[Forum] Pengantar Proses Komunikasi Bisnis, Alur Kerja, Masalah, Model Komunikasi dan Tren

NUR HALISA JAMIL_21200000005

NUR HALISA JAMIL_21200000005

by NUR HALISA JAMIL -
Number of replies: 0

1. Proses komunikasi bisnis adalah proses pertukaran informasi, ide, dan pesan antara individu atau kelompok dalam konteks bisnis yang bertujuan untuk memengaruhi opini, tindakan dan mencapai hasil bisnis yang diinginkan.

Proses komunikasi bisnis sangatlah penting dalam Lingkungan kerja saat ini dan nantinya karna melalui proses komunikasi bisnis yang baik maka akan terjalin kerjasama bisnis yang baik pula diantara pelaku usaha baik skala national maupun international.

2.-> Masalah komunikasi teknisKomunikasi yang bersifat teknis ini mencakup ketersediaan fasilitas komunikasi, peralatan, teknologi, dan jaringan yang dibutuhkan.Cara mengatasinya : Dengan menginventarisasi perangkat yang dimiliki kemudian dianalisa apakah masih layak pakai atau tidak.

-> Masalah komunikasi semantikKomunikasi semantik adalah hambatan yang terjadi dalam proses penyampaian informasi dari pengirim kepada si penerima.Cara mengatasinya : Dengan menerapkan standar dalam komunikasi. Alur komunikasi antar divisi pun sebaiknya dibuat jelas dan runut untuk menghindari adanya kesalahpahaman.

-> Masalah Komunikasi terkait Kultur PerusahaanKultur perusahaan yang terbentuk secara tidak langsung dapat membuat komunikasi tidak efektif dan efisien.Cara mengatasinya : Dengan memperbaiki kultur perusahaan terlebih dahulu. Analisa potensi masalah yang muncul dan temukan solusi yang dapat diterapkan untuk mengatasinya.

3.Keberadaan teknologi berperan sebagai media komunikasi antara pelaku bisnis dengan konsumennya. Teknologi tidak hanya memasarkan produk tetapi dapat membantu mengelola keuangan perusahaan dengan cara yang lebih inovatif dan efisien untuk meningkatkan penjualan bisnis mereka.

-> Tren terkini yaitu Interaksi yang Lebih Hidup Berkat AI
Saat ini, salah satu layanan teknologi AI yang banyak digunakan adalah bot. Konsumen dapat berkomunikasi lebih banyak dengan chatbot yang disematkan pada saluran pesan, seperti RCS, SMS, atau aplikasi pesan seperti WhatsApp. Hal ini akan memampukan bisnis memberikan layanan sepanjang hari, menjawab pesan dan pertanyaan secara instan, serta melakukan transaksi mandiri (self-services), yang secara umum semua hal tersebut akan meningkatkan kepuasan pelanggan