Ruang Kolaborasi Materi Rubrik untuk Penilaian Pemecahan Masalah Matematika SD

Inayati

Inayati

by INAYATI INAYATI -
Number of replies: 0

【Penjelasan】:

Dalam menilai pemecahan masalah siswa, pertama-tama kita analisis proses berpikirnya.

Siswa ini memulai dengan mengidentifikasi informasi yang diketahui: Pak Somat turun 4 anak tangga, kemudian naik 12 anak tangga. Pertanyaan yang diajukan adalah berapakah total anak tangga yang ada. Siswa tersebut menjawab dengan menjumlahkan 4 anak tangga yang diturunkan dengan 12 anak tangga yang dinaiki, menghasilkan total 16 anak tangga.

Namun, analisis ini tidak sepenuhnya benar. Jika Pak Somat berada di tengah anak tangga, turun 4 anak tangga, lalu naik 12 anak tangga untuk sampai ke puncak, ini berarti jumlah total anak tangga adalah lebih dari 16. Saat Pak Somat turun 4 anak tangga, dia berada di posisi yang lebih rendah dari titik tengah. Jadi, 12 anak tangga yang dinaiki tidak hanya mengganti 4 anak tangga yang diturunkan, tapi juga harus mencakup sisa anak tangga untuk mencapai puncak dari titik tengah. Oleh karena itu, total anak tangga seharusnya dihitung sebagai dua kali jumlah anak tangga yang dinaiki dari titik tengah ke puncak, dikurangi 4 anak tangga yang dituruninya. Ini adalah 2 kali 8 (yaitu, 16), dikurangi 4, yang menghasilkan total 12 anak tangga.bukan 16.

【Jawaban】:

Jumlah anak tangga adalah 12.