COH4D3-Kapita Selekta Komunikasi Pemasaran
Identitas Mata Kuliah
Mata Kuliah Kapita Selekta Komunikasi Pemasaran memiliki kode mata kuliah COH4D3. Mata kuliah ini berada pada Fakultas Komunikasi dan Bisnis, pada Program Studi Ilmu Komunikasi. Dalam struktur kurikulum tahun 2016, mata kuliah ini diajarkan di semester ganjil, tepatnya pada semester tujuh (7) dengan jumlah SKS sebanyak tiga (3).
Mata kuliah ini hanya diperuntukan untuk mahasiswa tingkat empat yang mengambil konsentrasi Marketing Communication (MarCom). Mata kuliah ini sifatnya wajib untuk konsentrasi MarCom. Untuk dapat mengambil mata kuliah ini, mahasiswa dipersyaratkan lulus beberapa mata kuliah MarCom seperti Komunikasi Pemasaran Terpadu, Manajemen Periklanan, Pemasaran Humas, Penulisan Naskah Iklan, dan Riset Komunikasi Pemasaran.
Profil dan Sejarah Mata Kuliah
Kapita Selekta Komunikasi Pemasaran merupakan mata kuliah yang membahas dan mengkaji isu-isu kontemporer/baru/update dalam bidang marcom dan menganalisis fenomena-fenomenanya. Isu-isu yang dibahas merupakan isu-isu yang terpilih dan relevan serta penting di dunia marketing communication. Dalam rangka meningkatkan pemahaman mahasiswa, mata kuliah ini juga menyertai isu-isu dengan fenomena-fenomena sebagai contoh untuk dianalisis.
Mata kuliah ini menekankan pada kemampuan membaca fenomena dan merangsang kemampuan analisis mahasiswa. Hal ini dimaksudkan untuk mendorong kebiasaan serta kemampuan problem solving, sehingga mahasiswa memilik skill yang baik saat mereka memasuki dunia kerja. Setengah semester pada mata kuliah ini dipenuhi dengan kegiatan analisis mahasiswa yaitu pada tujuh (7) pertemuan pasca ujian tengah semester. Mahasiswa sangat dituntut keaktifannya, sehingga pada sesi-sesi ini mahasiswa diwajibkan banyak membaca buku-buku, majalah dan berita-berita yang relevan.
Relevansi (Urgensi) Mata Kuliah
Berdasarkan hasil survey terhadap 1.770 manajer di 14 negara di dunia, bahwa tiga kemampuan penting yang harus dimiliki oleh lulusan perguruan tinggia adalah (1) kemampuan di bidang digital & teknologi, (2) berfikir kreatif & eksperimentasi, serta (3) kemampuan analisis & interpretasi data (Harian Kompas, 3 Mei 2017).
Berdasarkan hasil kajian lain, yaitu hasil kajian Word Economic Forum tahun 2017 yang diuraikan dalam sebuah laporan berjudul The Future of Jobs Report, dikemukakan bahwa salah satu kemampuan yang paling utama yang sangat diperlukan oleh industri masa depan adalah Complex Problem Solving. Kemampuan ini berupa Kemampuan untuk memecahkan masalah yang asing dan belum diketahui solusinya di dalam dunia nyata.
Dari dua uraian diatas, menunjukkan bahwa mata kuliah ini menjadi sangat penting, karena mata kuliah ini tidak hanya memberi pemahaman, tetapi juga mengajarkan tentang tata cara melakukan analisis terhadap fenomen-fenomena yang baru/update dalam dunia marketing communication. Selain itu mahasiswa juga diminta untuk memberikan saran atau solusi jika dalam analisisnya ditemukan problem.
Kaitan dengan Mata Kuliah Lain
Berdasarkan organigram diatas, mata kuliah Kapita Selekta Komunikasi Pemasaran bisa diambil oleh mahasiswa setelah mereka menyelesaikan atau meluluskan beberapa mata kuliah meliputi Komunikasi Pemasaran Terpadu, Manajemen Periklanan, Pemasaran Humas, Penulisan Naskah Iklan, dan Riset Komunikasi Pemasaran.
Peta Capaian Pembelajaran
Pokok Bahasan
Dari empat tema besar diatas, akan diturunkan dalam empat belas (14) tema/topik pembelajaran yang akan disajikan dalam empat belas minggu. Lebih detail sebagai berikut.
- Pokok Bahasan 1 : Revolusi Industri 4.0 & Impact for MarCom
- Pokok Bahasan 2 : Isu Utama Penyebab Perubahan dalam Dunia MarCom
- Pokok Bahasan 3 : Perbedaan Mendasar MarCom 1.0; 2.0; 3.0 & 4.0
- Pokok Bahasan 4 : Perubahan Presepektif dalam MarCom 4.0
- Pokok Bahasan 5 : Perubahan Strategi dalam MarCom 4.0
- Pokok Bahasan 6 : Promosi Offline Vs Promosi Online
- Pokok Bahasan 7 : Best Practice MarCom 4.0
- Pokok Bahasan 8 : Analisis Fenomena PT Pos Indonesia
- Pokok Bahasan 9 : Analisis Fenomena Gojek
- Pokok Bahasan 10 : Analisis Fenomena Traveloka
- Pokok Bahasan 11 : Analisis Fenomena Tokopedia
- Pokok Bahasan 12 : Analisis Fenomena Buka Lapak
- Pokok Bahasan 13 : Analisis Fenomena Mataharimall.com
- Pokok Bahasan 14 : Analisis Fenomena Bangkitnya Amazon
Rencana Pembelajaran Mata Kuliah Berbasis e-Learning
Best Practice (Tips dan Trick)
Untuk bisa memahami dengan baik mata kuliah ini, maka ada beberapa saran :
- Sering membaca beberapa majalah marketing seperti Marketereers, Marketing, Mix Marketing Communications, dan lain-lain.
- Rajin membaca buku-buku yang menjadi referensi dalam mata kuliah ini.
- Rajin diskusi dengan siapapun yang mengerti, mengetahui, dan memahami isu-isu dalam mata kuliah ini.
Referensi Mata Kuliah
- Beyond Marketing : Growth & Sustainability. Jony Oktavian Haryanto
- D’Gil Marketing : Think Like Theher Is No Box. Ahmad Bambang
- Marketing 4.0 : Moving from traditional to digital
- Citizen 4.0 : hermawan Kartajaya
- Marketing In Challenging Times
- Guerrilla Marketing. Jay Conrad Levinson
- How to sell. You Art Online. Cory Huff
- Marketing for Competitiveness. Philip Kotler, Hermawan Kartajaya, Hooi Den Huan
- Social Media ROI : Mengelola dan Mengukur Penggunaan Media Sosial pada Organisasi Anda. Oliver Blanchard
- Viral ; Gebrakan Kekinian Public Relation Di Era Digital. Nita Kartikasari
- 10 strategi Marketing Online ala Bukalapak. Merry Magdalena