembangan Produk.

    Seperti yang kita tahu, makhluk hidup secara umum memiliki siklus hidup. Namun, benda mati (inanimate objects) juga ternyata bisa memiliki siklus hidup. Benda tersebut dikenal sebagai “produk”. Seperti apa siklus hidup sebuah produk? Mari kita pelajari beberapa bahasan materi berikut:

    1. Definisi Product Life Cycle (PLC)
    2. Fase dalam Product Life Cycle (PLC)

    Dengan mengikuti pembelajaran ini, mahasiswa dapat:

    1. Mahasiswa mampu menguraikan konsep dasar siklus hidup produk (product life cycle)
    2. Mampu menjabarkan hubungan antara product life cycle dengan pengembangan produk

     Tata Cara pelaksanaan pertemuan ke-6:

    1. Silahkan mahasiswa mengakses link video berikut
    2. Anda harus menyimak video pembelajaran secara keseluruhan hingga tuntas
    3. Pada saat melihat video, anda diwajibkan untuk menjawab soal quiz yang ada pada video tersebut

  • Pertemuan ke-7

    Penentuan Level Produk

    Assalaamu’alaikum Warahmatullahi wa Barakaatuh

    Apa kabar para cendekiawan muda? Semoga kita senantiasa diberikan kesehatan, dimudahkan setiap langkah kita dalam melakukan kebaikan dan dalam mencari ilmu. Video ini adalah materi pembelajaran pertemuan ke-7 mata kuliah Pengembangan Produk.

    Setelah kita mempelajari siklus hidup produk, bahasan selanjutnya adalah konsep dasar level sebuah produk. Dalam praktiknya, perusahaan berusaha untuk memaksimalkan nilai yang mereka tawarkan pada setiap level produk, sehingga dapat membedakan diri mereka dari pesaing dan memenangkan kepercayaan pelanggan. Penentuan level produk membantu para pemasar memahami bagaimana pelanggan melihat dan menilai produk atau jasa. Adapun materi yang akan dibahas meliputi:

    1. Kaitan level produk dengan pengembangan produk
    2. Customer-value hierarchy atau yang disebut level produk

    Dengan mengikuti pembelajaran ini, mahasiswa dapat membedakan tingkatan produk berdasar pada customer-value hierarchy.

     Tata Cara pelaksanaan pertemuan ke-7:

    1. Silahkan mahasiswa mengakses link video berikut
    2. Anda harus menyimak video pembelajaran secara keseluruhan hingga tuntas
    3. Setelah melihat video, silahkan bergabung ke online meeting dengan klik link ini.

  • Pertemuan ke-8

    Midterm Examination (Ujian Tengah Semester)

    Assalaamu’alaikum Warahmatullahi wa Barakaatuh

    What’s Up young scholars? Semoga kita semua selalu dalam perlindungan Allah SWT dan diberikan keberkahan di setiap langkah kita dalam berjihad mencari ilmu. Tidak terasa pembelajaran sudah memasuki paro semester dan tibalah memasuki agenda Ujian Tengah Semester.

    Video ini menjelaskan mengenai pengerjaan Ujian tengah Semester (UTS) mata kuliah Pengembangan Produk. Adapun materi yang menjadi bahan UTS di antaranya:

    1. Pengantar Pengembangan Produk
    2. Pengembangan Produk Agroindustri dalam Islam
    3. Organisasi dalam Pengembangan Produk
    4. Penjadwalan Proyek pada pengembangan Produk

    Tata Cara melaksanakan UTS

    Mahasiswa perlu memperhatikan dengan seksama ketentuan dalam menyelesaikan Ujian Tengah Semester, sebagai berikut:

    1. Produk yang dianalisis adalah produk agroindustri baik makanan atau minuman yang dibuat oleh perusahaan nasional / multinasional dan dijual minimal secara nasional
    2. Soal ditulis ulang dan dikerjakan di MS Word dengan format penulisan Cambria / 12 pt / 1.15 space / justify
    3. Cantumkan beberapa referensi yang mendukung pengerjaan UTS ini. Adapun jenis referensi yang dapat disitasi adalah buku, artikel ilmiah, website resmi perusahaan terkait, wikipedia, report, dan/atau media massa bereputasi nasional. Referensi tidak boleh berasal dari blogspot individu
    4. Akses video di bawah ini dan penilaian UTS mengacu pada matriks yang ada pada video.

