Diskusi Tentang Prinsip Arah Datang Cahaya dalam Fotografi

Prinsip arah datang cahaya dalam fotografi

Prinsip arah datang cahaya dalam fotografi

by 22010024076 RIMA MELATI -
Number of replies: 0

Cahaya dari depan (front light) Merupakan pencahayaan yang langsung menerangi objek dari depan, sehingga foto yang dihasilkan tidak terdapat bayangan. Penggunaan arah cahaya ini sering digunakan karena sederhana, namun sering dianggap membosankan. Contoh pengampilan fotonya yakni pada saat akan membuat pas foto, dan juga foto produk.

Cahaya dari samping (side light) Merupakan pencahayaan yang datang dari samping objek. Penggunaan arah cahaya ini menghasilkan bayangan dan kesan kedalaman pada foto sehingga akan menonjolkan sisi objek yang diinginkan. Dalam penerapannya harus memperhatikan jatuhnya bayangan objek sehingga foto yang dihasilkan menciptakan bayangan yang menarik. Contoh pengambilan fotonya ketika akan memotret orang yang sedang menangis sehingga akan memberi kesan sedih dan dramatis.

Cahaya dari belakang (backlight) Merupakan pencahayaan dari belakang objek, sehingga bagian depan objek terlihat gelap. Pencahayaan ini cocok untuk memotret siluet karena memberi kesan misterius. Contoh pengambilan fotonya yakni memotret siluet orang yang sedang menari.