Diskusi 1

Diskusi 1

Number of replies: 25

Silahkan diskusikan mengapa pentingnya metode dalam penelitian sejarah 

In reply to First post

Re: Diskusi 1

by DYAH AYU PERMATASARI -
Izin menjawab bapak/ibu,

Nama : Dyah Ayu Permatasari
NPM : 19220005
Prodi : Pendidikan Sejarah Universitas Muhammdiyah Metro

Metode sendiri secara harfiah berarti cara dan metode penelitian adalah cara untuk memudahkan peneliti dalam membuat strategi, menetapkan proses dan teknik yang akan digunakan dalam upaya pengumpulan data dan melakukan analisis. Jadi metode sejarah dapat diartikan sebagai metode penelitian dan penulisan sejarah dengan menggunakan cara, prosedur atau teknik yang sistematik sesuai dengan asas-asas dan aturan ilmu sejarah. Dikatakan penting karena memang metode sejarah secara garis besar meliputi proses pencarian dan pengumpulan sumber serta pengolahan data sehingga diperoleh fakta dan proses menguji dan menganalisis secara kritis rekaman dan peninggalan di masa lampau. Metode sejarah adalah langkah-langkah yang digunakan dalam penelitian sejarah. Tujuannya adalah untuk mengumpulkan sumber-sumber sejarah secara efektif, menilainya secara kritis, dan menyajikan suatu sintesis tertulis atas hasil yang dicapai. Metode sejarah merupakan suatu sistem prosedur yang benar untuk pencapaian kebenaran melalui tahapan heuristik, kritik, interpretasi, dan historiografi. Tahapan-tahapan dalam metode sejarah dilakukan setelah penentuan topik penelitian dan perumusan permasalahan dan pertanyaan penelitian sejarah. Pencapaian tujuan metode sejarah dilakukan dengan memberikan prinsip dan aturan yang disusun secara sistematis untuk membantu pengumpulan sumber-sumber sejarah.
In reply to DYAH AYU PERMATASARI

Re: Diskusi 1

by KUSWONO KUSWONO -
Penjelasannya sangat bagus mengenai metode sejarah sangat informatif. Metode sejarah memang memiliki peran yang sangat penting dalam penelitian dan penulisan sejarah. Ini membantu peneliti untuk merancang strategi, proses, dan teknik yang diperlukan untuk mengumpulkan data, menganalisisnya, dan menghasilkan pemahaman yang lebih dalam tentang masa lalu.
In reply to First post

Re: Diskusi 1

by JAFAR IRSYAD ATTIN -
Izin menjawab bapak/ibu.
Nama : Jafar Irsyad Attin
NPM. 22220003
Prodi : Pendidikan Sejarah
Universitas Muhammadiyah Metro

Metode Sejarah secara garis besar meliputi proses pencarian dan pengumpulan sumber serta pengolahan data sehingga diperoleh fakta dan proses menguji dan menganalisis secara kritis rekaman dan peninggalan masa lampau.
In reply to JAFAR IRSYAD ATTIN

Re: Diskusi 1

by KUSWONO KUSWONO -
Penjelasan mengenai metode sejarah yang melibatkan proses pencarian dan pengumpulan sumber, pengolahan data untuk mendapatkan fakta, serta pengujian dan analisis kritis terhadap rekaman dan peninggalan masa lampau sangat tepat. Metode sejarah memang mencakup langkah-langkah esensial ini untuk menghasilkan pengetahuan sejarah yang dapat dipercaya dan bermakna.
In reply to First post

Re: Diskusi 1

by ASNA AULA RAHMAWATI -
Izin menjawab bapak/ibu
Nama : Asna Aula Rahmawati
Npm : 22220010
Prodi : Pendidikan Sejarah
Universitas Muhammadiyah Metro

Metode adalah cara sedangkan Metode penelitian adalah proses pencarian atau cara dan pengumpulan sumber serta pengolahan data untuk memperoleh fakta dan proses menguji serta menganalisis secara kritis kejadian dan peninggalan masa lampau. Metode penelitian ini sangat penting bagi penelitian sejarah karena untuk Untuk menyampaikan informasi yang benar dan valid.
In reply to ASNA AULA RAHMAWATI