    Selamat mengerjakan dengan seksama dan semoga Allah memudahkan kita semua.

  • Pertemuan ke-9

    8 Tahapan Pengembangan Produk

    Assalaamu’alaikum Warahmatullahi wa Barakaatuh

    What’s Up young scholars? Semoga kita senantiasa diberikan kesehatan, dimudahkan setiap langkah kita dalam melakukan kebaikan dan dalam mencari ilmu. Kali ini kita memasuki materi pembelajaran pertemuan ke-9 mata kuliah Pengembangan Produk mengenai 8 tahapan dalam melakukan pengembangan produk.

    Tahapan pengembangan produk adalah proses yang saling berkesinambungan dan melibatkan kerja sama dan koordinasi antar departemen fungsional dalam sebuah industri. Tahapan dimulai dengan pengumpulan ide hingga komersialisasi produk. Setiap tahapan memiliki teknik dan metode yang dilakukan untuk mencapai tujuan/target dari setiap tahapan pengembangan produk. Adapun materi yang dibahas mencakup penjelasan setiap tahapan serta metode yang digunakan di setiap tahapan pengembangan produk.

    Capaian pembelajaran dari pembelajaran ini adalah mahasiswa mampu:

    1. Menguraikan tahapan dalam pengembangan produk
    2. Menguraikan metode yang dilakukan pada setiap tahapan pengembangan produk

    Tata Cara pelaksanaan pertemuan ke-9:

    1. Akses link https://bit.ly/8tahap_pengemb_produk ini untuk melihat infografis tahapan pengembangan produk
    2. Baca dengan seksama dan kerjakan tugas sebagai bentuk evaluasi pembelajaran
  • Pertemuan ke-10

    Pengumpulan dan Seleksi Ide

    Assalaamu’alaikum Warahmatullahi wa Barakaatuh

    What’s Up young scholars? Semoga kita senantiasa diberikan kesehatan, dimudahkan setiap langkah kita dalam melakukan kebaikan dan dalam mencari ilmu. Kali ini kita memasuki materi pembelajaran pertemuan ke-10 mata kuliah Pengembangan Produk mengenai tahapan awal pengembangan produk, yaitu pengumpulan dan seleksi ide.

    Video ini adalah materi pembelajaran pertemuan ke-10 mata kuliah Pengembangan Produk. Video ini membahas materi di antaranya:

    1. Dasar idea generation
    2. Five step method
    3. Visualisasi, Empati, dan Pembentukan Ide
    4. Idea screening

    Adapun capaian pembelajaran dari video ini diharapkan mahasiswa mampu:

    1. Menjelaskan pentingnya ide sebagai fase awal dalam pengembangan produk
    2. Menganalisis five step method dalam mencari ide
    3. Mampu mempraktekkan proses pemilihan ide

    Tata Cara pelaksanaan pertemuan ke-10:

    1. Akses video ini dan simak dengan seksama materi yang dibahas
    2. Kerjakan tugas sebagai bentuk evaluasi pembelajaran

  • Pertemuan ke-11

    Pengembangan dan Pengujian Konsep Produk

    Assalaamu’alaikum Warahmatullahi wa Barakaatuh

    What’s Up Good People? Semoga kita senantiasa diberikan kesehatan, dimudahkan setiap langkah kita dalam melakukan kebaikan dan dalam mencari ilmu. Tak terasa kita sudah memasuki pertemuan ke-11 dan kita akan belajar mengenai Pengembangan dan Pengujian Konsep Produk. Adapun materi yang dibahas mencakup:

    1. Pengembangan konsep sebuah produk
    2. Perbedaan product idea, product concept, dan product image
    3. Spesifikasi produk dan visualisasi produk

    Setelah mempelajari materi pertemuan ini, harapan kami mahasiswa memiliki kemampuan dalam aspek berikut:

