Rangkuman Materi Pertemuan 1

Pengertian konsep multimedia merujuk pada penggunaan berbagai jenis media yang secara terpadu dikolaborasikan untuk menyampaikan sebuah pesan pembelajaran. Multimedia dapat dikatakan sebagai multimedia pembelajaran interaktif apabila program tersebut mampu memfasilitasi pengguna dengan adanya fitur kontrol pengguna dan pemberian feedback dari program multimedia untuk pengguna. Penggunaan berbagai jenis media, yakni berupa multimedia, dapat memberikan berbagai pengalaman belajar melalui berbagai format media. 

Karakteristik Multimedia Pembelajaran Interaktif (MPI) tidak dapat dipisahkan dari peran dan kemampuan yang dimilikinya. Multimedia Pembelajaran Interaktif (MPI) memiliki karakteristik diantaranya: 1) Memiliki lebih dari satu jenis media yang konvergen, misalnya menggabungkan unsur audio dan visual; 2) Bersifat interaktif, yang berarti  memiliki kemampuan untuk mengakomodasi respon pengguna; dan 3) Bersifat mandiri, memberikan kemudahan dan kelengkapan isi sehingga pengguna bisa menggunakannya tanpa harus dibimbing orang lain. Dengan berbagai karakteristik yang dimiliki, MPI memiliki berbagai kelebihan dalam hal kemampuan dibandingkan dengan jenis media lainnya. Apa saja kelebihan yang dimiliki oleh Multimedia Pembelajaran Interaktif (MPI)? Secara garis besar Multimedia Pembelajaran Interaktif (MPI) mampu menyediakan proses interaktif dan memberikan kemudahan umpan balik, sehingga memberikan kebebasan serta kemudahan kontrol bagi pengguna terhadap proses belajarnya.

Multimedia interaktif yang awalnya dipandang sebagai pilihan teknologi dalam konteks pendidikan untuk alasan sosial, ekonomi, dan pedagogis telah menjadi suatu kebutuhan dalam pendidikan. Kehadiran komputer selanjutnya memiliki dampak pada perkembangan definisi multimedia. Multimedia kini dimaknai sebagai sistem komunikasi interaktif berbasis komputer yang mampu menciptakan, menyimpan, menyajikan, dan mengakses kembali informasi berupa teks, grafik, suara, video atau animasi. Penggunaan multimedia dalam proses pembelajaran sendiri dapat dikelompokkan menjadi 3 fungsi utama, yakni fungsi suplemen, pelengkap, dan pengganti. 

Last modified: Wednesday, 26 February 2020, 10:09 AM