Re: Diskusi 1

by KUSWONO KUSWONO -
Jawabannya sudah bagus. Namun perlu fokuskan pada metode sejarahnya bukan hanya pada metode ilmiah. Silahkan di balas komen ini dengan pentingnya metode itu dalam penelitian sejarah.
In reply to KUSWONO KUSWONO

Re: Diskusi 1

by ASNA AULA RAHMAWATI -
Baik pak terimakasih, metode sejarah dapat diartikan sebagai metode penelitian dan penulisan sejarah dengan menggunakan cara, prosedur atau teknik yang sistematik sesuai dengan asas-asas dan aturan ilmu sejarah.
In reply to First post

Re: Diskusi 1

by SIFA AULIA -
Izin menjawab bapak/ibu,

Nama : Sifa Aulia
NPM : 22220016
Prodi : Pendidikan sejarah Universitas Muhammadiyah Metro


Karena, ialah untuk membuat rekonstruksi masa lampau secara sistematis dan obyektif. Tujuan ini bisa dicapai dengan menggunakan
metode sejarah. Sejak zaman Thucydides, banyak sejarawan telah menulis tentang metode sejarah, baik secara singkat atau secara panjang lebar. Contoh-contoh yang terkemuka adalah Lucianus, Ibn Khaldun, Jean Bodin, Mably, Voltaire, dan Leopold von Ranke, meskipun kadang-kadang studi mereka lebih mengenai ruang lingkup daripada mengenai
teknik penelitian sejarah.
In reply to SIFA AULIA

Re: Diskusi 1

by KUSWONO KUSWONO -
Jawaban Anda telah menggarisbawahi pentingnya metode sejarah dalam membuat rekonstruksi masa lampau secara sistematis dan obyektif. Metode ini telah dibahas oleh banyak sejarawan terkenal sepanjang sejarah, meskipun sering kali fokus mereka lebih pada ruang lingkup penelitian daripada pada teknik-teknik khusus. Namun perlu adanya kesimpulan dari pandangan anda
In reply to First post

Re: Diskusi 1

by RIKA OKVIANA PUTRI -
Izin menjawab bapak/ibu,

Nama : Rika Okviana Putri
NPM : 22220018
Prodi : Pendidikan Sejarah Universitas Muhammdiyah Metro

Metode sejarah adalah langkah-langkah yang digunakan dalam penelitian sejarah. Tujuan dari metode sejarah adalah mengumpulkan sumber-sumber sejarah secara efektif, menilainya secara kritis, dan menyajikan suatu sintesis tertulis atas hasil yang dicapai. Metode sejarah merupakan suatu sistem prosedur yang benar untuk pencapaian kebenaran melalui tahapan heuristik, kritik, interpretasi, dan historiografi. Tahapan-tahapan dalam metode sejarah dilakukan setelah penentuan topik penelitian dan perumusan permasalahan dan pertanyaan penelitian sejarah. Pencapaian tujuan metode sejarah dilakukan dengan memberikan prinsip dan aturan yang disusun secara sistematis untuk membantu pengumpulan sumber-sumber sejarah.
Dan mengapa metode penting dalam penelitian sejarah? karena Metodologi sejarah sebagai science of methods berarti sebagai ilmu yang membicarakan cara, yaitu cara untuk mengetahui peristiwa yang terjadi pada masa lampau (sejarah). penelitian sejarah merupakan metodologi penelitian yang mencoba merekonstruksi apa yang terjadi dari beberapa periode waktu tertentu dan juga ditangkap dengan lengkap dan seakurat mungkin sehingga tercapai tujuan akhir penelitian sejarah yakni membuat orang mengenal dan belajar mengenai masa lalu.
In reply to RIKA OKVIANA PUTRI

Re: Diskusi 1

by BAHTIAR AFWAN -
Penelitian sejarah juga memungkinkan pengembangan teori dan interpretasi tentang masa lalu. Historiografi adalah studi tentang cara sejarah ditulis dan diinterpretasikan. Ini memungkinkan para sejarawan untuk melihat sejarah dari berbagai sudut pandang dan merumuskan berbagai interpretasi.
In reply to First post

