Forum Diskusi

Studi kasus analisis jabatan

Studi kasus analisis jabatan

by MELANI SALSABILA -
Number of replies: 0

Nama : MELLANI SALSABILA

Nim : 22.92.0469

 Tanggapan saya yang sudah saya pahami

Analisis jabatan merupakan salah satu solusi untuk meningkatkan kompetensi suatu organisasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa pentingnya analisis jabatan dalam meningkatkan kompetensi organisasi.
Analisis jabatan memberikan informasi mengenai kebutuhan pekerjaan dan karakteristik manusia yang dibutuhkan untuk melakukan aktivitas ini. Informasi ini dalam bentuk deskripsi dan spesifikasi pekerjaan, yang digunakan untuk membantu manajemen menentukan jenis orang yang akan direkrut dan dipekerjakan.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi kepustakaan (Library Research) dengan cara mengumpulkan informasi dan data-data yang berkaitan dengan penelitian yang bersumber dari jurnal-jurnal ilmiah, buku, literatur-literatur, dan penulis. Hasil dari yang saya teliti, menyimpulkan bahwa analisis jabatan berperan penting dalam mengidentifikasi dan menentukan kompetensi dalam suatu pekerjaan yang berhubungan dengan keterampilan-keterampilan yang dibutuhkan untuk menduduki posisi kerja dengan jabatan yang sesuai dengan keterampilan yang dimiliki, sehingga dengan dilakukannya analisis jabatan akan dapat meningkatkan kompetensi organisasi.