Forum Diskusi

contoh pembelajaran berbasis proyek pada pembelajaran fisika

contoh pembelajaran berbasis proyek pada pembelajaran fisika

by TIRZA MINTASIH -
Number of replies: 0

Assalamualaikum buk izin Bu ana TIRZA MINTASIH 23113024 akan mencoba memberikan Contoh penerapan Project-Based Learning (PjBL) pada pembelajaran fisika

yaitu dapat diwujudkan melalui proyek yang berhubungan dengan energi terbarukan, misalnya "Membangun Model Panel Surya untuk Menghasilkan Listrik". Berikut langkah-langkah penerapan proyek ini:

 

1. Pemahaman Awal dan Tantangan Proyek

 

Guru memulai dengan memperkenalkan konsep energi, termasuk energi terbarukan dan energi surya. Lalu, tantangan proyek diberikan: “Bagaimana kita dapat memanfaatkan energi matahari untuk menghasilkan listrik?”

 

Siswa diharapkan merancang dan membuat model panel surya sederhana yang dapat menghasilkan listrik untuk perangkat kecil, seperti LED atau kipas mini.

 

 

2. Penelitian dan Eksplorasi

 

Siswa melakukan penelitian tentang cara kerja panel surya, konsep konversi energi, prinsip fotovoltaik, serta faktor-faktor yang memengaruhi efisiensi panel surya.

 

Mereka juga mempelajari bagaimana energi matahari diubah menjadi energi listrik dan apa saja komponen yang diperlukan dalam pembuatan model sederhana ini.

 

 

3. Perancangan dan Perencanaan Proyek

 

Siswa merancang model panel surya mereka dengan memperhatikan ukuran, bahan, dan jumlah sel surya yang dibutuhkan untuk menghasilkan daya yang cukup.

 

Mereka membuat rencana proyek yang mencakup bahan, langkah-langkah konstruksi, dan cara pengujian.

 

 

4. Pembuatan dan Implementasi

 

Siswa merakit model panel surya menggunakan bahan-bahan sederhana seperti sel surya kecil, kabel, dan komponen lain. Mereka kemudian memasang model panel surya ini untuk menguji apakah model dapat menghasilkan listrik yang cukup untuk perangkat kecil yang ditentukan.

 

Guru memberikan bimbingan teknis, tetapi siswa bekerja secara mandiri atau dalam kelompok untuk mengerjakan proyek mereka.

 

 

5. Pengujian dan Evaluasi

 

Siswa menguji model panel surya mereka di bawah sinar matahari atau lampu UV untuk melihat apakah model dapat menghasilkan listrik sesuai target. Mereka mencatat data terkait daya yang dihasilkan serta menganalisis faktor-faktor yang memengaruhi kinerja.

 

Jika hasil belum memadai, mereka merefleksikan dan mencoba modifikasi agar panel lebih efisien.

 

 

6. Presentasi dan Refleksi

 

Siswa mempresentasikan hasil proyek mereka kepada kelas, menjelaskan proses, konsep fisika yang terlibat, dan hasil pengujian. Mereka juga membahas tantangan yang dihadapi dan solusi yang dicoba.

 

Guru memfasilitasi diskusi, mendorong siswa untuk berbagi pengetahuan dan merefleksikan penerapan konsep fisika dalam situasi nyata.

 

 

Manfaat Proyek Ini

 

Melalui proyek ini, siswa tidak hanya memahami konsep energi dan konversi energi dalam fisika tetapi juga belajar tentang aplikasi dunia nyata dari energi terbarukan, terutama panel surya. Mereka juga mengembangkan keterampilan penelitian, pemecahan masalah, dan berpikir kritis yang sangat relevan dengan dunia kerja dan kehidupan sehari-hari.