Diskusi Pertemuan 2

Jafar Irsyad Attin

Jafar Irsyad Attin

by JAFAR IRSYAD ATTIN -
Number of replies: 1

Setiap peneliti sejarah pasti menggunakan langkah-langkah atau prosedur tertentu dalam penelitiannya. Langkah-langkah itu disebut dengan metode penelitian, merupakan pedoman yang digunakan untuk meneliti suatu peristiwa sejarah. Langkah-langkah tersebut memperlihatkan sebuah kerja ilmiah.

 

Dalam konteks ilmu sejarah, metode penelitian itu disebut juga metode sejarah. Metode ini hanyalah instrumen atau alat untuk memperoleh hasil penelitian yang bermutu serta dapat diakui dan dipercaya oleh masyarakat. Menurut saya, pemilihan topik sangat penting agar penelitian sejarah lebih terarah pada pokok masalah yang akan diteliti. untuk mengarahkan masalah yang akan diteliti dalam topik, sebaiknya seorang sejarawan menyusun rincian petanyaan masalah yang akan diteliti. kemukakan petanyaan-pertanyaan yang disusun seorang sejarawan. Dengan tema tema di atas, kamu akan mengetahui lebih detail tentang apa, siapa, kapan, di mana dan dampak dari peristiwa atau kejadian tersebut. Hal ini akan membuat kamu menjadi pelajar dengan banyak wawasan dan pengetahuan baru mengenai peristiwa atau kejadian tertentu.

In reply to JAFAR IRSYAD ATTIN

Re: Jafar Irsyad Attin

by BAHTIAR AFWAN -
memilih tema penelitian yang relevan dan memiliki latar belakang literatur yang cukup akan memberi Anda kesempatan untuk memberikan kontribusi baru kepada pengetahuan sejarah. Anda dapat memperdalam pemahaman tentang topik tersebut atau membawa perspektif baru ke dalamnya.