[Forum] Pengantar Proses Komunikasi Bisnis, Alur Kerja, Masalah, Model Komunikasi dan Tren

Nova Triwahyuni - 21210600047_Opini

Nova Triwahyuni - 21210600047_Opini

by NOVA TRIWAHYUNI -
Number of replies: 0
  1. Proses komunikasi bisnis adalah proses pertukaran informasi, ide dan pesan antara individu atau kelompok dalam konteks bisnis. Tujuan komunikasi bisnis ini untuk mempengaruhi opini, tindakan, serta mencapai hasil bisnis yang diinginkan.
    Hal ini penting dalam lingkungan kerja karena:
    - untuk memberi tugas spesifik yang direktif sekitar intruksi kerja
    - untuk memberi informasi tentang prosedur organisatoris dan praktik
    - untuk menyediakan informasi tentang dasar pemikiran pekerjaan
    - untuk menceritakan kepada bawahan tentang capaian mereka; dan
    - untuk menyediakan informasi ideologis dalam memudahkan pengajaran paham tujuan (goals)
  2. masalah yang sering muncul dalam komunikasi di era digital adalah bagaimana mengelola, memfilter, dan memilah informasi yang relevan dari informasi yang tidak valid atau palsu. cara mengatasinya dengan memilah dan membaca kebenaran dari sumber lain, kita tidak boleh berpangku hanya pada satu berita saja
  3. teknologi banyak mengubah model komunikasi dalam bisnis contohnya penggunaan Teknologi informasi (TI) dapat meningkatkan efisiensi dan produktivitas, serta memberikan keuntungan dalam hal penghematan biaya dan peningkatan kualitas produk dan layanan. Tren terkini yang harus diikuti yaitu interaksi lebih hidup dengan berkomunikasi menggunakan Artificial Intelligence (AI)