Diskusi

Pertemuan 6

Pertemuan 6

by MULIA MULIA -
Number of replies: 0

Identitas Kegiatan:

Nama Kegiatan: Bermain Bola Berkelompok

Tujuan Kegiatan: Mengembangkan keterampilan fisik motorik kasar, seperti koordinasi, keseimbangan, dan kelincahan anak.

Kelompok Sasaran: Anak usia 5-6 tahun (TK B)

Durasi Kegiatan: 30-45 menit

 

Indikator:

Anak dapat menendang bola dengan arah yang tepat.

Anak dapat mengoper bola ke teman dengan kontrol yang baik.

Anak dapat bergerak cepat mengikuti bola, meningkatkan kelincahan dan keseimbangan.

Anak dapat bekerja sama dalam kelompok untuk mencapai tujuan permainan.

Alat dan Bahan:

Bola ukuran sedang (terbuat dari bahan ringan)

Pita atau tali sebagai batas lapangan

Rambu atau tanda untuk menentukan area permainan

Langkah-langkah Penerapannya:

Persiapan

 

Tentukan area permainan yang cukup luas dan tandai dengan pita atau tali.

Jelaskan tujuan permainan dan cara bermain bola secara sederhana kepada anak-anak.

Pemanasan

 

Mulailah dengan gerakan pemanasan ringan seperti berlari kecil atau melompat untuk menghindari cedera. Lakukan bersama anak-anak.

Penjelasan Permainan

 

Bagikan anak-anak menjadi dua tim (jika jumlah anak cukup banyak). Jelaskan bahwa tujuan permainan adalah mengoper bola dari satu tim ke tim lainnya untuk mencapainya ke area tertentu.

Tekankan pentingnya kerjasama dan koordinasi antar anggota tim.

Pelaksanaan Permainan

 

Mulai permainan dengan melempar bola ke tengah lapangan dan biarkan anak-anak bermain.

Arahkan mereka untuk menendang bola dengan tujuan yang jelas dan bekerjasama dengan teman.

Pastikan setiap anak terlibat aktif, bergerak untuk mengejar bola, dan berusaha mengoper dengan tepat.

Refleksi dan Penutupan

 

Setelah permainan selesai, lakukan sesi refleksi bersama anak-anak. Tanyakan apa yang mereka rasakan selama permainan dan apa yang bisa diperbaiki.

Ajak anak-anak untuk berdiskusi tentang pentingnya bekerja sama dalam tim dan menjaga keseimbangan tubuh saat bergerak.

Dengan kegiatan ini, anak-anak tidak hanya mengembangkan keterampilan motorik kasar seperti koordinasi tangan dan kaki, tetapi juga belajar berkolaborasi, meningkatkan kelincahan, dan menu

mbuhkan rasa percaya diri mereka.