Weekly outline

  • General



    SISTEM PENUNJANG KEPUTUSAN 3SSPK-B Sistem Informasi GANJIL2425


    Halo rekan UNDIPA MAKASSAR yang hebat, selamat berjumpa kembali dalam perkuliahan daring matakuliah SISTEM PENUNJANG KEPUTUSAN 3SSPK-B Sistem Informasi GANJIL2425.

    Selamat Belajar.
    Zoom
    Rekan mahasiswa, untuk melaksanakan perkuliahan daring matakuliah ini secara real time dapat dilakukan melalui teknik Synchronous. Kita dapat saling bertemu dan berkomunikasi secara langsung. Yang perlu anda lakukan adalah :
    1. Menyiapkan perangkat webcam.
    2. Meng-klik gambar disamping.

    Pelaksanaan perkuliahan secara synchronous ini waktunya akan diumumkan kemudian melalui WA Group Maupun telegram yang telah dibuat oleh dosen.

  • Pertemuan 1



    Topik Perkuliahan    :   

    Konsep Data, informasi, pengetahuan dan pengambilan keputusan

    Kompentensi Mahasiswa    :    Mahasiswa mampu menjelaskan konsep data, informasi, pemecahan masalah dan pengambilan keputusan


    Metode Pembelajaran :

    • Kuliah, melalui pendekatan hybrid sinkronous (pembelajaran daring dan tatap muka secara sinkron)
    • Partisipasi, berupa absensi kehadiran dan keaktifan dalam pembelajaran
    • Presentasi, berupa penjelasan materi melalui video pembelajaran SPK Topik 
    • Diskusi / tanya jawab, terkait materi yang belum dipahami
    • Quiz, berupa tanya jawab (menjawab pertanyaan dari evaluasi capaian pembelajaran Mata Kuliah)

  • Pertemuan 2



    Topik Perkuliahan    :   

    Konsep dasar Sistem Pendukung Keputusan (SPK)

    Kompentensi Mahasiswa    :    Mahasiswa mampu menjelaskan konsep dasar Sistem Pendukung Keputusan (SPK)

     

    Metode Pembelajaran :

    • Kuliah, melalui pendekatan hybrid sinkronous (pembelajaran daring dan tatap muka secara sinkron)
    • Partisipasi, berupa absensi kehadiran dan keaktifan dalam pembelajaran
    • Presentasi, berupa penjelasan materi melalui video pembelajaran SPK Topik 
    • Diskusi / tanya jawab, terkait materi yang belum dipahami
    • Quiz, berupa tanya jawab (menjawab pertanyaan dari evaluasi capaian pembelajaran Mata Kuliah)

  • Pertemuan 3



    Topik Perkuliahan    :   

    Karakteristik dan Arsitektur Sistem Pendukung Keputusan

    Kompentensi Mahasiswa    :    Mahasiswa mampu menjelaskan karakteristik dan komponen Sistem Pendukung Keputusan (SPK)

    Metode Pembelajaran :

    • Kuliah, melalui pendekatan hybrid sinkronous (pembelajaran daring dan tatap muka secara sinkron)
    • Partisipasi, berupa absensi kehadiran dan keaktifan dalam pembelajaran
    • Presentasi, berupa penjelasan materi melalui video pembelajaran SPK Topik 
    • Diskusi / tanya jawab, terkait materi yang belum dipahami
    • Quiz, berupa tanya jawab (menjawab pertanyaan dari evaluasi capaian pembelajaran Mata Kuliah)

  • Pertemuan 4



    Topik Perkuliahan    :   

    Parameter dan fase-fase pengambilan keputusan.

    Kompentensi Mahasiswa    :    Mahasiswa mampu menjelaskan fase-fase pengambilan keputusan, menentukan parameter, menentukan kriteria, dan menentukan pembobotan

    Metode Pembelajaran :

    • Kuliah, melalui pendekatan hybrid sinkronous (pembelajaran daring dan tatap muka secara sinkron)
    • Partisipasi, berupa absensi kehadiran dan keaktifan dalam pembelajaran
    • Presentasi, berupa penjelasan materi melalui video pembelajaran SPK Topik 
    • Diskusi / tanya jawab, terkait materi yang belum dipahami
    • Quiz, berupa tanya jawab (menjawab pertanyaan dari evaluasi capaian pembelajaran Mata Kuliah)