Re: Diskusi 1

by FIBERTA BELLA ABADI -
Metode Sejarah meliputi proses pencarian dan pengumpulan sumber serta pengolahan data.
Dan mengapa pentingnya menggunakan metode agar dapat memudahkan kita saat meneliti dan membuat satrategi sehingga diperoleh fakta dan proses menguji dan menganalisis secara kritis rekaman dan peninggalan masa lampau.
metode ialah langkah yang dapat digunakan saat meneliti atau mengumpulkan sumber sejarah secara efektif dan kritis .
In reply to FIBERTA BELLA ABADI

Re: Diskusi 1

by BAHTIAR AFWAN -
Salah satu tujuan penting penelitian sejarah adalah pembelajaran dari masa lalu. Ini mencakup penggunaan pengalaman dan pelajaran dari sejarah untuk membuat keputusan yang lebih baik di masa depan dan untuk mencegah pengulangan kesalahan masa lalu.
In reply to First post

Re: Diskusi 1

by VITA APRILIA -
Metode penelitian sejarah adalah metode penelitian dan penulisan sejarah dengan menggunakan cara, prosedur atau teknik yang sistematis sesuai dengan asas-asas dan aturan ilmu sejarah.
Metode adalah langkah-langkah yang digunakan dalam penelitian sejarah.
Tujuannya adalah untuk mengumpulkan Sember-sumber sejarah secara efektif, menilainya secara kritis, dan menyajikan suatu sintetis tertulis atas hasil yang dicapai.
In reply to VITA APRILIA

Re: Diskusi 1

by BAHTIAR AFWAN -
Metode penelitian sejarah digunakan untuk mengungkap fakta-fakta dan bukti-bukti tentang masa lalu. Ini melibatkan pencarian, identifikasi, dan evaluasi sumber-sumber sejarah yang relevan, seperti dokumen, arsip, catatan, dan artefak.
In reply to First post

Re: Diskusi 1

by SULISTYA WULANDARI -
Metode sejarah dapat diartikan sebagai metode penelitian dan penulisan sejarah dengan menggunakan cara, prosedur atau teknik yang sistematik sesuai dengan asas-asas dan aturan ilmu sejarah.
Kemudian manfaatnya sendiri adalah untuk memudahkan peneliti dalam membuat strategi, menetapkan proses dan teknik yang akan digunakan dalam upaya pengumpulan data dan melakukan analisis.
In reply to SULISTYA WULANDARI

Re: Diskusi 1

by BAHTIAR AFWAN -
Secara keseluruhan, metode penelitian sejarah bertujuan untuk menyelidiki, menggambarkan, dan memahami masa lalu dengan cara yang mendalam, ilmiah, dan objektif, sehingga kita dapat memahami dampaknya pada masa kini dan masa depan.
In reply to First post

Re: Diskusi 1

by NINIT SETYANTI LATIF -
Sebelumnya izin menjawab ya mengapa metode sejarah sangat penting dalam penelitan sejarah. Menurut saya metode dalam sebuah penelitian ini sangat penting karena ini akan membantu para sejarawan untuk melakukan penyelidikan, menganalisis dan memahami sebuah objek sejarah dengan cara yang sistematis dan tentunya ilmiah. Metode dalam penelitian sejarah juga membantu sejarawan dalam mencapai sebuah objektivitas yang sebanyak mungkin, ini berarti para sejarawan berusaha untuk menghindari sebuah prasangka pribadi dan pandangan subjektif dalam interpretasi sejarah. Dengan menggunakan metode sejarah yang benar, sejarawan akan dapat mencoba menyajikan sebuah fakta-fakta sejarah dengan seakurat mungkin. Kemudain metode penelitian sejarah juga sangat membantu para sejarawan dalam mengumpulkan data dan bukti-bukti yang tentunya relevan dari barbagai sumber sehingga dalam rangka melakukan penelitian sejarah yang baik, sejarawan juga harus memahami dan menerapkan berbagai metode penelitian, seperti metode arsip, metode wawancara, analisis sumber primer dan sekunder, serta analisis konten juga demikian metode dalam penelitian sejarah ini adalah sebuah alat yang penting untuk memastikan bahwa penelitian sejarah yang sedang dilakukan dengan keakuratan, integritas dan objektivitas yang tinggi.
In reply to NINIT SETYANTI LATIF

