Subject Description

DESKRIPSI MATA KULIAH (SUBJECT DESCRIPTION)

1.       Identitas Mata Kuliah

a.       Kode: BM62G3

b.       Nama: Perilaku Konsumen

c.       Prodi: S1 Manajemen

d.       Fakultas: Ekonomi dan Bisnis

 

2.       Profil dan Sejarah Mata Kuliah

Mata Kuliah ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan mahasiswa S1 Manajemen untuk memahami mengenai perilaku konsumen di dalam pasar, mampu membuat perencanaan strategi pemasaran dan baurannya berdasarkan karakteristik perilaku konsumennya, memahami aplikasi dari ilmu perilaku konsumen untuk memenangkan persaingan bisnis, dan mengembangkan pemikiran analitikal yang berguna nantinya dalam riset pemasaran.

 

3.       Relevansi (Urgensi) Mata Kuliah

Mata kuliah ini membahas masalah tentang perilaku konsumen berdasarkan pengertiannya, konsep dan teori perilaku untuk memahami perilaku konsumen, faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen untuk mengembangkan strategi Pemasaran, tipe-tipe konsumen dan segmentasi pasar, teori tentang pengambilan keputusan konsumen, strategi pemasaran, konsumerisme, Undang-undang Perlindungan Konsumen, Etika Bisnis dan tanggung jawab sosial perusahaan.

4.       Kaitan Mata Kuliah dengan Mata Kuliah Lainnya

Mata kuliah ini memiliki keterkaitan yang sangat erat dengan berbagai mata kuliah lain antara lain dengan mata kuliah Manajemen Pemasaran, Manajemen Strategi, E-Commerce dan Bisnis Informasi, Pemasaran Bisnis, Riset Pemasaran, Komunikasi Pemasaran Terpadu, Manajemen Hubungan Pelanggan dan Keterlibatan dalam Jejaring Sosial.


5.       Capaian Pembelajaran (CP)

Capaian Pembelajaran Mata Kuliah ini bahwa mahasiswa diharapkan mampu:

1.       memahami mengenai perilaku konsumen di dalam pasar,

2.       membuat perencanaan strategi pemasaran dan baurannya berdasarkan karakteristik perilaku konsumennya,

3.       memahami aplikasi dari ilmu perilaku konsumen untuk memenangkan persaingan bisnis,

4.       dan mengembangkan pemikiran analitikal yang berguna nantinya dalam riset pemasaran.

 

6.       Peta (Struktur) Kemampuan Akhir Tahapan Pembelajaran

a.       Memahami Perilaku Konsumen dan Strategi Pemasaran.

b.       Memahami variasi lintas budaya dalam perilaku konsumen

c.       Memahami pengaruh kelompok pada perilaku konsumen

d.       Memahami pengaruh internal: Persepsi.

e.       Memahami pengaruh internal: Pembelajaran, memori, dan positioning produk (Learning, memory, and product positioning).

f.        Memahami Pengaruh internal: motivasi, kepribadian, dan emosi (Motivation, personality, and emotion)

g.       Memahami Pengaruh Internal: Sikap (Attitudes and Influencing Attitudes).

h.       Memahami Pengaruh Internal: Konsep diri dan Gaya hidup.

i.         Memahami Proses Keputusan Konsumen: Pengaruh Situasional dan pengenalan masalah

j.         Memahami Proses keputusan konsumen: Pencarian informasi dan evaluasi serta pemilihan alternatif.

k.       Memahami Proses keputusan konsumen: pemilihan outlet dan pembelian.

l.         Memahami Proses keputusan konsumen: proses pasca pembelian, kepuasan konsumen, dan komitmen.

 

7.       Peta Materi (Kajian) atau Pokok Bahasan

a.       Perilaku Konsumen dan Strategi Pemasaran.

b.       Variasi lintas budaya dalam perilaku konsumen

c.       Pengaruh kelompok pada perilaku konsumen

d.       Pengaruh internal: Persepsi.

e.       Pengaruh internal: Pembelajaran, memori, dan positioning produk (Learning, memory, and product positioning).

f.        Pengaruh internal: motivasi, kepribadian, dan emosi (Motivation, personality, and emotion)

g.       Pengaruh Internal: Sikap (Attitudes and Influencing Attitudes).

h.       Pengaruh Internal: Konsep diri dan Gaya hidup.

i.         Proses Keputusan Konsumen: Pengaruh Situasional dan pengenalan masalah

j.         Proses keputusan konsumen: Pencarian informasi dan evaluasi serta pemilihan alternatif.

k.       Proses keputusan konsumen: pemilihan outlet dan pembelian.

l.         Proses keputusan konsumen: proses pasca pembelian, kepuasan konsumen, dan komitmen.

