Tanya Jawab Materi Protein

Iko 06

Iko 06

by IKO . -
Number of replies: 4

Jika seseorang kekurangan protein, tetapi tetap melakukan aktivitas seperti angkat beban apakah akan efektif meningkatkan masa otot? 

(Edited by ISMI NURUL QOMARIYAH - original submission Saturday, 4 November 2023, 9:34 PM)

Bagus Pertanyaannya mas iko

In reply to IKO .

Re: Iko 06

by FRISKA FITRIANISA -
Friska Fitrianisa ( 10 - A )

Jika seseorang kekurangan protein dan melakukan aktivitas yang cukup berat seperti angkat beban maka, tidak akan efektif meningkatkan masa otot. Mengapa demikian? Karena protein adalah termasuk zat makro nutrien yang artinya protein termasuk sebagai zat energi bagi tubuh. Jika zat energi yang ada dalam tubuh ini tidak sesuai dengan kebutuhan tubuh kita maka akan membuat tubuh kita kurang fit seperti terasa lesu, letih, atau bahkan bisa membuat sakit. Maka dari itu seharusnya kita paham akan kebutuhan zat protein yang ada dalam tubuh kita dan jangan sampai kekurangan zat protein tersebut agar tidak menghambat aktivitas yang kita lakukan baik itu aktivitas normal ataupun aktivitas berat.
In reply to IKO .

Re: Iko 06

by ISMI NURUL QOMARIYAH -
Jika seseorang kekurangan protein, maka ini dapat mempengaruhi kemampuan tubuh untuk membangun dan memperbaiki otot secara efisien. Protein adalah salah satu nutrisi penting yang diperlukan untuk pertumbuhan dan pemeliharaan otot. Jika seseorang kekurangan protein, maka proses pembentukan otot mungkin akan terganggu.

Ketika seseorang melakukan aktivitas seperti angkat beban, otot mengalami kerusakan mikroskopis yang kemudian perlu diperbaiki dan diperbesar. Proses ini disebut hypertrofi otot. Protein sangat penting dalam proses ini karena komponen dasar jaringan otot adalah protein. Jika tubuh kekurangan protein, maka pemulihan dan pertumbuhan otot mungkin akan terhambat.

Dengan kata lain, meskipun seseorang tetap melakukan aktivitas seperti angkat beban, efektivitasnya dalam meningkatkan massa otot mungkin akan terbatas jika kekurangan protein. Penting untuk memastikan asupan protein yang cukup dalam diet untuk mendukung pertumbuhan dan pemeliharaan otot yang optimal. Berapa banyak protein yang dibutuhkan seseorang tergantung pada berbagai faktor, termasuk tingkat aktivitas fisik, tujuan kebugaran, dan kebutuhan tubuh masing-masing individu. Konsultasikan dengan ahli gizi atau pelatih kebugaran untuk mendapatkan panduan yang lebih tepat sesuai dengan kebutuhan Anda.

Jadi seperti itu yaaa... mas iko