1.2 Capaian Pembelajaran
Secara keseluruhan, mata kuliah Analisis Kesalahan Berbahasa, terutama pada Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Universitas Muhammadiyah Kotabumi memiliki tiga capaian pembelajaran, yaitu (1) mahasiswa memiliki kompetensi dan memahami hakikat kesalahan dan kekeliruan bahasa seperti pengertian, lapses, error, dan mistake, perbedaan signifikan antara kesalahan berbahasa dengan kekeliruan berbahasa; (2) mahasiswa mampu mengidentifikasi dan memperbaiki jenis-jenis ke-salahan dan kekeliruan bahasa acuan, register, sosial, tekstual, penerimaan, pengung-kapan, perorangan, kelompok, analogi, transfer, guru, lokal, dan global; dan (3) mahasiswa mampu mengidentifikasi dan memperbaiki kesalahan bahasa pada tataran morfologi, sintaksis, fonologi, dan semantik.. Namun, pada modul digital ini, terdapat satu capaian pembelajaran yang dituju, yaitu sebagai berikut:
Mahasiswa mampu mengidentifikasi dan memperbaiki kesalahan Bahasa pada tataran fonologi, morfologi, sintaksis, semantik, dan wacana