  • Pertemuan 5



    Topik Perkuliahan    :   

    Konsep data science dan kaitannya dalam pengambilan keputusan

    Kompentensi Mahasiswa    :    Mahasiswa mampu memahami konsep data science yang berkaitan dengan pengambilan keputusan

     

    Metode Pembelajaran :

    • Kuliah, melalui pendekatan hybrid sinkronous (pembelajaran daring dan tatap muka secara sinkron)
    • Partisipasi, berupa absensi kehadiran dan keaktifan dalam pembelajaran
    • Presentasi, berupa penjelasan materi melalui video pembelajaran SPK Topik 
    • Diskusi / tanya jawab, terkait materi yang belum dipahami
    • Quiz, berupa tanya jawab (menjawab pertanyaan dari evaluasi capaian pembelajaran Mata Kuliah)

  • Pertemuan 6



    Topik Perkuliahan    :   

    Metode Simple Multi Attribute Rating Technique (SMART) 

    Kompentensi Mahasiswa    :    Mahasiswa mampu menerapkan metode Simple Multi Attribute Rating Technique (SMART) dalam Sistem Pendukung Keputusan

    Metode Pembelajaran :

    • Kuliah, melalui pendekatan hybrid sinkronous (pembelajaran daring dan tatap muka secara sinkron)
    • Partisipasi, berupa absensi kehadiran dan keaktifan dalam pembelajaran
    • Presentasi, berupa penjelasan materi melalui video pembelajaran SPK Topik 6
    • Diskusi / tanya jawab, terkait materi yang belum dipahami
    • Pratik, melakukan praktik simulasi studi kasus penerapan metode SMART menggunakan Tools tertentu dengan tahapan yang dijelaskan melalui modul pembelajaran.

  • Pertemuan 7



    Topik Perkuliahan    :   

    Metode Simple Additive Weighting (SAW)

    Kompentensi Mahasiswa    :    Mahasiswa mampu menerapkan metode Simple Additive Weighting (SAW) dalam Sistem Pendukung Keputusan

    Metode Pembelajaran :

    • Kuliah, melalui pendekatan hybrid sinkronous (pembelajaran daring dan tatap muka secara sinkron)
    • Partisipasi, berupa absensi kehadiran dan keaktifan dalam pembelajaran
    • Presentasi, berupa penjelasan materi melalui video pembelajaran SPK Topik 7
    • Diskusi / tanya jawab, terkait materi yang belum dipahami
    • Pratik, melakukan praktik simulasi studi kasus penerapan metode SAW menggunakan Tools tertentu dengan tahapan yang dijelaskan melalui modul pembelajaran.

  • Pertemuan 8


    Ujian Tengah Semester (UTS)
    Ketentuan Pelaksanaan UTS :

    • Pelaksanaan UTS bagi Mahasiswa Universitas Dipa Makassar, dilaksanakan pada minggu ke-8 secara luring pada kampus Undipa ruangan B213 sesuai dengan waktu perkuliahan seperti biasanya.
    • Pelaksanaan UTS bagi Mahasiswa Universita Al Asyariah Mandar, dilaksanakan pada minggu ke-8 secara luring pada kampus Unasman ruangan sesuai dengan yang disepakati dengan dosen pendamping unasman dengan waktu perkuliahan seperti biasanya.
  • Pertemuan 9



    Topik Perkuliahan    :   

    Metode Technique For Others Preference By Similarity To Ideal Solution (TOPSIS)

    Kompentensi Mahasiswa    :    Mahasiswa mampu menerapkan metode Technique For Others Preference By Similarity To Ideal Solution (TOPSIS) dalam Sistem Pengambilan Keputusan

    Metode Pembelajaran :

    • Kuliah, melalui pendekatan hybrid sinkronous (pembelajaran daring dan tatap muka secara sinkron)
    • Partisipasi, berupa absensi kehadiran dan keaktifan dalam pembelajaran
    • Presentasi, berupa penjelasan materi melalui video pembelajaran SPK Topik 8
    • Diskusi / tanya jawab, terkait materi yang belum dipahami
    • Pratik, melakukan praktik simulasi studi kasus penerapan metode TOPSIS menggunakan Tools tertentu dengan tahapan yang dijelaskan melalui modul pembelajaran.

