Pojok Baca 2

Tujuan dari tinjauan ini adalah untuk meringkas apa yang merupakan penelitian ergonomis yang diterapkan pada fasilitas pendidikan, dan dengan demikian dimaksudkan untuk representatif dan tidak komprehensif. Dalam membuat pilihan studi yang representatif secara ergonomis, saya telah memilih (1) dua studi survei preferensi pengguna yang menghubungkan tanggapan siswa pada kuesioner tipe skala peringkat dengan pengukuran fisik fitur lingkungan dan tampilan; (2) studi eksperimental pola interaksi sosial dengan pengaturan tempat duduk kelas yang berbeda menggunakan televisi sebagai alat observasi; (3) studi eksperimental yang menyelidiki pengaruh kontras kecerahan fotometri pada preferensi, perhatian, kenyamanan visual, dan kelelahan siswa; dan (4) studi eksperimental tentang keterbacaan tampilan yang mengeksplorasi perbedaan kualitatif antara proyeksi layar depan dan belakang. Studi pertama yang dilaporkan adalah studi saya sendiri, dan empat lainnya adalah disertasi doktoral yang saya supervisi di Universitas Boston antara1976-91. Dengan memberikan sampler seperti itu, diharapkan pembaca memperoleh wawasan tentang metodologi representasional dalam penelitian ergonomis pendidikan, serta kesadaran akan substansi temuan mereka, yang saya yakini memiliki arti penting saat ini terkait dengan desain dan pemanfaatan lingkungan belajar.