SELAMAT DATANG DI MATA KULIAH HUMAN CAPITAL DEVELOPMENT

Assalamu'alaikum wr. wb. 

Selamat datang teman-teman mahasiswa yang sehat dan berbahagia di mata kuliah HUMAN CAPITAL DEVELOPMENT (HCD), mata kuliah ini terdapat di semester ganjil tahun ke dua pembelajaran atau di semester 3. Mata Kuliah ini merupakan mata kuliah pendukung di Prodi Kewirausahaan Universitas Amikom Yogyakarta, mata kuliah HCD merupakan mata kuliah teori dengan bobot 2 SKS. Pada mata kuliah ini akan dibahas tentang pengelolaan sumber daya manusia di organisasi bisnis dilihat dari sisi modal manusia, atau bagian dari 6 M pada organsiasi yaitu : 

  1. Man 
  2. Money 
  3. Method 
  4. Machine 
  5. Material 
  6. Market

Pada pengembangan tahun 2023, mata kuliah ini merupakan bagian dari hibah Program Bantuan Pengembangan dan Penyelenggaraan Pembelajaran Digital (P3D) Kemendikbud Tahun 2023dan dilaksanakan secara asinkron melalui laman LMS Spada Kemendikbud. 

Pada Human Capital Development ini terdapat : 

  1. Penjelasan Rencana Pembelajaran Semester (RPS) 
  2. Terdiri dari 14 kali pembahasan ditambah dengan 1 Ujian Tengah Semester (UTS) dan 1 Ujian Akhir Semester (UAS) 
  3. Kuis dan forum diskusi 
  4. Video dan modul pembelajaran digital
  5. Referensi dari yotube dan studi kasus yang bersumber dari jurnal nasional
  6. Sebelum UTS dan UAS akan diadakan evaluasi, berupa presentasi, asesmen dan studi kasus untuk mengukur ketercapaian materi kepada mahasiswa, secara online tatap muka. 
  7. Penialaian akhir variabel berdasarakan dari pengerjaan Tugas yang terdiri dari kuis dan video presentasi (20%), kehadiran yang dilihat dari mengisi di forum diskusi (20%) yang bersumber dari materi modul digital, ppt, referensi youtube dan studi kasus yang diambil dari jurnal nasional, UTS (30%) dan UAS (30%).
  8. Standar Nilai mengikuti dari akademik Universitas Amikom Yogyakarta 
  9. Konfirmasi nilai akhir dapat dilakukan dengan menunjukkan bukti atau lampiran pendukung, bisa melalui email/whatsapp/online meeting/ketemu langsung dengan membuat janji terlebih dahulu dan dilakukan sesuai dengan etika yang baik. 

Selamat Belajar untuk teman-teman mahasiswa, semoga membantu memudahkan proses pembelajaran teman-teman maka kuliah Human Capital Development, Jika ada kesulitan dapat menggunakan forum diskusi atau email atau whatsaap yang terdapat pada kontrak belajar. Terima kasih. 
Wassalam. 

Dosen Pengampu 


Yusuf Amri Amrullah, S.E., M.M. 
Prodi S1 Kewirausahaan
Universitas Amikom Yogyakarta 

Tim Dosen

 
Ferri Wicaksono, S.IP., M.A. 
Prodi S1 Ilmu Pemerintahan 
Universitas Amikom Yogyakarta 

Tim Support 


Alfriadi Dwi Atmoko, S.E., M.Si., Ak., CA., ACPA.
Prodi S1 Akuntansi 
Universitas Amikom Yogyakarta 



Separate groups: All participants
(No announcements have been posted yet.)