Osmosis

Osmosis adalah perpindahan molekul air dari konsentrasi air tinggi ke konsentrasi rendah. Perpindahan molekul tersebut melalui selaput semi permiabel selektif dari bagian zat yang lebih encer ke bagian zat yang lebih pekat. Membran semipermiable harus dapat ditembus oleh pelarut namun tidak dapat ditembus oleh zat terlarut yang mengakibatkan gradien tekanan sepanjang membran.  Suatu larutan dengan konsentrasi yang lebih tinggi dari larutan lain dinamakan hipertonik. Suatu larutan dengan konsentrasi yang lebih rendah dari larutan lain dinamakanhipotonik, dan Suatu larutan dengan konsentrasi yang sama dengan larutan lain dinamakan isotonik.  Selama osmosis, air bergerak dari larutan yang konsentrasinya lebih rendah menuju larutan yang konsentrasinya lebih tinggi.  

Hasil gambar untuk osmosis

Gambar 1. Osmosis

      Pada tanaman menggunakan osmosis untuk menyerap air dan nutrisi dari tanah. Larutan dalam akar tanaman adalah hipertonik, menarik air dari tanah yang hipotonik disekitarnya. Akar dirancang sebagai membran permeabel selektif, mengenali tidak hanya air, tetapi beberapa zat terlarut yang berguna, seperti mineral tanaman untuk kebutuhan bertahan hidup. Osmosis juga memainkan peran penting dalam sel tumbuhan dan hewan, dengan cairan mengalir masuk dan keluar dari dinding sel untuk membawa nutrisi dan menghilangkan limbah. 

      Prinsip-prinsip yang mendasari osmosis adalah kunci untuk memahami berbagai konsep. Misalnya, kondisi medis yang fatal kadang-kadang dikenal sebagai keracunan air terjadi ketika orang minum sejumlah besar air yang sangat cepat, menyebabkan pengenceran air yang mengalir bebas melalui tubuh mereka. Larutan yang diencerkan ini mampu mendorong melalui membran sel, berkat osmosis, sehingga dapat menyebabkan sel meledak saat mereka mengembang untuk menampung air. Sebaliknya, ketika orang mengalami dehidrasi, sel mengerut dan mati saat air yang mengalir bebas dalam tubuh menjadi sangat terkonsentrasi dengan zat terlarut, menyebabkan air mengalir keluar dari sel-sel dalam upaya untuk mencapai sebuah keadaan isotonik.


Last modified: Thursday, 29 August 2019, 9:49 AM