Rangkuman Pertemuan 5

Teks adalah jenis data yang paling dasar serta menggunakan ruang penyimpanan paling sedikit dibandingkan dengan komponen multimedia lainnya. Penggunaan teks perlu memperhatikan beberapa hal seperti ukuran (font size) maupun dari jenis atau style teks yang digunakan. Penggunaan teks dalam program MPI juga perlu dibatasi agar tidak terlalu banyak, sehingga menyebabkan pebelajar menjadi bosan dengan tampilan teks yang monoton.

Graphics atau grafik berasal dari kata graphikos (Bahasa Yunani) yang artinya melukiskan atau menggambarkan garis-garis. Grafik merupakan salah satu media visual yang dapat menjadikan suatu proses pembelajaran menjadi lebih bermakna. Terdapat 4 jenis grafik yang dapat digunakan dalam membuat MPI, yaitu bitmap, clip art, gambar digital, dan hypergambar.

Audio memiliki jalur pemrosesan yang berbeda dari komponen teks dan grafik, sebab audio diproses melalui indera pendengar. Tambahan media audio dapat memberikan efek dinamis dan hidup. Audio didefinisikan sebagai suara dalam bentuk digital seperti suara, musik, narasi dan sebagainya yang bisa didengar. Terdapat 3 jenis audio yang biasa digunakan dalam program MPI, yaitu audio percakapan, musik, dan efek suara. Unsur audio juga dapat dimanfaatkan untuk memperkaya imajinasi dengan cara menghadirkan theatre of mind agar isi materi pelajaran lebih dihayati oleh peserta didik.

Video dapat diartikan sebagai gambar yang bergerak. Video memiliki karakteristik tingkat kebermaknaan yang tinggi dibandingkan dengan komponen multimedia lainnya. Video juga dapat menjelaskan sebuah proses secara runtut dan relatif lebih singkat dan sederhana apabila dibandingkan dengan penjelasan melalui teks dan gambar. Terdapat 4 jenis video yang dapat digunakan dalam program multimedia pembelajaran interaktif, yakni: live video feed, videotape, videodisc, hypervideo dan digital video.

Animasi memiliki daya tarik utama dari segi estetika dan mampu menjelaskan sebuah alur konsep atau proses sehingga lebih detail dan lebih mudah dipahami. Animasi memiliki berbagai kelebihan diantaranya mampu menjelaskan konsep yang abstrak, menjelaskan langkah prosedural, sekaligus mampu menarik perhatian dan mempermudah pemahaman pebelajar. Animasi dapat dibuat menggunakan program authoring, seperti Macromedia Flash atau Adobe Flash. Berbagai jenis animasi yang dapat dibuat menggunakan program authoring tools diantaranya: shape tweening, motion tweening, frame by frame, motion guide, masking, dan motion tween rotate.

Last modified: Wednesday, 26 February 2020, 1:42 PM