[Forum] Pengantar Proses Komunikasi Bisnis, Alur Kerja, Masalah, Model Komunikasi dan Tren

Proses Komunikasi Bisnis

Proses Komunikasi Bisnis

by DHIMAS PRAYOGA -
Number of replies: 0

Dhimas Prayoga (21206000033)

Proses komunikasi bisnis adalah serangkaian langkah atau tahapan yang dilalui dalam mentransmisikan informasi, ide atau pesan antara entitas bisnis baik internal maupun eksternal , . Proses ini melibatkan berbagai elemen seperti penyampaian , penerimaan, interpretasi  dan umpan balik terhadap pesan yang dikomunikasikan . Proses komunikasi bisnis yang efektif sangat penting di lingkungan kerja karena dapat memfasilitasi kerja sama yang baik, peningkatan produktivitas, pengambilan keputusan yang baik serta manajemen konflik yang baik .

Masalah dalam komunikasi bisnis era digital menurut saya antara lain, kebingungan pesan, kurangnya komunikasi tatap muka, overload informasi, ketergantungan terhadap teknologi, keamanan dan privasi . Pada intinya menurut saya dalam berkomunikasi bisnis di era digital ini kita tidak boleh percaya sepenuhnya dan ketergantungan dengan teknologi yang ada , kita harus mempelajari bagaimana cara berkomunikasi yang baik dan efektif , mempelajari dan mendalami perkembangan teknologi yang terjadi dan selalu berhati hati akan setiap langkah yang akan kita ambil

Tren komunikasi bisnis saat ini menurut saya adalah seperti memanfaatkan sosial media sebagai lapak bisnis , seperti berjualan di tiktok , instagram dan lain lain .