Penugasan Proyek Materi #10

Brainstorm Your Ideas

Anda telah menyimak penjelasan mengenai metode pengumpulan ide dan seleksi ide. Pada pertemuan ini hingga pertemuan terakhir akan dilaksanakan tugas berbasis proyek yang dikerjakan secara kelompok dengan anggota kelompok tetap terdiri dari 2-3 orang. Tugas proyek ini bertujuan untuk mempraktikkan tahapan pengembangan produk yang urutannya telah disampaikan di pertemuan ke-9. Luaran akhir dari tugas proyek ini berupa produk agroindustri yang telah dikembangkan oleh masing-masing kelompok. Instruksi kerja yang harus dilakukan untuk mengerjakan proyek pada pertemuan ini adalah sebagai berikut:

  1. Kumpulkan ide mengenai produk pangan yang termasuk ke dalam ready-to-eat atau ready-to-cook
  2. Rencanakan kegiatan brainstorming dan menunjuk koordinator atau moderator dalam brainstorming. Dalam perencanaan kegiatan brainstorming, yang harus dipersiapkan antara lain:
    1. Masing-masing anggota kelompok menyiapkan 3-5 gambar terkait dengan segmen konsumen sebagai sasaran pengembangan produk
    2. Menentukan waktu dan lokasi brainstorming. Lokasi dapat dipilih di ruangan yang bukan merupakan ruang kerja setiap hari sehingga anggota tim mampu berfikir secara terbuka.
  1. Lakukan tahapan Visualisasi, Empati dan Pembentukan Ide.
  2. Seleksi ide yang terbentuk pada tahap sebelumnya dengan metode yang disepakati. Jenis-jenis metode seleksi ide dapat mengacu pada pembahasan yang ada pada video.
  3. Laporkan masing-masing tahapan dalam pengumpulan dan seleksi ide sesuai arahan di atas dalam bentuk file presentasi (.ppt atau .pptx) yang berisi tentang dokumentasi foto dan video kegiatan serta uraian hasil kegiatan. 
  4. Unggah file presentasi pada SPADA dengan batas waktu satu pekan.