Diskusi Pertemuan 4

Manajemen Pelayanan Publik Dan Aspek Pelayanan

Manajemen Pelayanan Publik Dan Aspek Pelayanan

by ANGGITA MEYLINDA -
Number of replies: 0

1. Manejemen Pelayanan Publik :

George & Mary Porker mengemukakan bahwa Manajemen Pelayanan Publik merupakan upaya pengelolaan sejumlah aspek dalam manajemen dalam upaya merancang, mempersiapkan, atau mempersembahkan barang dan jasa kepada masyarakat serta dilakukan evaluasi dan penilaian atas kegiatan-kegiatan tersebut.

 

2. Prinsip-prinsip Manajemen Pelayanan Publik :

A. Kejelasan : persyaratan teknis dan administratif.

B. Keamanan : produk pelayanan.

C. Kepastian : waktu penyelesaian.

D. Tanggung jawab : pelaksanaan pelayanan dan penyelesaian masalah yang timbul.

E. Kepastian : waktu penyelesaian pelayanan publik.

F. Tersedia : Sapras pelayanan.

G. Kemudahan : akses lokasi.

H. Pemberi layanan : profesional.

I. Kenyamanan : lingkungan pelayanan.

J. Kesederhanaan : SOP.

 

3. Pembeda pelayanan publik dan swasta :

1. Sektor publik : tuntutan masyarakat, ketersediaan sumber daya, terbuka, keadilan, kebutuhan, dan kesejahteraan masyarakat.

2. Sektor swasta : market oriented, suply & demand, private, keadilan pasar, kepuasan pelanggan, pelanggan is king, berdaya saing di pasaran.

 

4. Aspek pelayanan publik : 

1. Kualitas pelayanan dan kepuasan masyarakat.

2. Aksesibilitas dan kesetaraan dalam pelayanan publik.

3. Partisipasi masyarakat dalam proses pelayanan publik.