Rangkuman Fitur-Fitur Umum dalam Multimedia Pembelajaran Interaktif

Sebuah program multimedia pembelajaran perlu didesain memiliki fitur-fitur utama yang memiliki fungsi penting sehingga leaners atau pengguna dapat mengoperasikannya secara maksimal. Fitur-fitur yang umumnya ada dan menjadi fitur pokok dalam program multimedia antara lain: 1) introduction of the program, 2) learner control, 3) presenting information, 4) help feature, dan 5) ending program.

Introduction of the program merupakan bagian pembukaan dari program multimedia yang menampilkan judul dan identitas program dan pengembang media. Selain itu di beberapa program multimedia bagian introduction memberikan fitur ‘petunjuk’ dan entri data pengguna.

Learner control yang dapat dijumpai ketika pengoperasian program multimedia yakni melalui kontrol dari keyboard dan mouseLearners dapat menggunakan akses keyboard untuk melakukan entri data, sedangkan mouse dapat digunakan sebagai navigasi selama menjalankan program multimedia. Bentuk learner control dapat berbentuk tombol, menu, dan hyperlink.

Infromasi merupakan elemen yang harus ada, sehingga sebuah ‘alat’ dapat dikatan sebagai media. Kata multimedia menunjukkan bahwa pesan atau infromasi disampaikan melalui lebih dari satu jalur, misalkan jalur visual atau audio. Sehingga dalam program multimedia, pesan pembelajaran dapat ditampilkan berupa teks, gambar, suara, video, dan animasi.

Help merupakan fitur yang dimaksudkan dapat memberikan bantuan kepada user. Bentuk dari providing help ini dapat berupa bantuan informasi ataupun bantuan prosedural.

Untuk mengakhiri program multimedia, tidak begitu saja didesain asalkan user dapat menutup program. Namun, ending program perlu didesain mudah dijangkau user dan juga penting untuk menambahkan pertanyaan klarifikasi ataupun ringkasan singkat dari program multimedia.


Last modified: Tuesday, 10 December 2019, 3:58 AM