Diskusi

jawaban diskusi

jawaban diskusi

by JAMSIAH JAMSIAH -
Number of replies: 0

Berikut adalah contoh penerapan metode pengembangan fisik motorik untuk anak didik di kelas, khususnya untuk anak usia dini (TK/PAUD).


Identitas Kegiatan:

Nama Kegiatan: Permainan Lari Estafet
Durasi: 30-40 menit
Kelompok Sasaran: Anak Usia Dini (4-6 tahun)
Tujuan Umum: Meningkatkan keterampilan motorik kasar (lari, koordinasi, keseimbangan) dan kerjasama kelompok.


Indikator:

  1. Indikator Fisik Motorik:
    • Anak dapat melakukan lari cepat dengan koordinasi tubuh yang baik.
    • Anak dapat bergerak dengan kontrol tubuh yang lebih baik saat berlari.
    • Anak dapat melempar dan menangkap bola dengan tangan (koordinasi tangan dan mata).
  2. Indikator Sosial-Emosional:
    • Anak dapat bekerja sama dalam kelompok.
    • Anak menunjukkan sikap sportif dan bersedia bergantian.
    • Anak dapat mengikuti instruksi dengan baik.

Alat dan Bahan:

  1. Alat:

    • 2 buah bola kecil (misalnya bola plastik atau bola kain).
    • Cones (kerucut) atau tanda untuk membuat jalur estafet.
    • Pita atau tali untuk membuat garis start dan finish.
    • Stopwatch atau alat pengukur waktu untuk memantau durasi.
  2. Bahan:

    • Lapangan terbuka atau ruangan yang cukup luas (misalnya aula sekolah).

Langkah-langkah Penerapannya:

  1. Persiapan Awal:

    • Tentukan area permainan dengan membuat garis start dan finish menggunakan pita atau tali.
    • Susun cones atau kerucut sebagai tanda jalur estafet di sepanjang lintasan.
    • Jelaskan aturan permainan kepada anak-anak, termasuk cara memainkan estafet dan tujuan dari permainan ini.
  2. Pemanasan (5-10 menit):

    • Lakukan pemanasan ringan untuk menghindari cedera. Contoh pemanasan:
      • Jalan kaki atau lari kecil mengelilingi area lapangan.
      • Gerakan pemanasan seperti putar badan, jongkok, lompatan kecil untuk melatih kelenturan dan keseimbangan tubuh.
      • Peregangan ringan pada bagian tubuh yang akan banyak digunakan (tangan, kaki, pinggul).
  3. Tahap Permainan:

    • Bagi anak-anak menjadi dua kelompok (atau lebih, tergantung jumlah anak).
    • Setiap kelompok berdiri di belakang garis start.
    • Anak pertama dari setiap kelompok memegang bola kecil dan harus berlari menuju garis finish dengan melewati jalur estafet yang sudah ditentukan.
    • Setibanya di garis finish, anak tersebut menyerahkan bola kepada anak berikutnya dalam kelompoknya, yang kemudian melanjutkan lari kembali ke garis start. Proses ini berlanjut hingga seluruh anggota kelompok menyelesaikan permainan.
  4. Variasi dalam Permainan:

    • Untuk menambah tantangan, anak-anak bisa diminta untuk berlari sambil menggiring bola menggunakan kaki, atau melakukan gerakan lompatan kecil setiap beberapa meter.
    • Anda bisa juga menambahkan instruksi seperti berlari mundur, berlari dengan cara melompat, atau berlari sambil membawa benda tertentu untuk melatih keseimbangan dan koordinasi.
  5. Penutupan (5-10 menit):

    • Setelah permainan selesai, ajak anak-anak berkumpul kembali di tengah lapangan untuk melakukan pendinginan (cool down) berupa jalan kaki pelan dan peregangan ringan.
    • Diskusikan pengalaman mereka, apakah mereka merasa senang, dan apa yang mereka pelajari dari permainan ini.
    • Berikan pujian kepada anak-anak atas kerjasama dan partisipasi mereka dalam kegiatan.