Diskusi Pertemuan 4

Konsep Manajemen Pelayanan Publik dan Aspek Pelayanan

Konsep Manajemen Pelayanan Publik dan Aspek Pelayanan

by SALSABILLA PUTRI ANANDA -
Number of replies: 0

Manajemen pelayanan publik

George dan Mary Parker mengemukakan bahwa manajemen pelayanan publik merupakan upaya pengelolaan sejumlah aspek dalam manajemen dalam upaya meracang, mempersiapkan atau mempersembahkan barang dan jasa kepada masyrakat serta dilakukan evaluasi dan penilaian atas kegiatan-kegiatan tersebut.

Pelayanan Publik

Prinsip-prinsip Pelayanan Piblik

Kejelasan persyaratan teknis dan administratif, keamanan produk pelayanan, kepastian waktu penyelesaian yang timbul, kepastian waktu yang menyelesaikan pelayananan publik, tersedianya sarpras pelayanan, kemudahan akses lokasi, pemberian layanan dan kesederhanaan SOP.

Perbedaan pelayanan publik pemerintah dan swasta

sektor publik, tuntutan masyarakat, ketersedianya sumberdaya, terbuka keadilan dan kesejahteraan masyrakat

sektor swasta, market oriented, suplay dan demand, private keadilan pasar kepuasan dan berdaya saing di pasaran

Aspek Pelayanan Publik

kualitas, pelayanan dan kepuasan masyarakat

Aksesbilitas dan kesetaraan dalam pelayanan publik

partisipasi masyarakat dalam proses pelayanan publik