Re: Diskusi 1

by BAHTIAR AFWAN -
good job mbak ninit.. selain itu dengan metode penelitian sejarah akan meningkatkan kemampuan kita dalam mengembangkan naratif sejarah yang akurat dan komprehensif. cerita atau penyajian yang ditulis tentang peristiwa masa lalu yang didukung oleh bukti-bukti dan analisis. Naratif sejarah ini membantu menjelaskan bagaimana sejarah itu berkembang.
In reply to First post

Re: Diskusi 1

by DEVY ADILLIA MAHARANI -
Nama : Devy Adillia Maharani
NIM : 2211000430050
Prodi : Pendidikan Sejarah dan Sosiologi
PT Asal : IKIP Budi Utomo Malang

Metode penelitian akan memudahkan penulis untuk mencapai tujuan penelitian yang diinginkan dan menghasilkan kajian yang mampu menjawab persoalan dalam penelitiannya. Metode penelitian juga membantu penulis dalam menentukan strategi, cara pengumpulan data dan teknik mengolah data dengan lebih terstruktur sehingga mampu menghasilkan bahan kajian penelitian yang baik serta hasil penelitian yang akurat dan dapat dipertanggung jawabkan
In reply to DEVY ADILLIA MAHARANI

Re: Diskusi 1

by BAHTIAR AFWAN -
ya bagus mbak... Memahami metode penelitian sejarah juga melibatkan keterampilan kritis, seperti kemampuan untuk mengevaluasi kejujuran dan keandalan sumber sejarah, serta mengidentifikasi bias dan sudut pandang tertentu dalam naratif sejarah.
In reply to First post

Re: Diskusi 1

by MEILINDA HARNI WIJAYA -
Izin menjawab bapak/ibu
mengapa disebut penting karena membantu peneliti dalam proses mengumpulkan data,menganalisis. metode penelitian juga memberi manfaat kepada peneliti karena ketika hasil yang diperoleh memakai metode penelitian sumber datanya sangat valid. dengan hasil yang valid maka peneliti juga akan dipercaya oleh banyak orang
In reply to MEILINDA HARNI WIJAYA

Re: Diskusi 1

by BAHTIAR AFWAN -
ya tepat mbak melinda metode penelitian sejarah harus menjadi dasar dalam proses penelitian sejarah dikarenakan itu menjadi pijakan dasar dalam menentukan kualitas hasil luaran penelitian sejarah yang dilakukan
In reply to First post

Re: Diskusi 1

by ANDI SAJIDAH TALFAH -
Metode penelitian dalam sejarah sangatlah penting karena membantu dalam menyusun, menganalisis, dan menginterpretasikan data-data sejarah untuk memahami masa lalu dengan lebih baik. Seperti, metode penelitian membantu dalam mengidentifikasi sumber-sumber sejarah yang dapat diverifikasi keasliannya, dan relevansinya. Juga membantu sejarawan untuk memilih sumber yang dapat dipercaya. Metode penelitian memungkinkan sejarawan untuk menganalisis sumber-sumber secara kritis, metode penelitian membantu dalam mengumpulkan data-data sejarah yang terdiri dari dokumen, artefak, dan catatan tertulis, Metode penelitian memungkinkan sejarawan untuk melakukan analisis yang mendalam terhadap data yang telah dikumpulkan. Ini termasuk penggunaan teknik-teknik analisis yang sesuai untuk memahami konteks, hubungan sebab-akibat, dan implikasi dari peristiwa Sejarah, sehingga menghasilkan suatu tulisan sejarah yang akurat dan sistematis.
Dengan memanfaatkan metode penelitian yang tepat, sejarawan dapat membangun landasan yang kokoh bagi pemahaman terhadap masa lalu. Hal ini tidak hanya penting untuk pengembangan ilmu sejarah itu sendiri, tetapi juga untuk memahami dan menghargai peristiwa-peristiwa yang membentuk dunia saat ini.