Diskusi Pertemuan 4

Konsep Manajemen pelayanan publik dan aspek pelayanan publik

Konsep Manajemen pelayanan publik dan aspek pelayanan publik

by RANIA RAHMA -
Number of replies: 0

Manajemen pelayanan publik

George & Mary packer mengemukakan bahwa Manajemen pelayanan publik merupakan upaya pengelolaan sejumlah aspek dalam manajemen dalam upaya merancang, mempersiapkan atau mempersembahkan barang dan jasa kepada masyarakat serta dilakukan evaluasi dan penilaian atas kegiatan-kegiatan tersebut.

Pelayanan publik

Prinsip-prinsip pelayanan publik.

Kejelasan persyaratan teknis dan administratif, keamanan produk pelayanan, kepastian waktu penyelesaian, tanggung jawab pelaksanaan pelayanan dan penyelesaian masalah yang timbul, kepastian waktu penyelesaian pelayanan publik tersedianya sarpras pelayanan, kemudahan akses lokasi, pemberi layanan profesional; kenyamanan lingkungan pelayanan, dan kesederhanaan SOP.

Pembeda pelayanan publik pemerintahan dan swasta:

-sektor publik: tuntutan masyarakat ketersediaan sumber daya, terbuka keadilan, kebutuhan, dan kesejahteraan masyarakat.

-sektor swasta: market oriented, suply&demand: private, keadilan pasar: kepuasan pelanggan berdaya saing pasar.

Aspek pelayanan publik - kualitas pelayanan dan kepuasan masyarakat. - aksesibilitas dan kesetaraan dalam pelayanan publik - partisipasi masyarakat dalam proses pelayanan publik. Berdasarkan keputusan menteri pemberdayaan aparatur negara nomor 63/Kep/m.pan/7/2023 tentang pedoman umum penyelenggaraan pelayanan publik yang meliputi kesederhanaan, kejelasan, kepastian waktu, akurasi, keamanan, tanggung jawab, kelengkapan sarana dan prasarana, kemudahan akses kedisiplinan, kesopanan dan keramahan serta kenyamanan.

Sebagai upaya untuk meningkatkan kualitas pelayanan lembaga publik kepada masyarakat, maka pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan, keterampilan dan sikap pegawai mengenai pengertian, tujuan dan manfaat pelayanan prima, prinsip-prinsip pelayanan prima, standar mutu pelayanan prima, serta jenis dan karakteristik pelanggan sehingga terbentuk opini publik yang positif.