Forum Diskusi 5: Pemahaman Manajemen Resiko

Apa itu manajeamen resiko?

Apa itu manajeamen resiko?

by MASRUROH MASRUROH -
Number of replies: 2

Manajemen risiko adalah sebuah proses mengidentifikasi, mengevaluasi, dan mengendalikan ancaman terhadap organisasi ataupun kelompok. Ancaman risiko ini bisa berasal dari berbagai sumber, termasuk sumber daya manusia, kesalahan perencanaan dan pengelolaan, dan bencana alam.

Menurut Herman Darmawi manajemen risiko adalah suatu usaha untuk mengetahui, menganalisis serta mengendalikan risiko dalam setiap kegiatan suatu organiasasi dengan tujuan untuk memperoleh efektifitas dan efisiensi yang lebih tinggi.

manajemen resiko sangat penting dalam sebuah organisasi, karena manajemen resiko merupakan suatu upaya untuk mengendalikan risiko yang terjadi dengan menerapkan cara-cara sistematik agar kerugian dapat dihindari atau diminimalisirkan sehingga tidak terjadi kerugaian besar. 

manajemen resiko dilakukan untuk mengidentifikasi bahaya-bahaya yang akan terjadi di masa mendatang dan yang akan dihadapi. dengan melakukan manajemen resiko, kita dapat mengantisipasi dan identifikasi dengan berbagai pertimbangan-pertimbangan yang akan dilakukan.

In reply to MASRUROH MASRUROH

Re: Apa itu manajeamen resiko?

by FAIZAH HERMAWANTI -
Memang benar apa yang sudah dijelaskan di atas manajemen risiko memang sangat penting dan sangat diperlukan dalam suatu organisasi ataupun suatu kegiatan itu berfungsi untuk mengantisipasi terjadinya terjadinya resiko di lapangan
In reply to MASRUROH MASRUROH

Re: Apa itu manajeamen resiko?

by HANIFIA ROSYIDAH -
Benar sekali manajemen merupakan hal yang bersifat vital artinya harus ada disetiap usaha, organisasi, maupun kelompok. Manajemen resiko sendiri sangatlah penting dan harus ada di setiap organisasi dengan begitu suatu ancaman yang dapat menggoyahkan suatu organisasi bisa dihindari