[Forum] Pengantar Proses Komunikasi Bisnis, Alur Kerja, Masalah, Model Komunikasi dan Tren

11200000011_MUTIARA SYAFITRI AZ-ZAHRA

11200000011_MUTIARA SYAFITRI AZ-ZAHRA

by MUTIARA SYAFITRI AZZAHRA -
Number of replies: 0

1. Komunikasi bisnis merupakan proses pertukaran informasi, ide, dan pesan antara individu atau kelompok dalam konteks bisnis. Tujuan komunikasi bisnis yaitu memengaruhi opini, tindakan, dan mencapai hasil bisnis yang diinginkan.

Melalui komunikasi bisnis yang bagus maka akan terjalin kerjasama bisnis yang bagus di antara pelaku usaha baik skala nasional maupun internasional. Di era teknologi digital ini komunikasi bisnis antar pelaku usaha jauh lebih mudah dilakukan melalui berbagai platform dan media yang canggih.

2. A. HAMBATAN TEKNIS
- Selalu melakukan maintenance kelayakan media perusahaan
- Pelatihan teknologi agar karyawan selalu update dengan teknologi yang baru

B. Hambatan Semantik
- Menerapkan standar komunikasi yang terdokumentasi dan fokus pada proyek menggunakan metode scrum (baca juga: Metode Scrum MY Scorecard). Komunikasi yang selalu teratur dan terdokumentasi dapat secara efektif dan efisien meningkatkan produktivitas kerja dalam perusahaan.
- Memahami adanya keberagaman budaya dan menggunakan bahasa Indonesia

C. Hambatan Manusiawi
- Menciptakan budaya kerja yang saling menghormati dan berpikiran terbuka agar keharmonisan antar perbedaan usia, status, dan persepsi agar bisa saling memahami.
- Berkomitmen dan bekerjasama untuk memegang teguh etika berkomunikasi

D. Hambatan Situasional
- Selalu memberikan bukti situasi yang dihadapi agar komunikasi dapat terdokumentasi secara fakta dan dapat didiskusikan bersama jalan keluarnya
- Apabila situasi tidak memungkinkan untuk mendokumentasi, maka baik penerima dan penyampai pesan harus mendengarkan dan meng update dengan berita terbaru yang berkaitan dengan situasi yang dihadapi contohnya bencana alam atau terkena wabah penyakit.

3. Dampak positif terknologi digital antara lain mempercepat komunikasi dan mempermudah pekerjaan, sedangkan dampak negatifnya antara lain menumbuhkan individualisme, fitnah, dan sikap anti sosial.