Diskusi Pertemuan 4

Konsep manajemen pelayanan publik dan aspek pelayanan

Konsep manajemen pelayanan publik dan aspek pelayanan

by SITI KHOIRUNNISA -
Number of replies: 0

Manajemen pelayanan publik adalah upaya pengelolaan sejumlah aspek dalam manajemen untuk merancang, mempersiapkan, mengkoordinasikan, dan menyelesaikan aktivitas pelayanan demi tercapainya tujuan pelayanan. Aspek-aspek yang tercakup dalam manajemen pelayanan publik meliputi:

1. Alasan mengapa penting diselenggarakan pelayanan publik

2. Pengertian pelayanan publik

3. Pengertian manajemen pelayanan publik

4. Ruang lingkup pelayanan publik, yang meliputi pelayanan barang dan jasa publik serta pelayanan administratif yang telah diatur dalam perundang-undangan

5. Persyaratan teknis dan administratif pelayanan publik

6. Unit kerja/pejabat yang berwenang dan bertanggungjawab dalam memberikan pelayanan dan penyelesaian keluhan/persoalan/sengketa dalam pelaksanaan pelayanan publik

7. Rincian biaya pelayanan publik dan tata cara pembayaran

8. Kepastian waktu

9. Akurasi

10. Produk pelayanan publik diterima dengan benar, tepat, dan sah sesuai dengan aturan yang berlaku dan dengan peruntukannya

11. Keamanan

12. Tanggungjawab pimpinan penyelenggaraan pelayanan publik atau pejabat yang ditunjuk atas penyelenggaraan pelayanan dan penyelesaian keluhan/persoalan dalam pelaksanaan pelayanan publik

13. Kelengkapan sarana dan prasarana

14. Kompetensi petugas pemberi pelayanan yang telah ditetapkan dengan tepat. 

 

Aspek pelayanan publik yang harus diperhatikan dalam manajemen pelayanan publik meliputi

sebagai:

1. Pelayanan publik sebagai pemberian layanan keperluan orang atau masyarakat yang mempunyai kepentingan sesuai dengan peraturan perundang-undangan

2. Kualitas layanan publik sebagai tolak ukur kinerja pemerintah yang kasat mata

3. Kepuasan masyarakat sebagai pelanggan dari pelayanan publik, memiliki kebutuhan dan harapan pada kinerja penyelenggara pelayanan publik yang profesional

4. Standar pelayanan minimal yang ditentukan oleh pemerintah

5. Etika pelayanan publik sebagai pilar dan kepercayaan publik sebagai dasar untuk mewujudkan pemerintah yang baik

6. Faktor atau unsur yang mendukung jalannya kegiatan pelayanan publik, antara lain sistem, prosedur, dan metode; personil, terutama perilaku aparatur; dan sarana dan prasarana.