Diskusi Materi Kritik Sumber Sejarah

Sulistya Wulandari

Sulistya Wulandari

by SULISTYA WULANDARI -
Number of replies: 1

Sumber Sejarah Rumah Informasi Sejarah Dokter Swoning Metro Lampung.

Dokter swoning atau rumah dokter merupakan salah satu warisan hasil perencanaan kota yang secara integratif dilakukan Belanda pada saat itu. Bentuk asli bangunan dokter swoning dapat dilihat dari koleksi digital Leiden University Libraries. Melalui gambar digital ini maka kita dapat membandingkan dengan bangunan aslinya sekarang yang sudah berumur delapan puluhan tahun lebih.

Bangunan ini hanya sedikit mengalami perubahan di bagian luar maupun dalam. Perubahan merupakan sebuah keniscayaan karena kebutuhan setiap zaman berbeda-beda Namun, dari bangunan cagar budaya tersebut ada nilai-nilai inti yang tidak berubah.

Nilai ini dapat menjadi pelajaran baik bagi generasi sekarang untuk membangun karakter atau akhlak. Beberapa nilai atau budaya yang dapat digali dan mungkin dapat dikembangkan lebih banyak lagi kalau kita ingin memaknainya lebih dalam.

Nilai inti yang bersifat universal tersebut adalah nilai semangat pembangunan, kerja sama atau gotong royong, kemanusiaan dalam menjaga masyarakat yang tinggal di kota tersebut.

Dokter swoning saat ini sedang berbenah atau direnovasi. Harapannya ke depan dapat menjadi "Museum pendidikan" khususnya bagi para pelajar dan mahasiswa domestik dan mancanegara untuk belajar tentang nilai yang membangun budaya dan peradaban kota pendidikan Metro dulu dan kini.