MS 3-1 : Sifat dualisme Gelombang dan Partikel

Deskripsi : Sumber bahan MS 3-1 berisi informasi tentang dualisme gelombang-partikel, hipotesis Planck, Data percobaan Efek Fotolistrik, percobaan Davisson-Germer, dan hipotesi de Broglie. Disamping itu juga terdapat beberapa data dan rumus terkait dengan fenomena Kuantum.

Tugas : Setelah anda membaca dan menyelidiki dengan saksama, selesaikan tugas berikut

  1. Catat informasi sebanyak-banyaknya yang terdapat dalam sumber MS 3-1
  2. Jelaskan pernyataan atau persamaan terkait dengan hipotesis de Broglie
  3. Jika pada percobaan Davisson-Germer elektron dipercepat dengan beda potensial 54 Volt, tentukan panjang gelombang de Broglie
  4. Dengan menggunakan persamaan Bragg dan data sudut hamburan dari percobaan Davisson-Germer, tentukan panjang gelombang elektron?
  5. Tujuan utama percobaan Davisson-Germer adalah untuk membuktikan elektron berprilaku seperti gelombang. Jelaskan bagaimana caranya hasil percobaan tersebut menunjukkan elektron berprilaku seperti gelombang? 
  6. Rumus momentum biasa ditulis P = m.v, namun de Broglie menulis rumus momentum untuk foton dengan P = E/c. Jelaskan kenapa bisa demikian?
  7. Jelaskan bagaimana (dengan rumus) hubungan antara panjang gelombang elektron dan jari-jari orbit Bohr. Jelaskan?
  8. Pada sumber MS 3-1 juga ditunjukkan contoh hasil perhitungan. DImana panjang gelombang bola kasti 1.1 x 10-34 m  dan panjang gelombang elektron 1.2 x 10-10 m. Jelaskan apa arti fisis dari kedua panjang gelombang tersebut? 
Click Dualisme partikel Gelombang.docx link to view the file.