 

8.       Rencana Pembelajaran mata Kuliah Berbasis e-Learning (Navigasi Belajar Mandiri Secara Online untuk Satu Mata Kuliah)

1)      Aplikasi perilaku konsumen

2)      Strategi pemasaran dan perilaku konsumen

3)      Komponen-komponen analisis pasar

4)      Segmentasi pasar

5)      Keputusan konsumen

6)      Keluaran

7)      Sifat perilaku konsumen

8)      Arti konsumsi

9)      Konsep budaya

10)   Variasi dalam nilai budaya

11)   Variasi budaya dalam komunikasi nonverbal

12)   Budaya global

13)   Demografi global

14)   Strategi pemasaran lintas budaya

15)   Tipe-tipe kelompok

16)   Kelompok referensi mempengaruhi proses konsumsi

17)   Strategi pemasaran berdasarkan pengaruh kelompok referensi

18)   Komunikasi dalam group dan opinion leadership

19)   Difusi inovasi

20)   Sifat persepsi

21)   Eksposure

22)   Attention

23)   Interpretasi

24)   Persepsi dan strategi pemasaran

25)   Sifat pembelajaran dan memori

26)   Peran memori dalam pembelajaran

27)   Pembelajaran ketika keterlibatan rendah dan tinggi

28)   Pembelajaran, memori, dan pemulihan (retrieval)

29)   Citra merek dan positioning produk

30)   Ekuitas merek dan brand leverage

31)   Sifat-sifat motivasi

32)   Teori motivasi dan strategi pemasaran

33)   Kepribadian

34)   Penggunaan kepribadian dalam praktek pemasaran

35)   Emosi

36)   Emosi dan strategi pemasaran

37)   Presentasi tiap kelompok

38)   UJIAN TENGAH SEMESTER

39)   Komponen-komponen sikap

40)   Strategi perubahan sikap

41)   Karakteristik individu dan situasional yang mempengaruhi perubahan sikap

42)   Karakteristik komunikasi yang mempengaruhi pembentukan dan perubahan sikap

43)   Strategi segmentasi pasar dan pengembangan produk berdasarkan sikap

44)   Konsep diri

45)   Sifat gaya hidup

46)   The VALS system

47)   Analisis Geo-Lifestyle (PRIZM)

48)   Lifestyle internasional

49)   Pengaruh situasional:

50)   Sifat pengaruh situasional

51)   Karakteristik situasional dan perilaku konsumsi

52)   Situasi ritual

53)   Pengaruh situasional dan strategi pemasaran

54)   Pengenalan masalah:

55)   Tipe-tipe keputusan konsumen

56)   Proses pengenalan masalah

57)   Faktor-faktor yang tidak dapat dikendalikan dalam pengenalan masalah

58)   Strategi pemasaran dan pengenalan masalah

59)   Pencarian Informasi:

60)   Sifat pencarian informasi

61)   Tipe-tipe informasi yang dicari

62)   Sumber informasi

63)   Jumlah pencarian informasi eksternal

64)   Biaya vs. Manfaat pencarian eksternal

65)   Strategi pemasaran berdasarkan pola pencarian informasi

66)   Evaluasi dan pemilihan alternatif:

67)   Bagaimana konsumen membuat pilihan

68)   Kriteria evaluatif

69)   Penilaian individu dan kriteria evaluatif

70)   Aturan keputusan untuk pilihan berbasis atribut

71)   Pilihan outlet atau pilihan produk

72)   Suasana ritel

73)   Atribut yang mempengaruhi pilihan outlet ritel

74)   Karakteristik konsumen dan pilihan outlet

75)   Pengaruh di dalam toko vs online dalam pemilihan merek

76)   Pembelian

77)   Disonansi pasca pembelian

78)   Penggunaan atau tidak menggunakan produk

79)   Disposisi

80)   Evaluasi pembelian dan kepuasan konsumen

81)   Tanggapan ketidakpuasan

82)   Kepuasan konsumen, pembelian ulang, dan komitmen konsumen

83)   Presentasi tiap kelompok

 

9.       Sertifikasi yang berkaitan

Sertifikasi Pemasaran (Branding, Sales, Service).

10.   Referensi Mata Kuliah

Hawkins, D. I., and Mothersbaugh, D. L. (2010). Consumer Behavior: Building Marketing Strategy. McGraw-Hill.

Last modified: Thursday, 4 June 2020, 11:55 AM