    1. Memahami tahapan pengembangan konsep pada produk agroindustri
    2. Merancang spesifikasi fisik produk
    3. Membuat visualisasi produk

    Tata cara pelaksanaan pertemuan ke-11

    1. Akses materi pembelajaran dengan klik tulisan materi pertemuan ke-11
    2. Anda akan melihat file presentasi dan pahami materi dengan baik dan serius
    3. Kerjakan penugasan setelah menyelesaikan materi tersebut
  • Pertemuan ke 12

    Strategi Pemasaran dalam Pengembangan Produk

    Assalaamu’alaikum Warahmatullahi wa Barakaatuh

    Apa kabar para cendekiawan muda? Semoga kita senantiasa diberikan kesehatan, dimudahkan setiap langkah kita dalam melakukan kebaikan dan dalam mencari ilmu. Materi pertemuan ke-12 kita akan berfokus pada strategi pemasaran dan perancangan Voice of Customer. Adapun capaian pembelajaran dari pertemuan ini mahasiswa mampu:

    1. Menguraikan metode riset pasar pada pengembangan produk agroindustri
    2. Mempraktekkan teknik pengumpulan voice of customer dengan kuesioner skala Likert
  • Pertemuan ke-13

    Metode House of Quality dalam Pengembangan Produk Agroindustri

    Assalaamu’alaikum Warahmatullahi wa Barakaatuh

    What’s Up young scholars? Semoga kita senantiasa diberikan kesehatan, dimudahkan setiap langkah kita dalam melakukan kebaikan dan dalam mencari ilmu.

    Pengembangan produk adalah tahapan yang penting dalam upaya melakukan inovasi. Salah satu teknik yang popular digunakan dalam melakukan tahapan ini adalah metode Quality Function Deployment atau yang disebut dengan QFD. Teknik ini merupakan pendekatan quality management, dimana kebutuhan konsumen adalah input utama dalam merancang sebuah produk. Daftar kebutuhan konsumen akan diidentifikasi, dianalisis dan diterjemahkan ke dalam sebuah produk melalui sebuah mekanisme analisis matriks secara komprehensif, yang disebut House of Quality (HoQ). Penasaran kan bagaimana merancang HoQ. Mari kita simak video pembelajaran pada kesempatan kali ini.

    Video ini adalah materi pembelajaran pertemuan ke-13 mata kuliah Pengembangan Produk. Video ini membahas materi di antaranya:

    1. Konsep dasar dari Quality Function Deployment
    2. Enam submatriks yang membentuk House of Quality dan teknik analisis di setiap submatriks tersebut

     Adapun capaian pembelajaran dari video ini yaitu mahasiswa mampu:

    1. Menguraikan konsep dasar Quality Function Deployment (QFD)
    2. Menjabarkan hubungan antara QFD dengan pengembangan produk
    3. Mengidentifikasi pembuatan submatriks di dalam House of Quality

    Tata cara pelaksanaan pertemuan ke-13

    1. Pahami capaian pembelajaran dari pertemuan ini
    2. Akses video di bawah ini dan pelajari dengan seksama
    3. Join pada kelas online melalui link ini

  • Pertemuan ke-14

    Analisis Bisnis pada Pengembangan Produk

    Assalaamu’alaikum Warahmatullahi wa Barakaatuh

    Apa kabar Para Mujahid Ilmu? Semoga kita senantiasa diberikan kesehatan, dimudahkan setiap langkah kita dalam melakukan kebaikan dan dalam mencari ilmu dan ditingkatkan derajat kita karena berjuang mencari ilmu ya.

