Berikut adalah contoh penerapan metode pengembangan fisik motorik untuk anak didik di kelas, khususnya untuk anak usia dini (TK/PAUD).
Identitas Kegiatan:
Nama Kegiatan: Permainan Lari Estafet
Durasi: 30-40 menit
Kelompok Sasaran: Anak Usia Dini (4-6 tahun)
Tujuan Umum: Meningkatkan keterampilan motorik kasar (lari, koordinasi, keseimbangan) dan kerjasama kelompok.
Indikator:
- Indikator Fisik Motorik:
- Anak dapat melakukan lari cepat dengan koordinasi tubuh yang baik.
- Anak dapat bergerak dengan kontrol tubuh yang lebih baik saat berlari.
- Anak dapat melempar dan menangkap bola dengan tangan (koordinasi tangan dan mata).
- Indikator Sosial-Emosional:
- Anak dapat bekerja sama dalam kelompok.
- Anak menunjukkan sikap sportif dan bersedia bergantian.
- Anak dapat mengikuti instruksi dengan baik.
Alat dan Bahan:
-
Alat:
- 2 buah bola kecil (misalnya bola plastik atau bola kain).
- Cones (kerucut) atau tanda untuk membuat jalur estafet.
- Pita atau tali untuk membuat garis start dan finish.
- Stopwatch atau alat pengukur waktu untuk memantau durasi.
-
Bahan:
- Lapangan terbuka atau ruangan yang cukup luas (misalnya aula sekolah).
Langkah-langkah Penerapannya:
-
Persiapan Awal:
- Tentukan area permainan dengan membuat garis start dan finish menggunakan pita atau tali.
- Susun cones atau kerucut sebagai tanda jalur estafet di sepanjang lintasan.
- Jelaskan aturan permainan kepada anak-anak, termasuk cara memainkan estafet dan tujuan dari permainan ini.
-
Pemanasan (5-10 menit):
- Lakukan pemanasan ringan untuk menghindari cedera. Contoh pemanasan:
- Jalan kaki atau lari kecil mengelilingi area lapangan.
- Gerakan pemanasan seperti putar badan, jongkok, lompatan kecil untuk melatih kelenturan dan keseimbangan tubuh.
- Peregangan ringan pada bagian tubuh yang akan banyak digunakan (tangan, kaki, pinggul).
- Lakukan pemanasan ringan untuk menghindari cedera. Contoh pemanasan:
-
Tahap Permainan:
- Bagi anak-anak menjadi dua kelompok (atau lebih, tergantung jumlah anak).
- Setiap kelompok berdiri di belakang garis start.
- Anak pertama dari setiap kelompok memegang bola kecil dan harus berlari menuju garis finish dengan melewati jalur estafet yang sudah ditentukan.
- Setibanya di garis finish, anak tersebut menyerahkan bola kepada anak berikutnya dalam kelompoknya, yang kemudian melanjutkan lari kembali ke garis start. Proses ini berlanjut hingga seluruh anggota kelompok menyelesaikan permainan.
-
Variasi dalam Permainan:
- Untuk menambah tantangan, anak-anak bisa diminta untuk berlari sambil menggiring bola menggunakan kaki, atau melakukan gerakan lompatan kecil setiap beberapa meter.
- Anda bisa juga menambahkan instruksi seperti berlari mundur, berlari dengan cara melompat, atau berlari sambil membawa benda tertentu untuk melatih keseimbangan dan koordinasi.
-
Penutupan (5-10 menit):
- Setelah permainan selesai, ajak anak-anak berkumpul kembali di tengah lapangan untuk melakukan pendinginan (cool down) berupa jalan kaki pelan dan peregangan ringan.
- Diskusikan pengalaman mereka, apakah mereka merasa senang, dan apa yang mereka pelajari dari permainan ini.
- Berikan pujian kepada anak-anak atas kerjasama dan partisipasi mereka dalam kegiatan.