Penugasan Proyek Pertemuan Ke-14

Analisis Bisnis pada Produk Agroindustri

Pada bab ini mahasiswa akan membuat analisis bisnis pada pengembangan produk agroindustri. Pada pertemuan sebelumnya Anda sudah merencanakan strategi pemasaran dan kebutuhan teknis. Buatlah analisis bisnis dari strategi pemasaran dan kebutuhan teknis yang telah dibuat. Langkah-langkah dalam analisis bisnis sebagai berikut  :

  1. Identifikasi tingkat penjualan dengan menetapkan target produksi. Estimasi tingkat penjualan dapat didasarkan dari pertimbangan hasil riset pasar.

  2. Identifikasi komponen biaya dan besarannya dalam bentuk tabel untuk masing-masing komponen. Contoh tabel untuk masing-masing komponen biaya ada pada tabel berikut.

  1. Identifikasi tingkat keuntungan yang diperoleh perusahaan. Margin keuntungan dapat ditentukan berdasarkan biaya produksi ditambah dengan 50 – 100 % dari biaya produksi untuk produk pangan dengan risiko kerusakan yang tinggi. Selain itu, margin dapat ditentukan dari harga jual konsumen yang disesuaikan dengan daya beli dan produk pesaing.

  2. Buatlah proyeksi arus kas selama 5 tahun berdasarkan tabel di Materi 14 dengan menggunakan besaran biaya untuk masing-masing komponen yang diidentifikasi dari poin b.

Selamat mengerjakan !