Manajemen pelayanan publik
George dan Mary Parker mengemukakan bahwa manajemen pelayanan publik merupakan upaya pengelolaan sejumlah aspek dalam manajemen dalam upaya meracang, mempersiapkan atau mempersembahkan barang dan jasa kepada masyrakat serta dilakukan evaluasi dan penilaian atas kegiatan-kegiatan tersebut.
Pelayanan Publik
Prinsip-prinsip Pelayanan Piblik
Kejelasan persyaratan teknis dan administratif, keamanan produk pelayanan, kepastian waktu penyelesaian yang timbul, kepastian waktu yang menyelesaikan pelayananan publik, tersedianya sarpras pelayanan, kemudahan akses lokasi, pemberian layanan dan kesederhanaan SOP.
Perbedaan pelayanan publik pemerintah dan swasta
sektor publik, tuntutan masyarakat, ketersedianya sumberdaya, terbuka keadilan dan kesejahteraan masyrakat
sektor swasta, market oriented, suplay dan demand, private keadilan pasar kepuasan dan berdaya saing di pasaran
Aspek Pelayanan Publik
kualitas, pelayanan dan kepuasan masyarakat
Aksesbilitas dan kesetaraan dalam pelayanan publik
partisipasi masyarakat dalam proses pelayanan publik