    Analisis bisnis menjadi penting bagi setiap enterprise untuk dapat menentukan strategi paling efektif dalam menghadapi persaingan yang semakin kompetitif. Nah kesempatan kali ini kita akan belajar mengenai Analisis Bisnis pada Pengembangan Produk. Adapun video ini berfokus pada dua materi yaitu:

    1. Unsur utama dalam analisis bisnis
    2. Tabel proyeksi arus kas

    Adapun dengan mempelahari materi ini diharapkan mahasiswa:

    1. Memahami analisis bisnis pada produk baru
    2. Menyusun analisis bisnis untuk pengembangan produk pangan

    Tata cara pelaksanaan pertemuan ke-14

    1. Pahami capaian pembelajaran dari pertemuan ini
    2. Akses video di bawah ini dan pelajari dengan seksama
    3. Join pada kelas online melalui link ini

  • Pertemuan ke-15

    Tes Pasar dan Komersialisasi

    Assalaamu’alaikum Warahmatullahi wa Barakaatuh

    Apa kabar Para Mujahid Ilmu? Semoga kita senantiasa diberikan kesehatan, dimudahkan setiap langkah kita dalam melakukan kebaikan mencari ilmu dan ditingkatkan derajat kita karena berjuang mencari ilmu ya. Tak terasa memasuki materi ini artinya sudah di penghujung pelaksanaan pembelajaran mata kuliah Pengembangan Produk. Kali ini kita akan membahas mengenai tahapan terakhir dari Pengembangan Produk yaitu tes pasar dan komersialisasi. Tahapan ini penting untuk mengetahui apakah produk siap untuk dipasarkan dan konsumen menerima produk tersebut. Materi pembelajaran kali ini berfokus pada:

    1. Formulasi produk pangan
    2. Evaluasi sensoris produk pangan
    3. Komersialisasi produk

    Sedangkan capaian pembelajaran ini mahasiswa memiliki kemampuan dalam:

    1. Memahami metode tes pasar melalui evaluasi sensoris produk pangan
    2. Merencanakan formulasi dan evaluasi sensoris dalam pengembangan produk pangan
    3. Merencanakan komersialisasi hasil pengembangan produk

    Tata cara pelaksanaan pertemuan ke-15

    1. Pahami capaian pembelajaran dari pertemuan ini
    2. Pertemuan ini terdiri dari 2 bagian yaitu Bagian I Formulasi Produk Pangan dan Bagian II Evaluasi Sensoris Produk Pangan
    3. Silahkan bergabung pada kelas online melalui link ini

    Bagian I: Formulasi Produk Pangan

    Bagian II: Evaluasi Sensoris Produk Pangan

  • Pertemuan ke-16

    Final Examination: Proyek Final Pengembangan Produk Agroindustri

    Assalaamu’alaikum Warahmatullahi wa Barakaatuh

    What’s Up young scholars? Semoga kita semua selalu dalam perlindungan Allah SWT dan diberikan keberkahan di setiap langkah kita dalam berjihad mencari ilmu. Tidak terasa pembelajaran sudah memasuki akhir semester dan tibalah memasuki agenda Ujian Akhir Semester.

    Video ini menjelaskan mengenai pengerjaan proyek final pengembangan produk yang sudah dilakukan bertahap dari pertemuan-pertemuan sebelumnya. Adapun materi yang menjadi bahan UAS di antaranya:

    1. Pengumpulan dan Seleksi Ide
    2. Pengembangan dan Pengujian Produk
    3. Strategi pemasaran
    4. Analisis House of Quality
    5. Analisis Bisnis
    6. Tes Pasar dan Komersialisasi

    Tata Cara Melaksanakan UAS

    1. Mahasiswa perlu memperhatikan dengan seksama ketentuan dalam menyelesaikan Ujian Akhir Semester, sebagai berikut:
    2. Proyek ini merupakan hasil akhir dari rangkaian penugasan proyek yang merancang produk agroindustri baik makanan atau minuman
    3. Laporan ditulis dengan format penulisan Cambria / 12 pt / 1.15 space / justify
    4. Cantumkan beberapa referensi yang mendukung pengerjaan UAS ini. Adapun jenis referensi yang dapat disitasi adalah buku, artikel ilmiah, website resmi perusahaan terkait, wikipedia, report, dan/atau media massa bereputasi nasional. Referensi tidak boleh berasal dari blogspot individu
    5. Akses video di bawah ini untuk mendapatkan instruksi yang lebih jelas

    Selamat mengerjakan dengan seksama dan semoga Allah memudahkan kita semua.