Topic outline

  • Pengantar

    Assalamualaikum warahmatullahii wabarakatuh...

    Selamat datang di kelas daring mata kuliah EVALUASI PEMBELAJARAN.

    Mata kuliah ini berisikan tentang konsep dasar asesmen pembelajaran, teknik asesmen hasil belajar, penyusunan asesmen teknik tes, penyusunan asesmen teknik non tes, teknik pemmberian skor dan pengelohan hasil asesmen serta pelaporan hasil asesmen pembelajaran. Oleh sebab itu mahasiswa dituntut untuk menguasai penilaian secara rinci dan mampu membuat soal dan menganalisis hasilnya. Selain itu dapat membuat instrumen non tes seperti instrument sikap. 

    Nah, sebelum kita belajar lebih lanjut, yuks kenali dosen pengampu di mata kuliah ini. Pepatah mengatakan tak kenal maka tak sayang. 



    Nah, setelah mengenali dosen pengampu, selanjutnya kalian harus tahu materi-materi yang akan kalian pelajari pada mata kuliah ini. Yuks, cek list materi pada gambar berikut. 


    Pada mata kuliah Evaluasi Pembelajaran di LMS ini, kami menggunakan alur pembelajaran PEDATI. Silakan Ananda pelajari kegiatan pembelajaran secara runtut y. Mulai kegiatan dari yang paling atas di setiap pertemuannya. Dan perhatikan selalu tanda centang maupun fitur progress barnya y...



    Jika ada yang Ananda kurang mengerti, silakan hubungi dosen pengampu masing-masing y...

    Selamat belajar.... Sehat dan sukses selalu bagi kita semua...

  • Pertemuan 1. Konsep Dasar Evaluasi Pembelajaran


    Tell me and I forget
    Teach me and I remember
    Involve me and I learn


    بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيم

    السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

    Hiii... semangat pagi Ananda mahasiswa semua...

    Sesi kali ini, Anda akan mempelajari tentang KONSEP DASAR ASESMEN.

    Pendidikan merupakan aktivitas sadar dan sengaja yang diarahkan untuk mencapai suatu tujuan. Untuk mengetahui apakah penyelenggaran pembelajaran dapat mencapai tujuannya secara efektif dan efisien, maka perlu dilakukan evaluasi. Untuk itu, evaluasi dilakukan atas komponen-komponen dan proses kerjanya sehingga apabila terjadi kegagalan dalam mencapai tujuan maka dapat ditelusuri komponen dan proses yang menjadi sumber kegagalan.

    Dalam materi pertama ini, kita akan membahas konsep dasar evaluasi pembelajaran, yakni pengertian, tujuan, fungsi, prinsip dan jenis-jenis evaluasi pembelajaran.

    Nah, untuk kegiatan pembelajaran pertama kita kali ini, silakan Ananda mahasiswa baca bahan ajar berikut. Ikuti kegiatan pembelajaran dengan runtut, dan baca instruksi di setiap kegiatan pembelajaran dengan teliti


    • Latihan Quiz
      Restricted Not available unless: The activity Forum Diskusi Konsep Dasar Assesmen is marked complete
  • Pertemuan 2. Teknik Asesmen


    “The function of education is to teach one to think intensively and to think critically. 

    Intelligence plus character-that is the goal of true education.” — Martin Luther King Jr.


    بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيم

    السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

    Bertemu lagi di pertemuan kedua pada mata kuliah Evaluasi Pembelajaran....

    Pada pertemuan kali ini Anda akan mempelajari tentang teknik asesmen. Adapun teknik asesmen yang disajikan dalam pertemuan kali ini salah satunya adalah Asesmen Berbasis Kelas (ABK). ABK memiliki keunggulan dibandingkan dengan jenis asesmen lainnya. Nah untuk memahami lebih lanjut, silakan ikut kegiatan pembelajaran berikut. 

    Pada pertemuan ini disajikan 3 bahan bacaan. Silakan baca semua bahan ajar yang disajikan secara runtut, kemudian lanjutkan kegiatan pembelajaran sampai tuntas.

    Selamat belajar...


    • Studi Kasus AKM 2021 Forum
      Restricted Not available unless: The activity Forum Diskusi_Teknik Asesmen is marked complete
    • Kuis Teknik Asesmen Quiz
      Restricted Not available unless: The activity Studi Kasus AKM 2021 is marked complete
  • Pertemuan 3. Teknik Asesmen Tes


    بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيم

    السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

    Hiii...

    Semangat pagi Ananda mahasiswa semua.... 

    Bertemu lagi di pertemuan ketiga pada mata kuliah Evaluasi Pembelajaran....

    Sebagai peserta didik, tentunya Ananda masih ingat bahwa selama pembelajaran di sekolah, baik di SD, SMP, SMA, maupun Perguruan Tinggi, Ananda disuguhi berbagai macam tes untuk mengukur kemampuan atau kompetensi yang sudah Ananda kuasai.

