General
DESKRIPSI MATA KULIAH (SUBJECT DESCRIPTION)
1. Identitas Mata Kuliah
a. Kode: BM62G3
b. Nama: Perilaku Konsumen
c. Prodi: S1 Manajemen
d. Fakultas: Ekonomi dan Bisnis
2. Profil dan Sejarah Mata Kuliah
Mata Kuliah ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan mahasiswa S1 Manajemen untuk memahami mengenai perilaku konsumen di dalam pasar, mampu membuat perencanaan strategi pemasaran dan baurannya berdasarkan karakteristik perilaku konsumennya, memahami aplikasi dari ilmu perilaku konsumen untuk memenangkan persaingan bisnis, dan mengembangkan pemikiran analitikal yang berguna nantinya dalam riset pemasaran.
3. Relevansi (Urgensi) Mata Kuliah
Mata kuliah ini membahas masalah tentang perilaku konsumen berdasarkan pengertiannya, konsep dan teori perilaku untuk memahami perilaku konsumen, faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen untuk mengembangkan strategi Pemasaran, tipe-tipe konsumen dan segmentasi pasar, teori tentang pengambilan keputusan konsumen, strategi pemasaran, konsumerisme, Undang-undang Perlindungan Konsumen, Etika Bisnis dan tanggung jawab sosial perusahaan.
4. Kaitan Mata Kuliah dengan Mata Kuliah Lainnya
Mata kuliah ini memiliki keterkaitan yang sangat erat dengan berbagai mata kuliah lain antara lain dengan mata kuliah Manajemen Pemasaran, Manajemen Strategi, E-Commerce dan Bisnis Informasi, Pemasaran Bisnis, Riset Pemasaran, Komunikasi Pemasaran Terpadu, Manajemen Hubungan Pelanggan dan Keterlibatan dalam Jejaring Sosial.
5. Capaian Pembelajaran (CP)
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah ini bahwa mahasiswa diharapkan mampu:
1. memahami mengenai perilaku konsumen di dalam pasar,
2. membuat perencanaan strategi pemasaran dan baurannya berdasarkan karakteristik perilaku konsumennya,
3. memahami aplikasi dari ilmu perilaku konsumen untuk memenangkan persaingan bisnis,
4. dan mengembangkan pemikiran analitikal yang berguna nantinya dalam riset pemasaran.
6. Peta (Struktur) Kemampuan Akhir Tahapan Pembelajaran
a. Memahami Perilaku Konsumen dan Strategi Pemasaran.
b. Memahami variasi lintas budaya dalam perilaku konsumen
c. Memahami pengaruh kelompok pada perilaku konsumen
d. Memahami pengaruh internal: Persepsi.
e. Memahami pengaruh internal: Pembelajaran, memori, dan positioning produk (Learning, memory, and product positioning).
f. Memahami Pengaruh internal: motivasi, kepribadian, dan emosi (Motivation, personality, and emotion)
g. Memahami Pengaruh Internal: Sikap (Attitudes and Influencing Attitudes).
h. Memahami Pengaruh Internal: Konsep diri dan Gaya hidup.
i. Memahami Proses Keputusan Konsumen: Pengaruh Situasional dan pengenalan masalah
j. Memahami Proses keputusan konsumen: Pencarian informasi dan evaluasi serta pemilihan alternatif.
k. Memahami Proses keputusan konsumen: pemilihan outlet dan pembelian.
l. Memahami Proses keputusan konsumen: proses pasca pembelian, kepuasan konsumen, dan komitmen.
7. Peta Materi (Kajian) atau Pokok Bahasan
a. Perilaku Konsumen dan Strategi Pemasaran.
b. Variasi lintas budaya dalam perilaku konsumen
c. Pengaruh kelompok pada perilaku konsumen
d. Pengaruh internal: Persepsi.
e. Pengaruh internal: Pembelajaran, memori, dan positioning produk (Learning, memory, and product positioning).
f. Pengaruh internal: motivasi, kepribadian, dan emosi (Motivation, personality, and emotion)
g. Pengaruh Internal: Sikap (Attitudes and Influencing Attitudes).
h. Pengaruh Internal: Konsep diri dan Gaya hidup.
i. Proses Keputusan Konsumen: Pengaruh Situasional dan pengenalan masalah
j. Proses keputusan konsumen: Pencarian informasi dan evaluasi serta pemilihan alternatif.
k. Proses keputusan konsumen: pemilihan outlet dan pembelian.
l. Proses keputusan konsumen: proses pasca pembelian, kepuasan konsumen, dan komitmen.
