Diskusi Tentang Prinsip Arah Datang Cahaya dalam Fotografi

Arah Datang Cahaya Pada Fotografi

Arah Datang Cahaya Pada Fotografi

by 22010024051 MAURA BRIGITA SIRAIT -
Number of replies: 0

1. Pertama yaitu front light atau sumber cahaya depan, cahaya ini cenderung mengurangi bayangan pada wajah dan subjek secara keseluruhan, sehingga membuat detail yang bagus untuk subjek. Cahaya ini juga menghasilkan tampilan yang halus, tanpa kontras yang kuat. Pemilihan cahaya depan ini cocok untuk memotret gambar dengan tampilan lembut dan detail yang merata, seperti potret kecantikan atau pemotretan produk.

2. Kemudian side light atau sumber cahaya samping, cahaya ini menciptakan kontras yang lebih kuat dengan bayangan yang tajam di satu sisi wajah atau subjek, hal tersebut memberikan dimensi dan tekstur pada subjek. Cahaya ini cocok untuk menciptakan potret yang dramatis, dengan tampilan yang lebih tegas dan tekstur yang menonjol. Ini sering digunakan dalam potret karakter atau ketika gambar yang ingin menonjolkan detail fisik subjek, seperti potret pria atau potret dengan sentuhan artistik.

3. Terakhir yaitu backlight atau sumber cahaya belakang, cahaya ini menciptakan siluet subjek dengan latar belakang yang terang. Hal ini memberikan efek yang dramatis dan sering kali menciptakan kontur yang menonjol pada subjek. Cahaya ini cocok untuk menciptakan potret yang artistik dan dramatis. Seperti saat ingin ingin menyoroti bentuk atau kontur subjek, seperti potret dalam siluet atau potret yang menonjolkan elemen latar belakang.