    Umumnya, bentuk tes yang disuguhkan adalah tes tertulis dalam bentuk pilihan ganda dan esai. Sebenarnya masih banyak loh bentuk tes tertulis lainnya. Masing-masing bentuk tes tertulis memiliki kelebihan dan kekurangan. Untuk itu, sebagai pendidik maupun calon pendidik, wajib memahami berbagai bentuk tes tertulis serta kelebihan dan kurangannya masing-masing. Pemahaman ini penting agar pendidik dapat memilih bentuk tes yang tepat sesuai dengan kompetensi yang ingin diukur. 

    Nah, pada pertemuan kali ini kita akan membahas terkait topik tes tertulis. Apa sih tes tertulis itu? Apa saja bentuk-bentuk tes tertulis itu? Yuks, baca bahan ajar yang telah disediakan berikut.

    • Forum Diskusi Teknik Asesmen Tes
      Restricted Not available unless: The activity Bahan Ajar Tes Tertulis is marked complete
    • Kuis Teknik Asesmen Tes Quiz
      Restricted Not available unless: The activity Forum Diskusi Teknik Asesmen Tes is marked complete
    • TUGAS TES TERTULIS Assignment
      Restricted Not available unless: The activity Bahan Ajar Tes Tertulis is marked complete
  • Pertemuan 4. Tingkat Kesukaran, Daya Beda, Distraktor


    بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيم

    السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

    Hiii...

    Semangat pagi Ananda mahasiswa semua.... 

    Dipertemuan kita kali ini, kita akan membahas tentang tingkat kesukaran, daya beda, dan distraktor dalam penyusunan instrumen butir soal.

    Nah.... Pada dasarnya pendidikan memerlukan sebuah evaluasi. Tak hanya hasil belajar siswa saja yang dieavluasi, melainkan juga alat pengukur yang digunakan untuk mengukur keberhasilan siswa. Yang dimaksud adalah tes hasil belajar, yang mana terdiri dari butir-butir soal atau biasa disebut item. Dan untuk mengetahui apakah butir-butir tersebut sudah menjalankan fungsinya sebagaimana mestinya, maka perlu identifikasi. Dengan harapan akan menghasilakan berbagai informasi berharga, yang menjadi umpan balik guna melakukan perbaikan, pembenahan dan penyempurnaan kembali, hingga nantinya benar-benar dapat menjalankan fungsinya sebagai alat pengukur hasil belajar yang berkualitas tinggi. Rangakaian kegiatan seperti uraian tersebut sering dikenal dengan istilah analisis item. Maka dari itu perlu adanya analisis kesukaran soal, daya pembeda dan fungsi distraktor.

    Silakan baca bahan ajar Tingkat Kesukaran, Daya Beda, Distraktor berikut, kemudian ikuti kegiatan forum diskusi.

  • Pertemuan 5. Validitas dan Reliabilitas


    بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيم

    السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

    Hiii...

    Semangat pagi Ananda mahasiswa semua.... 

    Dipertemuan kita kali ini, kita akan membahas tentang validitas dan reabilitas pada butir instrumen evaluasi pembelajaran.

    Instrumen merupakan suatu alat yang dipergunakan sebagai alat untuk mengukur suatu obyek ukur atau mengumpulkan data dari suatu variabel. Suatu instrumen dikatakan baik bila valid dan reliabel.




    Untuk mempelajari lebih lanjut tentang validitas dan reabilitas, silakan Anda membaca bahan ajar berikut.

  • Pertemuan 6. Review Pertemuan 3, 4, dan 5


  • Pertemuan 7. Teknik Pemberian Skor


    بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيم

    السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

    Hiii... semangat pagi Ananda mahasiswa semua...

    Sesi kali ini, Anda akan mempelajari tentang TEKNIK PEMBERIAN SKOR.


    Pada sesi-sesi sebelumnya, Anda semua telah mempelajari tentang pembuatan butir soal sampai dengan uji butir soal yang Anda kembangkan, baik uji validitas, reabilitas, daya pembeda, distraktor, dan tingkat kesulitan. Nah, untuk mengolah hasil evaluasi pembelajaran, langkah pertama yang harus dilakukan adalah memberikan skor atau mengadakan penyekoran terhadap jawaban siswa. 

    Ada beberapa cara yang bisa dilakukan dalam penyekoran hasil tes sesuai dengan bentuk-bentuk tes yang digunakan, yaitu:

    1. Pemberian skor untuk tes bentuk objektif
    2. Pemberian skor tes bentuk essai
    3. Mengubah skor menjadi nilai standar dengan berbagai skala dengan menggunakan pendekatan PAP atau PAN


    Untuk mempelajari tentang teknik pemberian skor, silakan baca bahan ajar berikut.

  • Pertemuan 9. Teknik Asesmen Non-Tes

  • Pertemuan 12. Asesmen Hasil Belajar Ranah Afektif

  • Pertemuan 13. Asesmen Hasil Belajar Ranah Psikomotorik

  • Pertemuan 14. Asesmen Autentik/Alternatif