8. Rencana Pembelajaran mata Kuliah Berbasis e-Learning (Navigasi Belajar Mandiri Secara Online untuk Satu Mata Kuliah)
1) Aplikasi perilaku konsumen
2) Strategi pemasaran dan perilaku konsumen
3) Komponen-komponen analisis pasar
4) Segmentasi pasar
5) Keputusan konsumen
6) Keluaran
7) Sifat perilaku konsumen
8) Arti konsumsi
9) Konsep budaya
10) Variasi dalam nilai budaya
11) Variasi budaya dalam komunikasi nonverbal
12) Budaya global
13) Demografi global
14) Strategi pemasaran lintas budaya
15) Tipe-tipe kelompok
16) Kelompok referensi mempengaruhi proses konsumsi
17) Strategi pemasaran berdasarkan pengaruh kelompok referensi
18) Komunikasi dalam group dan opinion leadership
19) Difusi inovasi
20) Sifat persepsi
21) Eksposure
22) Attention
23) Interpretasi
24) Persepsi dan strategi pemasaran
25) Sifat pembelajaran dan memori
26) Peran memori dalam pembelajaran
27) Pembelajaran ketika keterlibatan rendah dan tinggi
28) Pembelajaran, memori, dan pemulihan (retrieval)
29) Citra merek dan positioning produk
30) Ekuitas merek dan brand leverage
31) Sifat-sifat motivasi
32) Teori motivasi dan strategi pemasaran
33) Kepribadian
34) Penggunaan kepribadian dalam praktek pemasaran
35) Emosi
36) Emosi dan strategi pemasaran
37) Presentasi tiap kelompok
38) UJIAN TENGAH SEMESTER
39) Komponen-komponen sikap
40) Strategi perubahan sikap
41) Karakteristik individu dan situasional yang mempengaruhi perubahan sikap
42) Karakteristik komunikasi yang mempengaruhi pembentukan dan perubahan sikap
43) Strategi segmentasi pasar dan pengembangan produk berdasarkan sikap
44) Konsep diri
45) Sifat gaya hidup
46) The VALS system
47) Analisis Geo-Lifestyle (PRIZM)
48) Lifestyle internasional
49) Pengaruh situasional:
50) Sifat pengaruh situasional
51) Karakteristik situasional dan perilaku konsumsi
52) Situasi ritual
53) Pengaruh situasional dan strategi pemasaran
54) Pengenalan masalah:
55) Tipe-tipe keputusan konsumen
56) Proses pengenalan masalah
57) Faktor-faktor yang tidak dapat dikendalikan dalam pengenalan masalah
58) Strategi pemasaran dan pengenalan masalah
59) Pencarian Informasi:
60) Sifat pencarian informasi
61) Tipe-tipe informasi yang dicari
62) Sumber informasi
63) Jumlah pencarian informasi eksternal
64) Biaya vs. Manfaat pencarian eksternal
65) Strategi pemasaran berdasarkan pola pencarian informasi
66) Evaluasi dan pemilihan alternatif:
67) Bagaimana konsumen membuat pilihan
68) Kriteria evaluatif
69) Penilaian individu dan kriteria evaluatif
70) Aturan keputusan untuk pilihan berbasis atribut
71) Pilihan outlet atau pilihan produk
72) Suasana ritel
73) Atribut yang mempengaruhi pilihan outlet ritel
74) Karakteristik konsumen dan pilihan outlet
75) Pengaruh di dalam toko vs online dalam pemilihan merek
76) Pembelian
77) Disonansi pasca pembelian
78) Penggunaan atau tidak menggunakan produk
79) Disposisi
80) Evaluasi pembelian dan kepuasan konsumen
81) Tanggapan ketidakpuasan
82) Kepuasan konsumen, pembelian ulang, dan komitmen konsumen
83) Presentasi tiap kelompok
9. Sertifikasi yang berkaitan
Sertifikasi Pemasaran (Branding, Sales, Service).
10. Referensi Mata Kuliah
Hawkins, D. I., and Mothersbaugh, D. L. (2010). Consumer Behavior: Building Marketing Strategy. McGraw-Hill.