Forum Diskusi

Studi kasus analisis jabatan

Studi kasus analisis jabatan

by YUSUF AMRI AMRULLAH -
Number of replies: 6

Berikan tanggapan anda pada studi kasus tersebut, setiap mahasiswa wajib memberikan tanggapan sebagai bagian dari presensi

In reply to YUSUF AMRI AMRULLAH

Re: Studi kasus analisis jabatan

by ELSA VIYANA SARI -
NAMA : ELSA VIYANA SARI
NIM : 22.92.0477

TANGGAPAN :
Hasil dari penelitian ini adalah ditemukannya dokumen deskripsi jabatan dan persyaratan jabatan untuk posisi pengawas umum yang lebih rinci dan detail. Dokumen ini dapat menjadi pedoman bagi perusahaan dalam melaksanakan pekerjaan dan untuk menyusun standar operasional prosedur di bagian yang terkait. Dengan adanya dokumen tersebut, perusahaan dapat lebih efektif dan efisien dalam mengelola tugas dan fungsi pengawas umum serta memenuhi ketentuan hukum yang berlaku sesuai dengan Peraturan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia nomor 35 Tahun 2012.
In reply to YUSUF AMRI AMRULLAH

Re: Studi kasus analisis jabatan

by NANDA AMELIA RAHAYU -
"Berdasarkan hasil pengambilan data yang telah dilakukan pada penelitian ini, ditemukan bahwa beberapa tugas yang dilakukan oleh pemangku jabatan tumpang tindih dengan jabatan lain. Sehingga tujuan jabatan tidak dapat dicapai dengan maksimal."

Saya akan memberikan tanggapan berupa dampak yang terjadi apabila tugas yang dilakukan oleh pemangku jabatan tumpang tindih dengan jabatan lain. Yang pertama ialah terciptanya beberapa gangguan produktivitas dalam perusahaan karena jobdesk karyawan yang menjadi rancu dan hal tersebut dapat menjadi konflik antar karyawan yang satu dengan yang lain. Kedua ialah situasi tersebut dapat menyebabkan pemborosan baik dalam bentuk waktu, tenaga, maupun sumber daya perusahaan. Sehingga akan menghambat timeline yang sudah direncanakan oleh perusahaan dalam usahanya mencapai tujuan/target.
In reply to YUSUF AMRI AMRULLAH

Re: Studi kasus analisis jabatan

by ADITYA PRAKOSO -
Nama: ADITYA PRAKOSO
NIM: 22.92.0458

Tanggapan:
Analisis jabatan memiliki banyak manfaat, pertama yaitu sebagai dasar bagi human resource untuk mengetahui spesifikasi yang disyaratkan pada suatu jabatan dalam proses rekrutmen dan seleksi, manfaat kedua yaitu sebagai dasar penilaian kinerja yang mencakup standard prestasi yang harus dicapai oleh pemangku jabatan sesuai dengan setiap tugas dan tanggung jawabnya, ketiga yaitu untuk penentuan kompensasi seperti gaji dan bonus pada tahap job evaluation sehingga bobot dan nilai suatu pekerjaan bisa dibandingkan dengan pekerjaan lain di perusahaan tersebut, yang keempat yaitu untuk menetapkan pelatihan yang dibutuhkan karyawan sesuai dengan setiap tugas pada masing-masing jabatan
In reply to YUSUF AMRI AMRULLAH

Re: Studi kasus analisis jabatan

by MUHAMMAD DAFFA WIDYATMAKA -
NAMA : MUHAMMAD DAFFA WIDYATMAKA
NIM : 22.92.0472

Analisis jabatan adalah proses yang penting dalam manajemen sumber daya manusia (SDM) yang membantu organisasi untuk memahami peran, tanggung jawab, dan persyaratan yang terkait dengan setiap posisi dalam perusahaan.
Contoh
Peningkatan Efisiensi:
Analisis jabatan akan membantu Perusahaan XYZ memahami secara lebih baik apa yang diharapkan dari setiap karyawan di setiap posisi. Ini akan membantu meningkatkan efisiensi operasional karena karyawan akan memiliki panduan yang lebih jelas tentang tugas dan tanggung jawab mereka.
In reply to YUSUF AMRI AMRULLAH

Re: Studi kasus analisis jabatan

by MUHAMMAD MUTTAQIN ILHAM -
Analisis jabatan merupakan suatu proses penting dalam manajemen sumber daya manusia yang bertujuan untuk memahami dan mendokumentasikan berbagai aspek dari suatu pekerjaan di dalam suatu organisasi. Analisis jabatan melibatkan identifikasi tugas-tugas, tanggung jawab, kualifikasi yang diperlukan, serta karakteristik pekerjaan lainnya. Dengan melakukan analisis jabatan yang baik, organisasi dapat mencapai beberapa manfaat penting.

Berikut adalah fungsi dari analisis jabatan
1. Mengidentifikasi Tugas dan Tanggung Jawab: Analisis jabatan membantu dalam mengidentifikasi tugas dan tanggung jawab yang diperlukan untuk setiap posisi dalam organisasi. Ini memastikan setiap pekerjaan memiliki deskripsi yang jelas.

2. Pengukuran Kinerja: Dengan memiliki pemahaman yang baik tentang tugas-tugas dalam suatu pekerjaan, organisasi dapat mengukur kinerja karyawan dengan lebih akurat dan adil.
In reply to YUSUF AMRI AMRULLAH

Re: Studi kasus analisis jabatan

by RICKY SOON -
Nama: Ricky Soon
NIM: 22.92.0457

Dalam studi kasus analisis jabatan di perusahaan daerah di Kota Surabaya, terlihat bahwa analisis jabatan sangat penting untuk meningkatkan efektivitas sumber daya manusia. Penelitian ini mengidentifikasi beberapa masalah seperti tumpang tindih tugas antar-jabatan dan deskripsi jabatan yang kurang jelas. Hasil penelitian membantu membuat deskripsi jabatan yang lebih rinci dan persyaratan jabatan yang diperlukan, yang digunakan sebagai dasar untuk rekrutmen, penilaian kinerja, dan pengembangan prosedur operasional perusahaan. Selain itu, penelitian ini juga menunjukkan bahwa analisis jabatan memiliki manfaat besar terhadap kinerja pegawai, bukan hanya sebagai prosedur administratif, tetapi juga alat penting dalam meningkatkan efisiensi dan efektivitas organisasi. Oleh karena itu, perusahaan, baik swasta maupun daerah, harus mengutamakan pelaksanaan analisis jabatan yang berkualitas untuk memastikan keteraturan, kejelasan, dan optimalisasi pekerjaan sesuai dengan tugas dan tanggung jawab masing-masing jabatan.