  • Pertemuan 10



    Topik Perkuliahan    :   

    Metode Profile Matching / Gap Competency

    Kompentensi Mahasiswa    :    Mahasiswa mampu menerapkan metode Profile Matching / Gap Competency dalam Sistem Pendukung Keputusan

    Metode Pembelajaran :

    • Kuliah, melalui pendekatan hybrid sinkronous (pembelajaran daring dan tatap muka secara sinkron)
    • Partisipasi, berupa absensi kehadiran dan keaktifan dalam pembelajaran
    • Presentasi, berupa penjelasan materi melalui video pembelajaran SPK Topik 9
    • Diskusi / tanya jawab, terkait materi yang belum dipahami
    • Pratik, melakukan praktik simulasi studi kasus penerapan metode Profile Matching menggunakan Tools tertentu dengan tahapan yang dijelaskan melalui modul pembelajaran.

  • This week

    Pertemuan 11



    Topik Perkuliahan    :   

    Metode Analytical Hierarchy Process (AHP)

    Kompentensi Mahasiswa    :    Mahasiswa mampu menerapkan metode Analytical Hierarchy Process (AHP) dalam Sistem Pendukung Keputusan

    Metode Pembelajaran :

    • Kuliah, melalui pendekatan hybrid sinkronous (pembelajaran daring dan tatap muka secara sinkron)
    • Partisipasi, berupa absensi kehadiran dan keaktifan dalam pembelajaran
    • Presentasi, berupa penjelasan materi melalui video pembelajaran SPK Topik 10
    • Diskusi / tanya jawab, terkait materi yang belum dipahami
    • Pratik, melakukan praktik simulasi studi kasus penerapan metode AHP menggunakan Tools tertentu dengan tahapan yang dijelaskan melalui modul pembelajaran.

  • Pertemuan 12



    Topik Perkuliahan    :   

    AHP dengan Aplikasi Superdecisions

    Kompentensi Mahasiswa    :    Mahasiswa mampu mengimplementasikan metode AHP dengan Aplikasi Superdecisions

    Metode Pembelajaran :

    • Kuliah, melalui pendekatan hybrid sinkronous (pembelajaran daring dan tatap muka secara sinkron)
    • Partisipasi, berupa absensi kehadiran dan keaktifan dalam pembelajaran
    • Presentasi, berupa penjelasan materi melalui video tutorial penerapan AHP dengan Aplikasi Superdecisions
    • Diskusi / tanya jawab, terkait materi yang belum dipahami
    • Pratik, melakukan praktik penyelesaian studi kasus penerapan metode AHP menggunakan Tools / Aplikasi Superdecisions dengan tahapan yang dijelaskan melalui modul pembelajaran.

    • Pertemuan 13



      Topik Perkuliahan    :   

      Implementasi Metode SPK melalui Project Besed Learning

      Kompentensi Mahasiswa    :    Mahasiswa mampu mengimplementasikan dan menyelesaikan kasus pengambilan keputusan pada real world problem



    • Pertemuan 14


      Project Based Learning (Tahap 2)

      Sesuai dengan Tahapan yang dituliskan pada Infografis Final Projek, pada pertemuan ini mahasiswa diharapkan dapat mempersentasekan perkembangan project terkait:

      • Metode penyelesaian masalah yang digunakan dan tahapan-tahapan penentuan keputusan berdasarkan metode tersebut
      • Responsi tugas disampaikan mahasiswa dalam kelas atau melalui kelas virtual pada jadwal yang disepakati dengan dosen.
      • Pertemuan 15


        Presentase Project (Tahap 3)

        Melanjutkan Tahapan yang dituliskan pada Infografis Final Projek, pada pertemuan ini mahasiswa diharapkan dapat mempersentasekan perkembangan project terkait:

        • Hasil Analisis data menggunakan tools tertentu, dokumentasikan dalam bentuk laporan projek dan tujukkan hasilnya melalui slide presentasi
        • Responsi tugas disampaikan mahasiswa dalam kelas atau melalui kelas virtual pada jadwal yang disepakati dengan dosen.
        • Pertemuan 16


          Ujian Akhir Semester (UAS)

          Ujian Akhir Semester akan dilaksanakan oleh mahasiswa masing-masing di Perguruan Tinggi Asal dan dijadwalkan pada Minggu ke-16. Informasi selanjutnya akan diperbaharui melalui halaman LMS berikut.